Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Uang Ganti Untung Lahan Jalan Tol Jambi-Betung Diserahkan Kepada Warga Oleh Gubernur Jambi

Gubernur Jambi, H Al Haris (ketiga dari kanan) seusai penyerahan ganti rugi lahan proyek Jalan Tol Trans Sumatera di kantor Kepala Desa Sungai Landai, Muarojambi, Jambi, Senin (14/11/2022). (Foto: Diskominfo ProvJambi)

Jambipos, Jambi
-Uang ganti untung sebesar Rp 13,9 Miliar untuk pembebasan lahan warga dalam peruntukan lintasan jalan tol Betung, Sumatera Selatan hingga Tempino, Kabupaten Muarojambi diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Jambi Al Haris di kantor Kepala Desa Sungai Landai, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi, Selasa (15/11/2022).

Jumlah warga masyarakat sekitar yang mendapat ganti rugi lahan tersebut sebanyak 52 kepala keluarga (KK). Total ganti rugi yang diberikan kepada warga masyarakat mencapai Rp 13,96 miliar. Sedangkan luas lahan yang terkena proyek Jalan Tol Sumatera tahap pertama di Jambi tersebut mencapai 432,398 meter persegi atau 72 bidang tanah ditambah tiga fasilitas umum. 

Penyerahan ganti rugi lahan kepada warga Desa Sungai Landai tersebut dihadiri Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Budi Hermawan, Anggota DPR RI, HA Bakri dan Gubernur Jambi, H Al Haris.




Kemudian hadir juga Kepala Balai Jalan Nasional Jambi, Chris Lasmono, Ketua Pelaksana Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Jambi – Betung I, Ahmad Al Kausar, Kepala Bidang Pengadaan Tanah dan Pengembangan Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jambi, T Syah Alam, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muarojambi, Budhi Hartono, SSos, MT dan para pejabat Kementerian PUPR dan PT Hutama Karya (Persero).

Gubernur Jambi H Al Haris menyebutkan bahwa ada 52 warga yang mendapatkan ganti untung dengan 72 bidang tanah. Total dana yang dikeluarkan pemerintah adalah Rp 13,9 Miliar.

“Ini adalah kemajuan bagi kita Provinsi Jambi. Ini adalah tahapan awal dan kita berharap bahwa tahapan selanjutnya akan segera berlangsung. Penyerahan ganti untung ini adalah untuk jalan tol sepanjang 33 Kilometer dan tinggal 30 Kilometer lagi yang belum dilakukan ganti untung,” ujar Al Haris.

Pemerintah Provinsi Jambi juga akan mempercepat proses pencairan ganti untung bagi warga yangt belum mendapatkan. 

“Pastinya kita ucapkan terimakasih dan kita minta masyarakat yang tanahnya dapat ganti untung ini agar membantu pemerintah, mengawal agar tidak ada pihak lain yang berusaha menghambat proses ini," kata Al Haris.

Menurut Gubernur Jambi, pemerintah menargetkan bahwa pengerjaan jalan tol Jambi-Betung ini akan selesai pada akhir tahun 2024 mendatang.

“Ini adalah arahan langsung dari bapak Presiden Jokowi agar akhir tahun 2024 ini sudah bisa dinikmati masyarakat kita jalan Tol Betung-Jambi. Nantinya angkutan barang dan orang menjadi lancar sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat kita," katanya.

Gubernur Jambi, H Al Haris juga mengaapresiasi antusiasme warga masyarakat menyepakati dan menerima ganti rugi lahan mereka untuk proyek strategis nasional Jalan Tol Sumatera. Kesediaan warga masyarakat menerima ganti rugi lahan tersebut merupakan langkah awal pembangunan Jalan Tol Sumatera di Provinsi Jambi.

Al Haris menyampaikan terima kasih secara khusus kepada warga masyarakat Desa Sungai Landai dan desa-desa lainnya yang telah bersedia dan berlapang hati menerima dan rela lahan atau tanahnya diganti rugi untuk dimanfaatkan untuk pembangunan Jalan Tol Sumatera ruas Betung – Tempino.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada segenap Tim Pengadaan Tanah ruas JTTS Betung-Tempino-Jambi (Jambi-Betung I) yang terlibat. Saya memberi apresiasi yang tinggi atas upayanya selama ini dalam melaksanakan tahapan proses pengadaan tanah ini sampai pada tahap pembayaraan ganti kerugian yang saat ini secara seremonial kita laksanakan,”katanya.

Menurut Al Haris, ruas JTTS di Jambi merupakan backbone (tulang punggung) jaringan tol Sumatera yang pembangunannya sangat dinanti-nantikan. Saat ini hampir seluruh provinsi di Sumatera yang masuk dalam lintasan JTTS telah memiliki ruas jalan tol. Namun pembangunan JTTS di Provinsi Jambi belum dimulai hingga pertengahan November 2022 ini.

Karena itu, lanjutnya, melalui proses ganti rugi lahan yang sudah diberikan kepada warga masyarakat di Desa Sungai Landai, Muarojambi tersebut, pembangunan JTTS di Jambi sudah bisa masuk tahapan berikutnya, yaitu konstruksi. 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi berharap, Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR, pemerintah daerah, PT Hutama Karya, masyarakat serta stakeholder (pemangku kepentingan) lainnya tetap saling bersinergi dan mendukung setiap proses dan tahapan dalam pembangunan ruas JTTS di Jambi.

”Saya berharap para pemilik tanah ikut membantu para pekerja, kontraktor. Tolong awasi. Tugas kita Provinsi Jambi jangan sampai ada keluhan dari pekerja dan kontraktor. Tugas kita mendukung, mengawal dan mengawasi pembangunan jalan tol ini. Kita bergerak semua agar ruas JTTS Jambi – Palembang, Sumsel dan Jambi – Rengat, Riau bisa diselesaikan,”ujarnya.

Menurut Al Haris, pembangunan ruas JTTS Betung – Tempino, Jambi akan menjadi trigger (pemicu) dan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat, munculnya kawasan-kawasan ekonomi baru, memperlancar arus transportasi barang dan orang. Kemudian kehadiran JTTS di Jambi juga mempersingkat waktu tempuh antara Provinsi Jambi dengan provinsi atau kota-kota lain di Pulau Sumatera.

Disebutkan, pembangunan JTTS merupakan sejarah baru dalam pembangunan Sumatera. Karena begitu tol dibangun maka harga tanah akan naik. Begitu jalan tol dibuka, akses jalan semakin lancar, rest area (tempat istirahat) semakin dibutuhkan. Banyak keuntungan yangg kita dapatkan secara ekonomi jika jalan tol Jambi – Palembang dan Jambi – Riau sudah dibangun. (JP-Asenk Lee Saragih)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar