Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


5 Manfaat Rempah Jamu Tradisional Indonesia Menurut Ahli Gizi Dunia


Jambipos-
Jamu sudah ada sejak zaman nenek moyang. Beragam rimpang rempah diracik dan diolah menjadi minuman yang menyehatkan. Ini manfaat jamu menurut ahli gizi dunia.

Racikan berbagai bahan herbal dan rimpang menjadi satu gelas minuman yang berkhasiat di Indonesia dikenal dengan sebutan jamu. Ternyata jamu ini tidak hanya dikenal oleh orang Indonesia saja. Jamu mendapat banyak perhatian dari ahli gizi dunia.

Bagi beberapa ahli gizi dunia, jamu dikenal sebagai 'jus sehat' ala Indonesia yang mempunyai segudang manfaat. Bahkan akhir-akhir ini banyak hotel dan restoran yang mulai memasukkan jamu ke dalam daftar menu minuman mereka untuk turis yang datang ke Indonesia.

Trisha Best selaku Profesor dan Konsultan ahli gizi, menyebutkan ada beberapa manfaat yang bisa didapat melalui konsumsi jamu. Mulai dari manfaat antiinflamasinya, antivirus pada jahe hingga elektrolit untuk mencegah dehidrasi. Simak selengkapnya.

Berikut ini 5 khasiat sehat minum jamu dirangkum dari Byrdie:

1. Kunyit asam untuk antiinflmasi

Trista menyebutkan bahwa jamu memiliki banyak jenis antiinflamasi yang bermanfaat untuk tubuh. Khasiat ini berasal dari kandungan herbal yang beragam salah satunya adalah kunyit.

Kunyit memiliki komponen aktif bernama kurkumin yang membuatnya berwarna kuning cerah. Konsumsi kunyit dapat membantu mengurangi inflamasi pada tubuh misalnya seperti radang sendi atau iritasi pada perut. Kunyit tua dipakai sebagai bahan utama jamu kunyit asam.

"Dengan meredakan inflamasi pada tubuh, (tubuh) akan lebih baik untuk memproduksi imunitas guna melawan serangan virus dan penyakit serta menjaga fungsi organ tubuh bekerja secara efisien," kata Trisha.

2. Kaya antioksidan

Selain memiliki kandungan antiinflamasi, kunyit pada jamu juga memiliki manfaat antioksidan yang dapat mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh. "Jika aku boleh menyampaikan, kerusakan seperti ini akan mengganggu sel tubuh yang sehat dan dapat menghasilkan kondisi yang kronis," kata Trisha.

Trisha terkagum-kagum pada racikan kunyit dan bahan lainnya pada jamu karena dinilai dapat menangkal banyak penyakit serius. Radikal bebas disebabkan oleh Trisha menjadi awal bagi gangguan kardiovaskuler, kanker dan banyak penyakit lainnya.

Tetapi komponen antioksidan yang ditemukan pada racikan jamu dapat berperan untuk menjaga sel-sel tubuh tersebut. Sehingga efek kerusakan akibat radikal bebas akan lebih mudah diminimalisir. (JP-Detik.com)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar