Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Kuasa Hukum Keluarga Samuel Hutabarat/ Rosti Simanjuntak Tiba di Kota Jambi

Pantau Proses Otopsi Ulang Jasad Brigpol Yosua
Tim kuasa hukum keluarga (Alm) Brigpol Yosua Hutabarat (NHY) yakni Kamaruddin Simanjuntak, Jhonson Panjaitan CS tiba di Kota Jambi, Selasa (26/7/2022) petang. (Jambipos/IST)

Jambipos, Jambi-Tim kuasa hukum keluarga (Alm) Brigpol Yosua Hutabarat (NHY) yakni Kamaruddin Simanjuntak, Jhonson Panjaitan CS tiba di Kota Jambi, Selasa (26/7/2022) petang. Pihak keluarga yakni Rosti Simanjuntak, Roslin Emika Simanjuntak, Rohani Simanjuntak melakukan pertemuan di Kota Jambi sebelum menuju Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Muarojambi, Provinsi Jambi, Selasa malam.

Sebelumnya dan malam ini pihak keluarga harus tidur di luar rumah menjaga makam Brigpol Yosua Hutabarat di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Muarojambi, Provinsi Jambi, sebelum dilakukannya proses pengangkatan jenazah atau ekshumasi dan otopsi ulang jasad Brigpol Yosua yang akan dilakukan di Rumah Sakit Sungaibahar, Muarojambi, Rabu (27/7/2022) pagi.

Kuasa hukum keluarga Samuel Hutabarat/ Rosti Simanjuntak akan mengawal proses otopsi yang akan dilakukan di Rumah Sakit Sungaibahar, Muarojambi. 

“Demi memperjuangkan cinta kasih kepada anak almarhum Nofriansyah Yosua Hutabarat, tidur di tenda pun tidak jadi masalah demi menjaga keamanan makam. Bantu doanya,” tulis ujar Rohani Simanjuntak.
Jenazah almarhum Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat yang meninggal di Jakarta, Jumat (8/7/2022) itu dikebumikan di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Muarojambi, Senin (11/7/2022).

“Rekan juang tetap solid dalam penjagaan makam almarhum. Nunggu satu hari lagi semoga apa yang kita harapkan kedepannya dijawab oleh Tuhan melalui para yang berkompeten di bidang hukum. Jangan ada lagi yang ditutup-tutupi, sehingga kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap instansi kepolisian tetap terjaga. Buat tim pengacara itoku Kamaruddin Hendra Simanjuntak saling melengkapi dan mendukung tuntas kan kasus ini,” kata Rohani Simanjuntak.

Terjunkan 330 Personil

Sementara Polda Jambi menerjunkan sekitar 330 orang personil dari berbagai satuan untuk mengamankan proses otopsi ulang (ekshumasi) jenazah almarhum Brigpol NYH di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungaibahar, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Rabu (27/7/2022). 

Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK, MIK melalui Kabid Humas Polda Jambi, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Mulia Prianto, SSos, SIK kepada wartawan di Jambi, Selasa (26/7/2022) menjelaskan,  pengamanan proses penggalian kembali makam Brigpol NYH dilakukan secara ketat dengan melibatkan berbagai satuan, termasuk Satuan Brimob Polda Jambi. Kemudian pengaman proses otopsi ulang jenazah Brigpol NYH tersebut juga diperkuat Polres Muarojambi. 

"Semua proses otopsi ulang jenazah anggota Brimob asal Sungaibahar, Jambi tersebut akan dikawal ketat bisa berjalan lancar, aman dan tenang. Sebanyak 330 personel polisi yang mengamankan proses otopsi ulang jenazah Brigpol NYH tersebut disiagakan di rumah duka, pemakaman, RSUD Sungaibahar dan Polsek Sungaisahar. Personel pengamanan tersebut gabungan dari Polda Jambi dan Polres Muarojambi,"katanya.

Menurut Mulia Prianto, pengamanan lokasi-lokasi penting yang digunakan untuk proses otopsi ulang jenazah Brigpol NYH tersebut dilaksanakan mulai Selasa – Kamis (26 – 28/7/2022). Sedangkan gelar pasukan pengaman jelang proses otopsi ulang jenazah Brigpol NYH tersebut dilakukan di Polda Jambi, Senin (25/7/2022).

Sementara itu, Kepala Biro (Karo) Operasional (Ops) Polda Jambi, Kombes Pol Feri Handoko pada gelar pasukan tersebut mengatakan, lokasi yang akan dijaga polisi selama proses otopsi ulang jenazah Brigpol NYH tersebut, yakni lokasi pemakaman, RSUD Sungaibahar, rumah duka dan ruas jalan sepanjang jalur yang digunakan untuk membawa jenazah dari pemakaman ke rumah sakit.

"Semua harus dipersiapkan dengan baik menjelang proses otopsi ulang ini. Hal itu penting agara jangan sampai ada yang mengganggu proses autopsi ulang tersebut,"katanya.

Terkait liputan pers untuk proses otopsi ulang tersebut, Feri Handoko mengatakan, pihaknya tidak akan menghalangi pers untuk meliput. Polisi hanya mengamankan lokasi. Kemudian di lokasi sudah disediakan tempat jumpa pers.

Lebih lanjut dikatakan, keterlibatan satuan Polda Jambi dalam pengamann proses otopsi ulang jenazah Brigpol NYH tersebut hanya hanya membantu personel Polres Muarojambi.

“Jadi kami akan tetap koordinasi dengan satuan Polres Muarojambi selama proses otopsi ulang berlangsung hingga jenazah dimakamkan kembali,”ujarnya.
RSUD Sungai Bahar.

RSUD Sungai Bahar Diperketat

Sedangkan satu hari menjelang autopsi ulang dirumah sakit umum daerah Kecamatan Sungai Bahar, Muaro Jambi terus melakukan persiapan yakni dengan cara diperketat agar tugas Tim Dokter Forensik berjalan lancar.

Direktur RSUD Sungai Bahar, Aang Hambali saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, persiapan rumah sakit Bahar jelang autopsi, hampir 100 persen dan tinggal menunggu autopsi jenazah Brigadir Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat tepat hari Rabu (27/07/2022).

“Berbagai persiapan dilakukan di rumah sakit termasuk dengan meyiapkan khusus ruangan untuk keluarga Brigadir J dan pengacara,” ujarnya.

Sebagai Direktur rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Bahar, jelang autopsi, Ia juga menyiapkan beberapa ruangan sekaligus memperbaiki saluran air di wastafel ruang autopsi.

Aang juga mengatakan, rumah sakit Sungai Bahar juga memasang tirai bewarna ungu dan biru, agar ruang autopsi tidak mudah dilihat oleh masyarakat.

“Ruang autopsi, ruangan untuk keluarga, ruangan untuk para tamu, dan ruangan untuk forensik,” katanya.

Jelang pelaksanaan autopsi ulang Jenazah Brigadie J, tim forensik juga akan mengecek persiapan alat di rumah sakit dan rencana tersebut tepat Selasa, 26 Juli 2022 sekitar pukul 10.00wib dan selama proses autopsi, rumah sakit diminta diperketat.(JP-Asenk Lee Saragih)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar