Home » , » Perayaan Malam Natal dan Ibadah Natal 24-25 Desember 2022 di Jambi Berlangsung Aman dan Kondusif

Perayaan Malam Natal dan Ibadah Natal 24-25 Desember 2022 di Jambi Berlangsung Aman dan Kondusif

Written By jambipos-online on Minggu, 25 Desember 2022 | 14:45

Foto By: Asenk Lee Saragih

Jambipos, Jambi-
Ibadah perayaan malam Natal dan Ibadah Natal di 60 gereja di Kota Jambi, Sabtu-Minggu (24-25/12/2022), berlangsung aman dan kondusif. Umat Kristen yang memadati setiap gereja di kota mengikuti ibadah perayaan Natal dengan tertib tanpa ada gangguan. Pihak kepolisian juga disiagakan disetiap gereja dalam pengamanan ibadah Natal.

Seluruh rangkaian ibadah perayaan malam Natal dan Ibadah Natal di setiap gereja juga berjalan lancar. Umat Kristen yang memadati setiap gereja di Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi seperti Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS), Gereja Batak Karo Protestan (GBKP), Huria Kristen Indonesia (HKI), GKPI, GKII, Methodis, GpdI, GBI, mengikuti ibadah perayaan Natal dengan antusias.

Anggota Majelis Jemaat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi, Sy Rosenman Manihuruk (48) mengatakan, ibadah perayaan malam Natal dan Natal di gereja mereka masing-masing berlangsung aman dan tertib. Seluruh rangkaian ibadah perayaan Natal di GKPS Jambi juga berjalan lancar.

"Ibadah perayaan malam Natal dan Natal di GKPS Jambi cukup aman dan tertib. Sekitar 350 orang warga Jemaat GKPS Jambi yang mengikuti perayaan malam Natal dan Natal, tidak terlalu waswas adanya gangguan keamanan seperti tahun-tahun sebelumnya. Pengamanan ibadah perayaan Natal yang dilakukan di GKPS Jambi juga tidak terlalu ketat seperti tahun-tahun sebelumnya," ujar Sy Rosenman Manihuruk.

Pendeta GKPS Jambi, Pdt Franky Doris Morinata Maualu STh pada perayaan malam Natal di GKPS Jambi, Sabtu (24/12/2022) mengatakan, kelahiran Yesus atau Natal menjadi momentum bagi umat Kristen untuk semakin perduli terhadap kaum lemah atau miskin. Natal juga menjadi momentum refleksi bagi umat Kristen agar terus melakukan kebaikan-kebaikan terhadap kelompok masyarakat yang terpinggirkan.
Pdt Franky Doris M Malau STh saat kotbah Malam Natal di GKPS Jambi, Sabtu (24/12/2022). (Foto FB Desprianto Purba Tambak)

"Sesuai dengan kisah kelahiran Tuhan Yesus, orang-orang kecil seperti gembala yang turut percaya dan melihat bayi Yesus di kandang domba mendapat kepedulian Tuhan Allah. Kendati gembala yang kerap dianggap orang kecil saat itu, tetapi berkat kemuliaan hati yang mereka turut menyambut kelahiran Yesus, mereka menjadi saksi Kristus hingga saat ini,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, melalui perayaan malam Natal, umat Kristen di Indonesia ini hendaknya tetap menjadi terang, pemberi berkat bagi semua orang. Hal itu bisa dilakukan melalui perbuatan-perbuatan baik untuk menolong orang-orang lemah, berkekurangan dan menjadi perekat bagi kehidupan masyarakat.

Sementara itu Pendeta GKPS Resort Jambi Pdt Rudyard Saragih Ssi Teol pada kotbah ibadah Natal di GKPS Jambi, Minggu (25/12/2022) (Nats Yohannes I: 1-14) mengatakan, kelahiran Yesus Kristus ke dunia bertujuan mengubah kehidupan manusia yang penuh dosa menjadi baik dan kudus. Kristus membawa perubahan kehidupan manusia dari kegelapan menjadi penuh kebakikan melalui terang Roh Kudus.

Dikatakan, salah satu wujud makna kelahiran Yesus yang bisa diteladani umat Kristen saat ini, yakni menjadi sahabat bagi semua orang seperti Yesus menjadi sahabat bagi semua umat manusia. Semua umat manusia dapat menjalin persahabatan dengan sesama jika manusia memiliki rasa suka cita, kerja sama, wujud syukur, semangat dan kebersamaan.
Liturgi Natal saat Malam Natal di GKPS Jambi, Sabtu (24/12/2022). (Foto FB Desprianto Purba Tambak)

"Kelahiran Tuhan Kristus telah mengubah pandangan hidup manusia untuk terus membangun persahabatan dengan sesama. Kelahiran Yesus Kristus mengubah paradigm hidup yang mementingkan sendiri menjadi peduli, mengubah alam semesta menjadi tempat yang damai dan mengubah yang gelap menjadi terang,” ujaranya. 

“Natal adalah Allah yang mau sama dengan kita, Natal adalah Allah yang mau menyatu, yang mau merasakan apa yang kita rasakan. Allah itu adalah Allah yang peduli dan mau berjalan bersama-sama dengan kita ketika kita dalam sukacita, Dia berjalan dengan kita. Ketika kita mengalami pergumulan, Dia pun berjalan dengan kita. Itulah Firman yang telah menjadi daging. Itulah makna Natal kali ini,” kata Pdt Rudyard Saragih.

Usai ibadah Natal di GKPS Jambi, dilanjutkan dengan Sakramen Perjamuan Kudus yang dipimpin Oleh Pdt Rudyard Saragih. Sekitar 350 Jemaat hadir dalamperjamuan kudus tersebut. Ibadah Natal dan Perjamuan Kudus di GKPS Jambi, Minggu (25/12/2022) juga diliput Jurnalis Jek TV Jambi. 

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono didampingi Wagub jambi H Abdullah Sani saat meninjau Pos pengamanan Natal dan tahun Baru di wilayah Kotabaru Jambi, Sabtu malam (24/12/2022). (IST)


Kapolda Kunjungi Gereja

Sementara guna menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, saat malam perayaan Natal, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono bersama Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, dan unsur Forkompimda menyambangi beberapa Gereja pada perayaan malam Misa Natal, Sabtu malam 24 Desember 2022.

Kunjungan Kapolda Jambi dan rombongan ke beberapa gereja yang ada di Kota Jambi bersama Forkopimda Jambi, adalah untuk memastikan bahwa perayaan Natal berjalan lancar, aman, damai serta kondusif.

Tampak juga personel Polda Jambi disiagakan di gereja dan titik lainnya. Hal ini dilakukan, agar umat Kristiani dapat merayakan Natal dengan penuh suka cita dan rasa aman.

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono mengatakan, bahwa sejauh ini baik di Kota Jambi dan di 10 Polres jajaran Polda Jambi terpantau perayaan Natal lancar dan damai serta tidak ada kendala serta gangguan apapun.

Disebutkan, perayaan Natal di Jambi masih terkendali. "Kita berharap hingga selesai Natal dan Tahun Baru Provinsi Jambi tetap bisa kondusif. Kondisi malam itu memang ramai. Namun warga tetap bisa bersuka ria bagi yang merayakan Natal. Ini juga merupakan komitmen dari Pemerintah dan kami Polri untuk menciptakan situasi kamtibmas di Provinsi Jambi yang kondusif,” katanya.

Pada malam Natal, Kapolda Jambi juga mengecek beberapa pos pelayanan di Kota Jambi. Juga berdialog dengan personel jajaran Polda Jambi.

Sementara Wakil Gubernur Jambi H Abbdullah Sani mengatakan, perayaan Natal di berbagai gereja di Provinsi Jambi, mulai Sabtu (24/12/2022) malam hingga perayaan Natal, Minggu (25/12/2022) pagi berlangsung aman, tertib dan lancar. Umat Kristen di daerah itu mengikuti seluruh rangkaian perayaan Natal di gereja masing-masing tanpa ada gangguan.

“Saya mengapresiasi semangat kerukunan dan toleransi seluruh elemen masyarakat dan umat beragama di Kota Jambi dan Provinsi Jambi, sehingga perayaan Natal di daerah ini berjalan aman. Situasi aman ini juga saya harpkan tetap tercipta hingga perayaan malam Tahun Baru, Sabtu (31/12) dan Tahun Baru, Minggu (1/1/2023),” kata Sani.

Sebelumnya Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono juga mendatangi tokoh agama jelang perayaan Natal dan Tahun Baru di Gereja HKBP Kota Baru, Jumat, (23/12/2022).

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono juga mendatangi tokoh agama jelang perayaan Natal dan Tahun Baru di Gereja HKBP Kota Baru, Jumat, (23/12/2022). (IST)


Dalam kesempatan silaturahmi tersebut Irjen Pol Rusdi Hartono disambut para tokoh Agama Kristen Protestan dan para Pendeta yang turut dihadiri Karo Ops Kombes Pol Feri Handoko, Dir Intelkam Kombes Pol Bondan Witjaksono, Kapolresta Jambi Kombes Pol Eko Wahyudi.

Disampaikan, dari Kepolisian Republik Indonesia khususnya Polda Jambi sudah berkomitmen dan sepakat dalam perayaan Natal dan Tahun Baru tidak ada gangguan sekecil apapun.

“Dalam kegiatan keagamaan, apapun agama nya kita Polri yang merupakan alat negara sudah menjadi kewajiban untuk menjaga ketertiban di tengah masyarakat,” ujarnya.

Kapolda Jambi mengatakan Polri sudah sepakat tidak ada gangguan sekecil apapun dalam kegiatan-kegiatan peribadatan umat beragama, selain itu Polri, TNI, Pemda juga masyarakat lainnya bahu membahu bagaimana aktivitas khususnya pada Natal ini di Provinsi Jambi bisa berjalan dengan baik. (JP-Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA