Home » , , » Usai Dilantik Jadi Ketua PWI Provinsi Jambi, H Ridwan Agus DPT Kunjungan Ke Luar Negeri

Usai Dilantik Jadi Ketua PWI Provinsi Jambi, H Ridwan Agus DPT Kunjungan Ke Luar Negeri

Written By jambipos-online on Rabu, 14 September 2022 | 08:13

Usai Dilantik Jadi Ketua PWI Provinsi Jambi, H Ridwan Agus DPT Kunjungan Ke Luar Negeri.

Jambipos, Australia
- H Ridwan Agus DPT usai dilantik jadi Ketua Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Masa Bakti 2022-2027 oleh Ketua PWI Pusat, Atal Sembiring Depari di Balroom Hotel Golden Harvest, Kota Jambi, Rabu (7/9/2022) lalu, langsung melakukan safari Jurnalistik ke luar negeri seperti Prancis, Inggris, Australia dan Singapura.

Perjalanan safari Jurnalistik ini dilakukan H Ridwan Agus DPT, untuk mengembalikan kesegaran yang lelah dalam menghadapi Konferensi Provinsi PWI Jambi Sabtu (6/8/2022) lalu dan Pelantikan Pengurus PWI Provinsi Jambi Masa Bakti 2022-2027, Rabu (7/9/2022) lalu.

Laporan perjalanan jurnalis Ketua PWI Provinsi Jambi dari ibu kota Melbourne Australia, menimba ilmu delegasi jurnalis ke “Melbourne Australia to our heroines Southern c ok eatives shine at arts house”.

H Ridwan Agus Dpt mengadakan lawatan ke Melbourne ibukota Australia. Sebelum ke Australia, H Ridwan Agus terlebih dahulu telah mengunjungi Perancis, Inggris selama beberapa hari. Kemudian melanjutkan petualangan Jurnalistiknya menuju Melbourne, Australia.

H Ridwan Agus mengaku, kepergiannya ke luar negeri, utamanya ke Melbourne, guna menambah wawasan atau menimba ilmu jurnalis sekaligus represhing. 

“Saya sungguh merasa lelah dalam rangka mempersiapkan Konferensi Provinsi PWI Provinsi Jambi dan pemilihan Ketua PWI Provinsi Jambi, dimana saya masih menjabat sebagai Ketua dan dalam kesempatan itu, saya ikut bertarung. Alham dulillah saya menang aklamsi. Setelah meraih kemenangan, saya juga ikut merencanakan persiapan pelaksanaan untuk pelantikan,” ujar H Ridwan Agus Dpt.

“Oleh karena itu saya perlu cuci otak,” ujarnya berseloroh. Maka tiga hari usai dilantik oleh Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari menjadi ketua PWI Provinsi Jambi Priode 2022-2027 langsung cabut ke luar Negeri. Meski tanpa Ketua, namun program PWI Provinsi Jambi tetap jalan oleh Sekretaris PWI Provinsi Jambi Drs Arwani dan pengurus lainnya usai dilantik.

Jejak H Ridwan Agus

Sementara, tak pernah terpikirkan H Ridwan Agus Depati bisa sukses menjadi Ketua PWI Provinsi Jambi (PAW) dan terpilih kembali secara aklamasi. Loyalitas dan pengorbanannya kepada organisasi PWI Provinsi Jambi, adalah jawabannya. Jiwa sosial yang terpatri dalam kehiduannya, membuat anggota, keluarga PWI Provinsi Jambi mendukungnya, meski tak lagi muda.

Usia tua ternyata tak membuat loyalitas untuk organisasi surut. Bahkan usia yang sudah memasuki lansia, justru tambah bersemangat dalam memajukan organisasi. Bahkan kaum muda mengakuinya, dan bahkan merasa tak mampu untuk menandinginya. 

Adalah H Ridwan Agus DPT, sudah berstatus kakek dalam keluarga. Meski usia tak lagi muda, namun semangatnya tetap muda dalam memajukan organisasi PWI Provinsi Jambi kedepan. 

Dalam Konferensi Provinsi (Konferprof) PWI Provinsi Jambi yang dilaksanakan Sabtu 6 Agustus 2022 di Hotel Golden Harvest Jalan Pattimura Kota Jambi, H Ridwan Agus Depati terpilih secara aklamasi untuk menjabat Ketua PWI Provinsi Jambi Masa Bakti 2022-2027.

Sejak panitia pendaftaran Konferensi PWI Provinsi Jambi, Juli 2022 lalu, hanya dua nama yang mendaftar sebagai bakal calon ketua PWI Provinsi Jambi. Dua nama itu yakni H Ridwan Agus DPT, Ketua PWI Provinsi Jambi (PAW-Kamis 26 Juni 2019) menggantikan Saman SPt yang mundur jadi Ketua PWI Provinsi Jambi hasil Konferensi Provinsi (Konfrenprov) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jambi di Novita Hotel Jambi, Minggu (7/5/2017) lalu. Kemudian Hery FR yang menjabat sebagai Sekretaris PWI Provinsi Jambi Periode 2017-2022.

Dalam perjalanan duet kepengurusan H Ridwan Agus DPT-Hery FR, banyak kemajuan yang dialami Organisasi PWI Provinsi Jambi. Misalnya bidang sosial dan kekeluargaaan, seperti memotong hewan kurban selama tiga tahun berturut. 

Kemudian peningkatan sumber daya manusia (SDM) jurnalis dan anggota PWI Provinsi Jambi lewat pelaksanan Uji Kompentensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan tahun 2018.

Direktur UKW PWI Pusat Dr Rajab Ritonga MSi mewakili tim penguji saat itu mengumumkan sebanyak 33 dari 42 peserta UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan Ke V Tahun 2018 dinyatakan lulus atau kompeten. Sementara 9 peserta dinyatakan belum lulus karena faktor disiplin, sakit dan juga belum kompeten. Peserta yang tidak lulus ini dari tingkat Utama dan Muda, sementara dari tingkat Madya seluruhnya dinyatakan kompeten.

UKW PWI Provinsi Jambi yang didukung penuh oleh SKK Migas KKKS Jambi dilaksanakan di Hotel Abadi Grand, Sabtu (10/11/2018). Peserta UKW angkatan ke V yang berlangsung dua hari Jumat-Sabtu (9-11/11/2018) ini dibagi dalam enam kelompok dengan tiga tingkatan yakni Utama 14 orang (2 kelompok), Madya 7 orang (satu kelompok) dan tingkat Muda 21 orang (3 kelompok). Tingkat Utama ini setara pemimpin redaksi, Madya setingkat Redaktur dan Muda setara tingkat wartawan.      

Kemudian Koordinator Penguji UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan VIII dan IX Tahun 2021, Sayid Iskandarsyah mengumumkan hasil UKW Tingkat Muda, Madya dan Utama dumumkan oleh Tim Penguji Djunaedi Tjunti. UKW PWI Jambi Angkatan VIII dan IX, dari 44 peserta yang hadir mingikuti  ujian, 4 dinyatakan belum berkompeten. Tiga orang dari tingkat Muda, dan 1 dari tingkat Madya. 

Sementara empat peserta tingkat Utama diantaranya yakni Rosenman Manihuruk (Redpel Jambipos Online), Risza Saputra Bazar, pimpinan redaksi (Pimred) Harian Jambi Independent, Alpadi Monas (Pimred Serujambi.com) dan seorang jurnalis perempuan (Jambidayli) Yusnaini Rany dinyatakan berkompeten.

Ucapan Selamat

Ucapan selamat Bunga Papan pada Pelantikan Ketua dan Pengurus PWI Provinsi Jambi paling banyak sepanjang masa pelantikan PWI Provinsi Jambi. Bahkan papan bungan memenuhu plataran di Balroom Hotel Golden Harvest, Kota Jambi. Tidak itu saja, baliho besar juga menghiasi menuju lokasi pelantikan.

Ucapan selamat kepada H Ridwan Agus Depati juga datang dari Menteri, Pejabat Kementerian, Gubernur, Pejabat BUMN, Gubernur, Kapolda, Bupati, Lembaga Mitra PWI dan pejabat instansi dan lembaga organisasi lainnya. Ucapan itu terpublikasi dalam bentuk Video (simak videonya).

Saat Ketua PWI Pusat, Atal Sembiring Depari menyerahkan SK PWI Pusat daftar kepengurusan PWIProvinsi Jambi Masa Bakti 2022 – 2027 dan Pataka PWI kepada Ketua PWI Provinsi Jambi H Ridwan Agus Depati yang disaksikan Ketua Bidang Organissai PWI Pusat H Zulkifli Gani Ottoh dan Sekretaris Jenderal PWI Pusat H Mirza Zulhadi di Balroom Hotel Golden Harvest, Kota Jambi, Rabu (7/9/2022) lalu, sahlah H Ridwan Agus menahkodai PWI Provinsi Jambi lima tahun kedepan.

Pada acara pelantikan itu, Gubernur Jambi H Al Haris juga memberikan dukungan kepada Ketua PWI Provinsi Jambi H Ridwan Agus, khususnya menjanjikan akan menghibahkan aset tanah sekretariat PWI Jambi di Jalan Jakarta Ujung Kotabaru, Kota Jambi.

Menurut Ridwan Agus, kepengurusan PWI Provinsi Jambi Periode 2022-2027 akan menunjukkan wajah baru dalam kepengurusan yang ramah dan humanis kepada anggota dan keluarga besar PWI Provinsi Jambi, juga kepada para mitra PWI Jambi.

Langkah di PWI Provinsi Jambi

Jejak H Ridwan Agus Depati yang memimpin Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Provinsi Jambi sejak Juni 2019 – 2022, dipercaya kembali memimpin organisasi wartawan tersebut hingga lima tahun ke depan. H Ridwan Agus terpilih kembali menjadi Ketua PWI Provinsi Jambi periode 2022 – 2027 secara aklamasi pada Konferensi Provinsi (Konferprov) PWI Jambi di Golden Harvest Hotel Jambi, Kota Jambi, Sabtu (6/8/2022).

Konferprov Jambi tersebut dihadiri Ketua PWI Pusat Atal S Depari, Ketua Dewan Kehormatan PWI Provinsi Jambi, Mursyd Sonsang, Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Dr Donny Iskandar, SSos, MT, Sekda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjungjabung Barat, Ir H Agus Sanusi dan para pengurus PWI Provinsi Jambi.

H Ridwan Agus menjabat Ketua PWI Provinsi Jambi pergantian antar waktu (PAW) menggantikan Ketua PWI Provinsi Jambi periode 2017 – 2022, Saman SPt yang mengundurkan diri sebagai Ketua PWI Provinsi Jambi Mei 2019. 

Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari kemudian menetapkan Pergantian Antar Waktu (PAW) H Riduan Agus DPT sebagai Ketua PWI Provinsi Jambi menggantikan Saman Spt pasca pengunduran diri sebagai Ketua PWI Provinsi Jambi Periode 2017-2022.

Penetapan H Riduan Agus yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan PWI Provinsi Jambi ini dilaksanakan dalam Rapat Pleno Plus Pengurus PWI Provinsi Jambi Bersama Ketua Umum PWI Pusat di Aula PWI Provinsi Jambi, Kamis (27/6/2019).

Guna menjalankan organisasi PWI Provinsi Jambi, sehingga dipilih oleh Rapat Pleno Pengurus PWI Provinsi Jambi dan diajukan ke PWI Pusat dan dipelajari dan seterusnya ditetapkan PAW Ketua PWI Provinsi Jambi sisa masa jabatan 2017-2022.

Pada Konferprov PWI Provinsi Jambi 2022, calon ketua yang muncul dua orang, yakni calon patahana, H Ridwan Agus Depati dan Sekretaris PWI Provinsi Jambi, Hery Firmansyah. Pada saat Konferprov PWI Jambi tersebut, Hery Firmansyah dan para pendukungnya melakukan walk out (meninggalkan ruang sidang). Akhirnya H Ridwan Agus Depati terpilih menjadi Ketua PWI Provinsi Jambi 2022 – 2027 secara aklamasi.

Ketua PWI Pusat, Atal S Depari pada penutupan Konferprov PWI Jambi tersebut mengatakan, proses Konferprov PWI Jambi yang diakhiri dengan pemilihan Ketua PWI Provinsi Jambi tersebut termasuk lancar dan cepat tanpa kendala. Mengenai adanya aksi walk out calon ketua, Hery Firmansyah, hal itu dinilai Atal S Depari sebagai bagian dari demokrasi.

“Konferprov dan Pemilihan Ketua PWI Jambi ini termasuk cepat. Semua proses sudah dilaksanakan dengan baik. Pemilihan ketua sendiri hanya berlangsung sekitar jam. Dalam waktu singkat tersebut sudah dapat dicapai keputusan secara musyawarah dan mufakat,”katanya.

“Nah, Konferprov PWI Jambi ini cukup lancar dan cepat, terlepas dari adanya peserta yang wolk out. Setelah terpilihnya Ketua PWI Provinsi Jambi, H Ridwan Agus dan Ketua Dewan Kehormatan PWI Provinsi Jambi, Edy Marpaung, kami harapkan PWI Jambi semakin baik dan maju, tetap serius meningkatkan kualitas wartawan,”katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Jambi terpilih, H Ridwan Agus Depati pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh anggota danpengurus PWI Jambi, pimpinan PWI Pusat, Gubernur Jambi dan jajaran, Polda Jambi dan jajaran serta pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Jambi yang mendukung terselenggaranya Konferprov PWI Jambi.

“Saya juga berterima kasih atas kepercayaan seluruh anggota PWI Jambi yang memberi kepercayaan memimpin kembali PWI Jambi. Saya mengajak semua anggota PWI Provinsi Jambi bersama -sama memajukan organisasi PWI ini. PWI Provinsi Jambi tidak bisa berjalan kalau tidak ada dukungan dan kerja sama dari semua anggota dan pengurus nantinya,”ujarnya.

H Ridwan Agus juga mengharapkan para pengurus PWI Provinsi Jambi di masa mendatang bisa meningkatkan kinerja, solid dan kompak untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan jurnalis di Jambi.

Sementara itu, Gubernur Jambi, H Al Haris dalam sambutannya yang dibacakan, Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Dr Donny Iskandar, SSos, MT pada kesempatan tersebut menyampaikan terlaksananya Konferprov PWI Jambi dengan baik.

“Konferensi wartawan ini merupakan wujud eksistensi PWI memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah. Saya mengajak wartawan untuk terus konsisten menerapkan kode etik jurnalistik. Saya juga apresiasi kontrol sosial yang dilaksanakan media dengan baik di Jambi selama ini,”katanya.  

Ketua terpilih PWI Jambi H Ridwan Agus dalam pidato usai terpilih, berjanji akan menyelesaikan hibah lahan kantor PWI Provinsi Jambi dengan Pemerintah Provinsi Jambi.

“Saya akan meneruskan perjuangan Bapak Almarhum Daniel Sijan dan H Mursid Sonsang soal hibah lahan kantor PWI Provinsi Jambi ini. Saya juga sudah pernah bicarakan ini dengan Gubernur Jambi H Al Haris,” katanya.

Turut hadir dalam Konferensi PWI Jambi Sekertaris Dewan Kehormatan PWI Pusat Sasongko Tedjo,Wabendum PWI Pusat Dar Edi Yoga dan Humas PWI Pusat Mercys Charles Loho. 

PWI Jambi Kedepan

Kepemimpinan Ketua PWI Provinsi Jambi dan pengurus lainnya kedepan diharapkan memiliki gebrakan program yang bermanfaat bagi seluruh anggota PWI. PWI Jambi tidak lagi mengandalkan “proposal” dalam mencari dana yang berhubungan dengan kegiatan PWI.

Keberadaan Koperasi PWI Jambi juga harus dinotariskan dan berbadan hukum resmi sehingga dapat membantu kesejahteran anggota PWI Jambi. Ketua dan pengurus juga diharapkan bisa menyatukan seluruh anggota PWI pasca konfrensi, sehingga tidak ada pengelompokan.

Gebrakan penting Ketua PWI Provinsi Jambi dan jajaran kedepan yakni mendorong dan mewujudkan alokasi anggaran di APBD Provinsi Jambi untuk kegiatan organisasi PWI Provinsi Jambi. 

Kemudian mampu mengorganisir media dari anggota PWI Provinsi Jambi sehingga memiliki nilai tawar dalam pemberitaan yang berdampak pada kesejahteraan anggota PWI Provinsi Jambi. 

Misalnya dengan membangun kerjasama dengan instansi pemerintah daerah, BUMN, swasta dalam instansi lainnya dalam hal pemberitaan dan kerjasama lainnya yang tidak bersifat mengingat dan mengganggu independensi media masing-masing anggota PWI Provinsi Jambi tersebut.  
   
Tak kalah penting, Ketua PWI Provinsi Jambi H Ridwan Agus Depati dan jajaran kedepan mampu menjadikan Sekretariat PWI Provinsi Jambi di Jalan Jakarta Ujung, Kotabaru, Kota Jambi sebagai tempat kebersamaan dan saling berbagi informasi dengan menfasilitasi media center dilengkapi Wifi untuk membantu para rekan jurnalistik bekerja.

H Ridwan Agus DPT diharapkan mampu mewujudkan harapan tersebut. Sebanyak 130 anggota biasa PWI Provinsi Jambi harus dirangkul kembali untuk mengisi “Rumah Besar Pers Provinsi Jambi-PWI”.
Jejak Konfrenprov PWI Jambi

Pada Konfrenprov PWI Provinsi Jambi di Novita Hotel Jambi, Minggu (7/5/2017) lalu, Saman SPt terpilih sebagai Ketua PWI Provinsi Jambi Periode 2017-2022. Saman memperoleh 67 suara dan rivalnya Muhtadi Putera Nusa (MPN) meraih 57 suara dan 2 suara tidak sah. Jumlah pemilih 126 peserta. Proses pemilihan berjalan dengan demokratis.

Sebelum pemilihan keduanya diberikan kesempatan menyampaikan Visi dan Misi singkat untuk kemajuan PWI Provinsi Jambi kedepan. Keduanya berprinsip bersama anggota PWI Jambi sejahtera dan menyatu. Kedua calon (Saman-MPN) merupakan wartawan media dari Group Jawa Pos. Saat itu, Saman merupakan General Manajer Jek TV Jambi dan MPN merupakan Pimred Jambi TV. 

Saman sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris PWI Provinsi Jambi mendampingi Ketua PWI Jambi Drs Mursid Sonsang. Pada kesempatan itu Muhtadi Putera Nusa dengan legowo menerima kekalahan dan mengucapkan selamat atas terpilihnya Saman sebagai Ketua PWI Provinsi Jambi. (JP-Asenk Lee Saragih)

Galeri Foto Kunjungan H Ridwan Agus Depati Ke Luar Negeri











Video Ucapan Selamat Kepada H Ridwan Agus Depati dan Pengurus


Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA