Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Jumlah Pengguna Aktif Medsos Meningkat, Didominasi Generasi Z

Ahmed Kurnia Pengurus PWI Pusat sedang memberi  materi Whokshop Literasi Digital Media Sosial, diikuti para Mahasiswa USU, Senin (7/2/2023)

Medan, JambiPos-Jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 191 juta orang data Januari 2022. Meningkat 12,35 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 170 juta orang. Demikian hal itu diungkapkan, Ahmed Kurnia, Instruktur Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) PWI Pusat, sebagai pemateri Workshop Literasi Digital Media Sosial dan Entreprieurship Milineal, Senin (7/2/2023) di Aula Fisip Universitas Sumatera Utara (USU). 

Menurut Ahmed Kurnia,  pengguna Medsos bukan lagi didominasi kalangan Milineal hingga kini mencapai 88,4 persen, namun angka pengguna Medsos saat ini lebih banyak generasi z sebesar 93,9 persen. Generasi ini merupakan generasi peralihan dari generasi milineal yang usianya kelahirannya antara tahun1996 sampai tahun 2029. Sedangkan generasi X yang usianya diatas generasi Milineal 63,1 persen. 

"Konten pengguna Medsos yang banyak dicari adalah hiburan 22 persen,  musik 19 persen, film 12 persen dan kuliner 10 persen," ujar Kurnia yang juga menjabat Hubungan Luar Negeri pengurus PWI Pusat. Workshop ini dibuka oleh Dirjen Informasi Komunikasi dan Publikasi (IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kasong. 

Usman mengingatkan para pengguna Medsos harus berhati hati dalam menggunakan Medsos, karena terkait dengan undang-undang ITE, dan peraturan perundang-undang  lainnya, yang bisa menjerat pengguna bila terjadi pelanggaran seperti konten bersifat negatif. Ia berharap generasi generasi Milineal dan zilenial memanfaatkan Medsos sebagai entrepreneurship. 

Acara workshop dipandu oleh Maulana sebagai moderator, juga meenampilkan Nara sumber, Musdalifah Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Fisip USU, (Jp01/wan)

Dirjen Informasi, Komunikasi dan Publikasi, buka Workshop  Literasi Media Sosial, Senin (7/2/2023) di Grand Hotel Mercury, Kota Medan.




Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar