Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Elviana Terpilih Kembali Secara Aklamasi Jadi Ketua Komite IV DPD RI

Hj Dra Elviana MSi (kedua dari kiri), Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Periode 2019-2024 Dapil Provinsi Jambi terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Komite IV DPD RI (Bidang Keuangan dan Perbankan), pada Jumat, 19 Agustus 2022 lalu. (Foto: IST)

Jambipos, Jambi-
Hj Dra Elviana MSi, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Periode 2019-2024 Dapil Provinsi Jambi terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Komite IV DPD RI (Bidang Keuangan dan Perbankan), pada Jumat, 19 Agustus 2022 lalu.

“Semoga Allah SWT memberi jalan untuk mencapai obsesi menjadikan Komite IV DPDRI bermanfaat bagi rakyat dan daerah yang kami wakili. Aamiin,” ujar Elviana.

Sebelumnya pada Selasa 8 Oktober 2019 lalu, H Elviana secara aklamasi terpilih kali pertama sebagai Ketua Komite IV DPD RI (Bidang Keuangan Perbankan).

Elviana dianggap sudah senior karena sudah pernah dua periode di DPR RI, satu periode di DPD RI dan terakhir sebagai anggota Komisi XI DPR RI. Hal ini yang membuat Elviana didaulat sebagai Ketua Komite IV DPD RI yang membidangi Keuangan Perbankan.

Elviana sendiri, dalam sambutan awalnya setelah menerima palu pimpinan berkomitmen untuk membawa Komite IV DPD RI menjadi komite yang memberi manfaat. “Khususnya bagi rakyat dan daerah yang kami wakili,” kata dia.

Dirinya dan pimpinan lain serta seluruh anggota Komite IV, juga akan berjuang membangun daerah, melalui DPD RI ini.

Seperti diketahui Elviana merupakan politisi dan senator perempuan asal Jambi yang mengabdi di Senayan selama 4 periode. Bahkan hasil perolehan suara saat Pemilu 17 April 2019 lalu, perolehan suara Elviana merata di seluruh kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

Selama di Senayan, Elviana sukses mengusung program pusat ke daerah, diantaranya Program Beasiswa PIP untuk siswa-siswi di Jambi ketika Elviana duduk sebagai Anggota Komisi X DPR RI, Program Bantuan Beasiswa Bidikmisi, LPDP dari Kementerian Keuangan untuk Mahasiswa Jambi.

Saat duduk sebagai Anggota Komisi XI DPR RI, Elviana juga mengusung Program Bantuan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Program PSBI. Selanjutnya Program Bantuan Alsintan Pertanian dan Modal Usaha Kelompok, Bantuan Benih Pertanian, Progran Mekar UMI Program Bantuan untuk masyarakat atau ibu-ibu rumah tangga tanpa agunan dengan syarat KTP dan KK saja dari Kementerian Keuangan kini sudah mencapai 10.000 nasabah di Provinsi Jambi.

Elviana juga mengusung Dana DAK aspirasi sebag Anggota Badan Anggaran DPR untuk Kota Jambi Rp 100 M, untuk Kabupaten Merangin Rp 56 M dan terbaru untuk Rumah Sakit Pemkab Bungo Rp 43 M. Bahkan penambahan runway Bandara Muarabungo dari 1500 meter menjadi 1800 meter sehingga bisa didarati oleh pesawat Boeing juga atas upaya Hj Elviana sewaktu rapat di Banggar DPR dengan Menteri Perhubungan Ignatius Jonan.

Elviana juga mendorong pembangunan kantor layanan perbankan di ibu kota kecamatan di Provinsi Jambi seperti di SP3 Limbur Lubuk Mengkuang dan di Kecamatan Masurai Kabupaten Merangin.

Hal itu sebagian kecil program yang telah diperjuangkan Elviana untuk Provinsi Jambi. “Saya ingin terus membantu masyarakat Provinsi Jambi, agar ekonomi dan penghasilan masyarakat bisa meningkat, bantuan yang langsung bersentuhan dengan masyrakat kecil,” tambahnya dalam kesempatan lain.

Disebutkan, munculnya program UMI yang digagas Elviana bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani ini guna mengatasi kesulitan pengusaha UKM dalam memperoleh pinjaman dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang mewajibkan nasabah menyerahkan bukti jaminan. Sedangkan Program UMI tidak ada agunan.

Di Kabupaten Merangin sendiri sudah tercatat 5000 ibu-ibu yang sudah menikmati dana Program UMI sejak pertengahan tahun 2018 lalu dengan usaha yang berkembang pesat. Bahkan untuk di Kabupaten Merangin tidak ada tunggakan dari penerima bantuan modal ini.

Saat Elviana di Komisi XI DPR RI masa Reses masa sidang ke IV mulai 28 Maret 2019 hingga 7 Mei 2019 lalu, dirinya melihat program tersebut di lapangan. Apakah program yang kami gagas di Komisi XI dengan Menteri Keuangan RI ini berjalan dengan baik. 

Ternyata dari hasil pemantauan dan pengawasan kami program UMI ini berjalan dengan baik di Provinsi Jambi. Elviana juga sukses menggaet dana Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) ke Provinsi Jambi ini.

Setiap tahun Komisi XI DPR RI menyetujui dana APBN Rp 2,7 Triliun untuk melayani 4 juta ibu-ibu yang butuh bantuan permodalan untuk usaha kecil menengah.

Pihaknya mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan RI untuk menyalurkan bantuan Program Usaha Ultra Mikro (UMI) kepada rakyat secara berkesinambungan. Program UMI yang didorong sejak Komisi XI DPR hingga Komite 4 DPD RI sungguh sangat membantu ibu-ibu di daerah, khususnya di Provinsi Jambi.(JP-AsenkLeeSaragih)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar