Home » , , , » Tim Bentukan Gubernur Jambi Tolak Penunjukan Jhon Eka Powa Sebagai Plt Kepsek SMA Titian Teras

Tim Bentukan Gubernur Jambi Tolak Penunjukan Jhon Eka Powa Sebagai Plt Kepsek SMA Titian Teras

Written By jambipos-online on Rabu, 09 Februari 2022 | 11:48

Pintu gerbang Sekolah SMA Titian Teras Abdurahman Sayoetie Pijoan Muarojambi.(Foto: Inilahjambi.com)

Jambipos, Jambi-
Tim yang ditunjuk secara perorangan oleh Gubernur Jambi H Al Haris menolak usulan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi yakni nama Jhon Eka Powa sebagai pelaksana tugas (Plt) Kepala Sekolah SMA Titian Teras Abdurahman Sayoetie Pijoan Muarojambi. Penolakan tim itu karena Jhon Eka Powa bukanlah seorang berlatar belakang guru namun seorang Widyaiswara Ahli di BPSDM Jambi.

Seperti diketahui, pencopotan Pahrin Wirnadian dari Kepala Sekoah SMA Titian Teras berawal dari konflik pertengkaran sesame siswa SMA Titian Teras yang mengundang reaksi dari para wali siswa. Bahkan perkelahian siswa sempat membuat sekolah SMA Titian Teras tidak kondunsif.

Kemudian puncaknya pada inpeksi mendadak (sidak) Gubernur Jambi H Al Haris ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Titian Teras Haji Abdurrahman Sayoeti Pijoan, Muarojambi,  Senin (7/2/2022) malam. Tampak wajah geram pada wajah Gubernur Jambi Al Haris saat melakukan sidak itu. Betapa tidak, Al Haris menyayangkan kondisi sekolah yang terlihat banyak tumpukan sampah berantakan.

"Sampah kek gini ya Allah, ini semua gurunya yang salah. Di dalam ruangan itu tempat sampah, itu jalan depan tempat tidur itu sampah, sedih kito nengoknyo, artinya sekolah berasrama ini, sedih kito,” ujar Al Haris seperti dikutip dari video yang diunggah @alharisjambi di instagram.

Dalam keterangan postingan tersebut, Al Haris berharap agar sekolah tersebut dapat menjadi sekolah berasrama yang mendidik calon pemimpin disiplin dan bertanggung jawab.

"Pak Gubernur, selahkan copot sata kepala sekolahnya itu Pak. Masa ngurus sampah saja tak bisa. Inikan tanda lemahnya penerapan disipilin kepada anak didik dan tenaga pengajar di sana," tulis seorang warganet.   

Jhon Eka Powa

Kemudian Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra mengiriman surat usulan ke Gubernur Jambi soal kepala di SMA Titian Teras sementara diisi oleh pelaksana tugas (plt). Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra, mengusulkan Jhon Eka Powa yang saat ini sebagai Widyaiswara Ahli di BPSDM. Jhon Eka Powa pernah menjabat Kabag Humas Pemkot Jambi, Kasatpol PP Provinsi Jambi.

Kepala Dinas Pendidikan Varial Adhi Putra menyebutkan, sebagai usulan nama Jhon Eka Powa belum dapat diterima oleh tim. Tim yang ditunjuk Gubernur Jmabi adalah Kadisdik Provinsi Jmabi, Kepala BKD Provinsi Jambi, Asisten Ahli Gubernur dan lainnya.

“Ya, memang rencananya diganti. Dan sebagai usulan kami ajukan Bapak Jhon Eka Powa. Namun saat dibahas dalam rapat, ternyata tidak bisa diakomodir karena harus mengacu pada Permendikbud Nomor 40 tahun 2021, yang salah satunya menyatakan jabatan kepala sekolah harus dari kalangan guru,” ujar Varial, seperti dilansir Inilahjambi, Rabu (9/2/2022).

“Tim yang membahas ini, kata Varial, merupakan person yang ditunjuk Gubernur Jambi. Jadi belum dapat dilaksanakan usulan tersebut. Kita akan cari sosok lain yang kompeten untuk mengisi jabatan Kepala SMA Titian Teras ini. Sesuai keinginan Pak Gubernur Jmabi yang ingin merevitalisasi untuk meningkatkan kualitas sekolah kebanggaan masyarakat Provinsi Jambi ini,” urai Varial.(JP-Asenk Lee)


Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA