Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


HPN 2023, SMSI Lakukan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba Mulai dari Geosite Hutan Ginjang

KMP Ihan Batak akan membawa delagasi SMSI melakukan ekspedisi Geopark Kaldera Toba dalam kaitan perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, yang berlangsung Sabtu (4/2/2023).(Foto: Istimewa)

Jambipos, Samosir-
 Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) melakukan ekspedisi Geopark Kaldera Toba dalam kaitan perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, yang berlangsung Sabtu (4/2/2023). Sementara puncak HPN 2023 akan dilaksanakan di GOR Gedung Serba Guna Pemprov Sumatera Utara di Jalan Pancing Medan, Kamis 9 Februari 2023 yang akan dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Pada puncak HPN 2023 ini juga akan dilaksanakan Tour ke Danau Toba bagi Peserta HPN di Hotel Khas Parapat, Kabupaten Simalungun mulai Kamis 9-10 Februari 2023. 

Ketua SMSI Sumatera Utara, Erris Julietta Napitupulu kepada wartawan mengatakan, kegiatan SMSI ekspedisi Geopark Kaldera Toba mendapat dukungan dari semua pihak. SMSI ekspedisi Geopark Kaldera Toba diikuti oleh anggota SMSI dari 33 provinsi.


“Kolaborasi mensukseskan ekspedisi Toba dalam rangka HPN 2023 sedang berjalan sampai ekspedisi berakhir 7 Februari 2023,” kata Erris Julietta Napitupulu yang tinggal di Jalan Tempuling, Kota Medan ini.

Erris Julietta Napitupulu memaparkan rute perjalanan ekspedisi Toba dan rangkaian acaranya dengan detil. Para tokoh, sesepuh, ahli bumi dan wisata sudah dipersiapkan di lokasi. “Mereka adalah narasumber yang baik,” kata Erris Julietta Napitupulu.

Kata Erris Julietta Napitupulu, dalam rapat dengan Ketua Umum SMSI Firdaus dan Sekretaris Jenderal SMSI Mohammad Nasir, ekspedisi Toba yang diselenggarakan SMSI ini diapresiasi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Zumri Sulthony, General Manager Badan Pelaksana Geopark Kaldera Toba (BP-GKT). 

“Ini memang yang menjadi tujuan kita yang utama, mendukung keberadaan Geopark Kaldera Toba, sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG), atau penghargaan dan predikat sebagai taman warisan bumi yang diberikan UNESCO-PBB ke Sumut," ujar Zumri. 

Menurut Zumri, fokusnya adalah melaksanakan 6 rekomendasi UNESCO untuk pengembangan GKT. Keenam rekomendasi tersebut, juga untuk kesiapan kita mengikuti revalidasi GKT. Sebab setiap 4 tahun sekali, predikat kita sebagai UGG dievaluasi UNESCO. 
Tuan Rumah Samosir menyambut peserta ekspedisi Geopark Kaldera Toba dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2023, berlangsung Sabtu (4/2/2023). (Istimewa)

“Tentu dengan dukungan sahabat-sahabat SMSI, pengerjaan enam rekomendasi ini semakin mudah. Kami melihat GKT ini sangat potensial dikembangkan untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat Sumut, khususnya di daerah-daerah yang berada di kawasan Danau Toba," kata Zumri Sulthony.

Sementara tiga delegasi SMSI Provinsin Jambi ikut bergabung dalam rombongan ekspedisi Geopark Kaldera Toba tersebut. Ketiga delegasi dari Jambi yakni Ketua SMSI Provinsi Jambi Muhtadi Putranusa, Edison Marpaung (dewan pembina) dan Arief Budiman Sudrajat (anggota SMSI Bungo). Ketiganya sudah bergabung dengan rombongan delegasi dari 33 provinsi lainnya.

Dalam Kegiatan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba ini, akan mengunjungi sejumlah tempat, seperti Geosite Hutan Ginjang, meninjau rumah kuno dan kearifan lokal di Pulau Sibandang, ekspose pembangunan Tapanuli Utara oleh Bupati Tapanuli Utara. 

Kemudian ke Geosite Sipinsur Humbang Hasundutan dan ekspose Geosite Kaldera Toba di Geosite Pusuk Buhit Samosir. Ekspose pembangunan Samosir dan Serdang Bedagai juga tak ketinggalan dalam ekspedisi ini, serta berbagai kegiatan lainnya yang dilaksanakan selama 3 hari. (JP-AsenkLeeSaragih)




Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar