Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Tips Berkendara Aman Saat Hadapi Kemacetan dari Honda Sinsen


Jambipos, Jambi
– Sepeda motor menjadi alat trasportasi yang paling digemari masyarakat Jambi. Selain harganya lebih terjangkau dibanding mobil, penggunaan yang lebih mudah juga menjadi alasan roda dua tetap jadi pilihan utama.

Tetapi musuh terbesar pengguna kendaraan bermotor adalah kemacetan. Memang dengan menggunakan kendaraan bermotor, memiliki beberapa keuntungan disaat jalanan macet karena tetap bisa sampai tujuan dengan lebih cepat. Tapi tetap saja mendapatkan pengalaman macet disaat cuaca panas maupun hujan, akan membuat diri kita menjadi tidak nyaman, bahkan terkadang sering emosi.

Instruktur Safety Riding Honda PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Agung Sanjaya mengatakan dalam keadaan macet bercampur dengan panas ataupun hujan, kita terkadang lengah sampai – sampai lupa memperhatikan keselamatan diri kita dan pengguna jalan lainnya. Nah, kali ini kami akan memberikan tips aman berkendara motor saat jalanan macet. Diharapkan dengan menggunakan tips ini, kamu bisa tetap berkendara dengan segar, tenang, dan nyaman ya!

Tips Berkendara aman dan nyaman saat macet :

Pastikan Kondisi Tubuh dan Kendaraan dalam Kondisi Prima. 

Cek tekanan angin ban, kondisi perangkat pengereman dan mesin, juga pastikan motor di servis secara berkala.

Menggunakan Perlengkapan Berkendara (Safety Gear) yang Lengkap

Gunakan safety riding gear yang lengkap seperti helm, sarung tangan, sepatu, jaket dan celana panjang, lalu pastikan Anda membawa kelengkapan surat-surat berkendara.

Jangan Pernah Melanggar Peraturan

Yang sering terjadi, pengendara motor melanggar peraturan saat kemacetan terjadi seperti jalan melewati trotoar, atau jalan di jalur beda arus. Hal ini sangat tidak disarankan karena memiliki resiko yang besar dan berbahaya. Dengan melanggar peraturan ini, juga akan membahayakan pengguna jalan lain. Jadi yang paling aman jika terjadi kemacetan adalah dengan sabar menunggu antrian kendaraan.

Jangan Pernah Emosi dan Tetap Sabar

Bagi pengendara motor memang akan diuji kesabarannya saat melewati jalanan yang macet. Sebaiknya walaupun jalanan macet tetap harus menjaga emosi dengan tetap sabar. Karena dengan emosi, malah memperburuk situasi.

Berkendara dengan Jarak Aman dan Memperhatikan Sekitar

Pada kondisi jalan yang macet, jarak aman berkendara adalah minimal 5 meter dengan kecepatan maksimal di 20 KM/Jam. Pandangan pengendara harus fokus kedepan, tangkap semua informasi yang ada seperti, apakah kendaraan didepan kita menghidupkan lampu sein nya untuk berbelok, atau lampu rem yang menyala. Tidak lupa juga untuk sesekali melihat kaca spion, untuk mengetahui apakah ada kendaraan lain yang datang dari arah belakang.

“Ingat selalu untuk mengutamakan keselamatan diri kita pada saat berkendara. Pakai selalu helm dan jaket mu, jaga jarak aman saat berkendara, dan fokuskan pandangan pada saat berkendara. Karena keselamatan kita pada saat berkendara, ada di diri kita sendiri. Selalu #Cari_aman saat berkendara ya” tutup Agung. (JP-Salam Satu HATI, Thanks & Best Regards, Ajeng Tria Eka Putri| Public Relation)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar