Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Business Women Sukses Ala Siti Khadijah

Foto Ilustrasi

Oleh : Dewi Lailatul Jannah

Jambipos-Siapa yang tidak mengenal dengan Siti Khadijah? Siti Khadijah adalah istri pertama dari Rasulullah SAW. Walaupun siti Khadijah seseorang Wanita, tetapi ia sukses dalam melakukan bisnis yang ia jalani sedari ia sebelum menikah dengan Rasulullah SAW.

Dalam menjalankan bisnis tersebut, Khadijah tentu tak ,menjalankannya sendiri. Ia hanyalah pemilik modal, sekaligus penyedia dagangan. Sementara, untuk menjual barang-barang tersebut ke luar Makkah, terutama ke negara dagang syam, Khadijah merekrut warga sekitar yang ia percaya. 

Perolehan laba penjualan tersebut akan dibagi hasilnya atau Khadijah memberi upah pada pegawainya. Khadijah menjlankan usahanya dengan baik. Ia mengepakkan sayap usahanya sendiri dan ia memperluas pasar usahanya. Tak heran kalau Khadijah menjadi Wanita yang kaya raya saat itu.

Walaupun tidak ikut terjun langsung untuk berdagang, tetapi Khadijah tetap mendapatkan income yang banyak dari system perdagangan ini. 

Dalam hal pemilihan mitra bisnis dan perekrutan karyawan pun Khadijah tidak merekrut secara asal-asalan dalam kualifikasi Khadijah tentang mitra bisnis saat itu sangat sederhana yaitu kejujuran, tanggung jawab dan sikap dapat dipercaya (Amanah).  

Kareana itu,mencari mitra dan karyawan menjadi hal yang sangat penting, mengingat tugas, wewenag, dan tanggung jawabnyan pun besar.  

Contohnya, Khadijah mempercayain nabi Muhammad SAW untuk menjadi kafilah dagang lintas daerah meski belum pernah kenal sebelumnya. Keberanian Khadijah dalam mengambil keputusan perlu diancungi jempol.

Khadijah sebagai pengusaha yang sukses memiliki sikap yang dermawan yang terlihat dari kehidupan yang ia jalankan. Setelah ia menikah dengan Nabi Saw, Khadijah menyerahkan hartanya untuk perjuangan dakwah yang lakukan Nabi SAW. 

Potert kedermawaannya semakin terlihat Ketika mengasuh putra-putri dirumahnya  dan ia juga mengasuh Ali bin Abu Thalib, keponaan Nabi Saw yang sengaja beliau ambil dari pammanya. Selain sikap kedermawanan nya kahdijah tidak penah lupa untuk bersedekah., Khadijah meyakinkan bahwa kekayaan yang ia miliki bukanlah segala-galanya. 

Dengan bersedekah tidak akan mengurangin harta yang kita miliki, tetapi allah SWT akan melipatkan gandakannya. Hal ini terbukti dari Khadijah yang selalu bersedekah dan tidak membuatnya jatuh miskin bahkan bisnis yang ia jalankan terus berkembang. (JP-Penulis Adalah (Mahasiswi Magister Ilmu Ekonomi Univeritas Jambi)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar