Home » » #Cari Aman Saat Naik Motor, Ini Tips Menikung yang Tepat Saat Berkendara

#Cari Aman Saat Naik Motor, Ini Tips Menikung yang Tepat Saat Berkendara

Written By jambipos-online on Selasa, 10 Januari 2023 | 12:58


Jambipos, Jambi
- Tingginya angka kecelakaan sepeda motor dijalan diakibatkan karena kurangnya kesadaran pengendara akan pentingnya keselamatan saat berkendara terutama ketika naik motor, kurangnya pemahaman pada saat menikung atau berbelok menjadi salah satu faktornya.

Instruktur Safety Riding Honda PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Agung Sanjaya mengatakan karena hal tersebut, kali ini kami akan berikan Tips dan Teknik menikung di jalan raya secara benar dan tepat untuk pengendara sepeda motor.

Ada 3 jenis Teknik menikung yaitu Lean In, Lean Out, dan Lean with the Bike. Teknik menikung yang bisa digunakan saat berkendara di jalan raya adalah teknik Lean with the Bike, teknik ini dilakukan dengan posisi pengendara dan kendaraan berada pada posisi yang sejajar sehingga lebih aman dan stabil apabila digunakan di jalan raya.

“Selain memahami teknik menikung, ada juga beberapa hal penting yang harus kita perhatikan pada saat kita akan menikung“ ujar Agung.
Berikut tips yang harus diperhatikan pengendara motor pada saat menikung :

1.    Turunkan kecepatan

Sebelum memasuki tikungan, turunkan kecepatan dengan cara mengendurkan tuas gas dan lakukan pengereman menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan saat akan memasuki tikungan.

2.    Melihat arah yang dituju

Salah satu kunci penting saat menikung adalah menjaga arah pandangan mata, karena pandangan adalah pusat keseimbangan. Secara otomatis akan mempengaruhi arah laju sepeda motor dan pengendara juga bisa melihat serta memprediksi potensi bahaya yang ada didepan.

3.    Kontrol Kecepatan

Saat motor pada posisi miring tidak disarankan menambah atau mengurangi kecepatan secara mendadak karena berpotensi mengganggu keseimbangan motor. Apabila kita harus melakukan pengereman pada saat menikung, usahakan untuk menggunakan rem bagian belakang, karena jika menggunakan rem depan akan sangat berpotensi besar menyebabkan kita terjatuh.

4.    Tambah Kecepatan

Saat sudah akan keluar dari tikungan, tingkatkan kecepatan dengan menarik tuas gas secara perlahan untuk membuat posisi motor kembali tegak.

“Nah itu dia beberapa tips yang tepat saat kita akan menikung atau berbelok di jalan raya agar tetap aman pada saat berkendara. Ingat kemanapun tujuanmu berkendara, selalu #Cari_aman saat naik motor ya!“ tutup Agung. (JP-Rel)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA