Home » , , , , , » PSI Jambi: Aksesibilitas Mutlak untuk Majukan Kerinci dan Sungaipenuh

PSI Jambi: Aksesibilitas Mutlak untuk Majukan Kerinci dan Sungaipenuh

Written By jambipos-online on Minggu, 06 Maret 2022 | 16:04

Ketua DPW PSI Provinsi Jambi, Ir Tigor GH Sinaga (kanan) saat melakukan panen padi di Kerinci,  Minggu (6/3/2022). (Foto: Istimewa) 

Jambipos, Kerinci-Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Jambi melakukan kunjungan lapangan ke Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh guna menyerap dan mendengar langsung aspirasi masyarakat di daerah. Peningkatan kesejahteraan masyarakat menjadi fokus perjuangan PSI kedepan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPW PSI Provinsi Jambi, Ir Tigor GH Sinaga kepada wartawan, Minggu (6/3/2022) terkait dengan penyampaikan program utama PSI di Provinsi Jambi saat mengunjungi Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh. Potensi daerah harus maksimal ditingkatkan untuk kepentingan dimaksud.

"Potensi alam Kerinci yang luar biasa ini harus segera dikelola dengan tepat. Potensi wisata, pertanian, pertambangan dan sumber daya manusia di Kerinci dan Sungaipenuh yang sangat luar biasa perlu segera ditreatment agar peningkatan  kesejahteraan masyarakat segera terwujud,” ujar Tigor Sinaga yang pada kunjungan kali ini didampingi Sekretaris DPW PSI Provinsi Jambi, Bro Ryan Afrianto SH dan Bendahara DPD PSI Provinsi Jambi Ir. Rita Utami.

Disebutkan, aksesibilitas merupakan hal penting yang harus diperjuangkan untuk segera ditingkatkan. Utamanya akses penerbangan dan jalan. Aksessibilitas penting untuk mendorong kemajuan daerah.

“Potensi  pariwisata yang luar biasa, potensi tambang,  potensi pertanian (kopi,teh,kayu manis, kentang, beras, sayuran, buah-buahan) niscaya Kerinci akan maju pesat jika aksesibilitas ini terbangun,” ujar Tigor. 

Ditambahkan, disparitas harga ditingkat petani sebagai produsen terhadap harga pasar yang sangat besar merupakan salah satu dampak dari kendala aksesibilitas. Harus segera dikelola dengan baik sehingga petani dapat menikmati harga lebih baik.

Pada kesempatan itu, Tigor Sinaga juga melakukan panen padi bersama masyarakat di Kecamatan Sungai Bungkal dan Pasar Tanjung Bajore, Kota Sungaipenuh .
Ketua DPW PSI Provinsi Jambi, Ir Tigor GH Sinaga (kiri) saat melakukan panen padi di Kerinci,  Minggu (6/3/2022). (Foto: Istimewa) 

Pada kunjungan lapangan kali ini, rombongan DPW PSI Provinsi Jambi juga didampingi Pengurus DPD PSI Kota Sungaipenuh yang dipimpin Ketua DPD PSI Kota Sungaipenuh, Bro Abul As dan DPD PSI Kabupaten Kerinci yang dipimpin Bro Juliadi SH.MH.

Akses Kerinci – Bungo

Kata Tigor Sinaga, kendala Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang takut terganggu keberadaannya, bisa disiasati dengan membangun tol yang juga akan menjadi sumber pendapatan baru bagi pemerintah.

“Pembukaan jalur penerbangan langsung ke Jakarta, Kualalumpur dan Changi merupakan suatu keharusan. Perpanjangan landasan pacu lapangan terbang harus segera dilaksanakan agar dapat didarati, minimal boing 737. Keberadaan penerbangan langsung ini akan membuka peluang kemajuan perekonomian rakyat,” kata Tigor Sinaga. 

“Kita bisa belajar dari apa yang sudah dilakukan Kota Bandung. Pedagang dan pengusaha di Bandung menikmati kemajuan perekonomian pesat  setelah dibukanya jalur penerbangan langsung ke KL dan Changi,” ujar Tigor Sinaga yang sehari hari aktif sebagai penggiat perumahan rakyat ini.

Disebutkan, penanganan paska panen produk pertanian harus juga mendapat perhatian pemerintah, pembukaan jalur dan jaringan  pemasaran harus difasilitasi. Mengingat banyak petani yang ada saat ini terhitung sudah lanjut usia. Modernisasi pertanian mutlak segera dilakukan agar menarik milenials untuk terjun menggeluti pertanian.

“Pupuk dan kebutuhan sarana bertani harus segera mendapat penanganan yang serius dari pemerintah. Peningkatan produktifitas pertanian harus juga diikuti dengan perbaikan harga. Sehingga dapat  meningkatkan taraf sosial petani,” kata Tigor.

"Kami selaku Ketua DPD yang dipercaya memimpin PSI daerah siap mengawal dan mendorong kebijakan partai tersebut. Aspirasi rakyat dan petani di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh harus diperjuangkan oleh kader-kader PSI di Kerinci dan Sungaipenuh,” kata Bro  Juliadi didampingi Bro Abdul As.(JP-Asenk Lee Saragih)









Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA