Home » , , , » Mangihut Sinaga: Organisasi PPTSB Berbadan Hukum, Modern Dan Sudah Berusia 70 Tahun

Mangihut Sinaga: Organisasi PPTSB Berbadan Hukum, Modern Dan Sudah Berusia 70 Tahun

Written By jambipos-online on Minggu, 20 Februari 2022 | 21:11

Sukses Pelantikan Pengurus PPTSB Wilayah Provinsi Jambi Periode 2022-2026
Ketum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH. (Foto Asenk Lee Saragih)


Lelang Lagu Ketum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH Capai Rp 200 Juta

Jambipos, Jambi-Ketua Umum Organisasi Masyarakat Perkumpulan (Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru disingkat PPTSB) Pusat Mangihut Sinaga SH MH mengatakan bahwa Organisasi PPTSB satu-satunya organisasi masyarakat Batak yang sudah berbadan hukum resmi secara nasional. Bahkan memasuki usia 70 tahun, sejak terbentuk pada Tahun 1940-an, organisasi PPTSB sudah ada di Papua hingga Aceh. 

PPTSB juga kini sebagai organisasi modern yang memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang sama dari tingkat Pusat, Wilayah, Cabang, Sektor di seluruh Indonesia. Bahkan organisasi PPTSB kini tak lagi semata-mata mengurusi adat istiadat, namun kini sudah menjangkau kegiatan sosial, pendidikan keluarga besar anggota. 

PPTSB juga kini sudah memiliki Yayasan Toga Sinaga (Tosin) dan memiliki aset gedung pertemuan di Kota Medan dan juga aset Tugu Sinaga di Urat Samosir.  Yayasan Tosin setiap tahun rutin memberikan beasiswa pendidikan kepada anak didik keluarga PPTSB se Indonesia, baik anak didik berprestasi, maupun anak didik dari keluarga pra sejahtera.

Demikian penjelasan  Ketua Umum PPTSB Mangihut Sinaga SH MH saat memberikan sambutan pada acara Pelantikan Pengurus PPTSB Wilayah Provinsi Jambi di Gedung Abadi Convention Center Kota Jambi, Minggu (20/2/2022). 

Menurut Mangihut Sinaga SH MH dalam sambutannya menekankan bahwa Organisasi PPTSB yang sudah berbadan hukum agar lebih modern dalam menjalankan organisani. Usia 70 Tahun PPTSB merupakan bukti kalau Organisasi PPTSB adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang kuat dan solid.

Mangihut Sinaga SH MH juga menegaskan kalau organisasi PPTSB kini sudah harus lebih maju lagi dan tidak lagi semata-mata mengurusi adat istiadat, tapi lebih kepada program sosial yang berdampak pada anggota dan juga masyarakat luas.

Kata Mangihut Sinaga, sejak 2010, PPTSB dikembangkan, dimekarkan dari Aceh hingga Papua. Di Indonesia sudah 22 Wilayah PPTSB dan 160 Cabang PPTSB yang sudah dilantik kepengurusannya. 

“Selama 12 tahun, seluruh Pengurus PPTSB Pusat mengembangkan dan memajukan PPTSB di seluruh Indonesia. Di Aceh ada 600 KK warga PPTSB yang sudah membawa adat Budaya ditempat tinggal masing-masing. Anggota PPTSB sudah membaur dengan Budaya masing-masing. Budaya berbeda-beda, tapi tetap satu dalam keturunan Toga Sinaga,” katanya.
 
Ketum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH bersama Istri Tercinta Br Napitupulu menyumbangkan sebuah lagu Batak kenangan pada Pelantikan Pengurus Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Periode 2022-2026 yang dilaksanakan di Gedung Abadi Convention Center (ACC) Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Pasar, Kota Jambi, Minggu 20 Februari 2022. (Foto: Asenk Lee Saragih)

Sementara kepiawaian Ketua Umum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH dalam menggalang dana dalam suata acara pelantikan pengurus sudah teruji. Dengan lelang lagu kesukaan selalu mampu menggugah “Holong” para Tokoh Toga Sinaga di Indonesia. Hal ini juga yang ditunjukkan Ketum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga yang mampu mengumpulkan dana sekitar Rp 200 Juta pada lelang lagu pada Pelantikan Pengurus Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Periode 2022-2026 yang dilaksanakan di Gedung Abadi Convention Center (ACC) Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Pasar, Kota Jambi, Minggu 20 Februari 2022. 

Lantunan suara emas Ketum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH feat Dompak Sinaga yang membawakan dua lagu sungguh memukau undangan dan “mengalirkan” donasi dari Tokoh Toga Sinaga se Tanah air diantaranya Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga yang menyumbang Rp 50 Juta dan Bupati Dairi Rp 50 Juta.

Lelang Lagu Suara Emas Ketum Mangihut Sinaga SH MH sudah menjadi tradisi disetiap pelantikan pengurus wilayah di Tanah Air.

Sementara prosesi pelantikan yang diawali dengan Ibadah itu berjalan dengan Sukses. Pada kesempatan itu juga dilakukan Pengukuhan Panitia Aset PPTSB Provinsi Jambi Periode 2022-2026.

Acara pelantikan mengangkat Tema “Peliharalah Kasih Persaudaraan”, (Ibrani 13:1) dengan Subtema “Dengan Diberikannya Tanggung Jawab Sebagai Pengurus Wilayah PPTSB Provinsi Jambi, Maka Mari Kita Bersama Menjaga dan Memelihara Kasih Persaudaraan Sesama Pengurus dan Juga Sesama Anggota PPTSB”. 

Turut hadir pada pelantikan itu, Wakil Ketua Umum II PPTSB Pusat Detrius Sinaga (Jakarta), Sekjen PPTSB Pusat Eduard Sinaga (Medan), Wasekjen Mangaranap Sinaga (Depok), Wakil Ketua Wilayah PPTSB Sumut 1 Edison Sinaga, Ketua Wilayah PPTSB Sumsel Eduard Ihot Tua Sinaga SSi/ Br Ginting, Ketua PPTSB Cabang Toba Liber Sinaga, Pengurus PPTSB Provinsi Riau, Pengurus PPTSB Cabang Pelelawan Riau dan seluruh Pengurus PPTSB Cabang Se Provinsi Jambi. Juga hadir Artis Sinaga dari Humbahas Dompak Sinaga yang cukup terkenal dengan lagu-lagu Batak ciptaanya.
Ketum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH bersama Istri Tercinta Br Napitupulu Feat Dompak Sinaga menyumbangkan sebuah lagu Batak kenangan pada Pelantikan Pengurus Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Periode 2022-2026 yang dilaksanakan di Gedung Abadi Convention Center (ACC) Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Pasar, Kota Jambi, Minggu 20 Februari 2022. (Foto: Asenk Lee Saragih)


Prosesi pelantikan diawali dengan Upacara Nasional dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta yang dipimpin oleh Ketua Umum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH. Selanjutnya menyanyikan “Mars PPTSB” Ciptaan Mangihut Sinaga dinyanyikan Paduan Suara Boru Sinaga dan seluruh peserta yang hadir. 

Kemudian pembacaan Surat Keputusan Pengurus  Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Periode 2022-2026 oleh Sekjen PPTSB Pusat Eduard Sinaga. Selanjutnya pembacaan Janji dan pelantikan oleh Ketua Umum Mangihut Sinaga.

Prosesi pelantikan dilanjutkan pemberian Ulos dan Penyematan Sortali serta Hajut oleh Ketua Umum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga didampingi Istri Ketua Umum PPTSB Ny Br Napitupulu, kepada Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi yang dilantik yakni Drs Albertus Sinaga MPd dan Istri Br Bakara.

Juga penyerahan Pataka PPTSB dari  Ketua Umum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga kepada Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian Sal (Stola) Pengurus serta ucapan selamat kepada seluruh pengurus yang dilantik. 

Usai pelantikan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Panitia, Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi, Penasehat PPTSB Pusat dan Ketua Umum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH. 

Usai acara pelantikan dilanjutkan dengan makan bersama dan hiburan. Pada hiburan tampil artis Batak terkenal dan juga pencipta lagu dari keluarga PPTSB yakni Dompak Sinaga/ Br Siregar. Dompak Sinaga membawakan lagu-lagu ciptaanya yang cukup akrab bagi masyarakat Batak seperti lagu “Nunga Adong Nampuna Au”. (Silahkan singgah di Channel YouTube DOMPAK SINAGA).

Inti dari kata sambutan Ketua Panitia, Ketua Wilayah PPTSB Jambi, Perwakilan Pengurus Wilayah/Cabang yang hadir mengatakan, bahwa PPTSB harus maju dan bisa sebagai berkat bagi anggota PPTSB lainnya. Melalui PPTSB diharapkan untuk saling tolong menolong. Nantikan Video-Video Serbi Pelantikan Pengurus PPTSB Wilayah Provinsi Jambi di Channel YouTube PPTSB Se Indonesia. 
Foto Bersama usai Prosesi Pelantikan.

Susunan Pengurus Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Periode 2022-2026
Dewan Penasehat
Ketua: Uba Sinaga/ Br Sirait
Anggota: 
1.Wesly Sinaga/ Br Siburian
2.Hotman Sinaga/Br Tampubolon
3.Merdeka Sinaga/Br Simarmata
4.Humisar Sinaga/Br Sitompul
5.Amir Adin Sinaga SH/ Br Pardede (+)
6.St Amir Sinaga/Br Sitio
7.C.H Sinaga/Br Pardede
8.Gipson Sinaga/Br Hutauruk
9.Ediman Sinaga SPd/Br Gultom
10.St Marolop Sinaga/Br Sitanggang
11.St Humala Parihotan Sinaga/Br Simbolon
12.Jonias Sinaga/Br Sianturi

Ketua :Drs Albertus Sinaga, M.Pd / Br Bakara
Wakil Ketua:
1.Letkol CZI (P) Herman Sinaga/Br Silalahi
2.Hasiholan Sinaga/Br Simbolon
3.Asmen Sinaga SPd/Br Nababan

Sekretaris : Eric PH Sinaga, SE/ Br Girsang
Wakil Sekretaris: Tigor Sinaga / Br Sihotang
Bendahara : AKBP (P) E. Nainggolan / Br Sinaga
Wakil Bendahara : Robinson Sigalingging SPd / Br Sinaga

Bidang-Bidang :
1.Bidang Keanggotaan dan Organisasi :
Ketua : IPTU Janter Sinaga / Br Pasaribu
Anggota :
1.Ir.Tigor GH Sinaga/ Br Sitompul
2.Robinson Sinaga/Br Situmorang
3.St R Suwedi Sinaga/Br Butarbutar
4.Rimson Sinaga/Br Sitinjak
5.Torang S Sinaga ST/ Pdt R Br Hutahayan STh

2. Bidang Hukum dan HAM
Ketua: AIPTU Atur Parnahean Sinaga / Br Hutapea
Anggota: 
1.AIPTU Frans  Sinaga/ Br Sitorus
2.Bernard Sinaga SH MH / Br Pakpahan
3.Xaverius Pardo Sinaga SH/ Br Manalu
4.Iwan Sinaga SH/Br Purba 

3. Bidang Pendidikan dan Tenaga Kerja
Ketua : Silverius Sinaga S Kom/ Br Manik
Anggota : 
1.Friston Rayanto Sinaga SPd /Br Munthe
2.DR Rinaldy Sinaga/ Br Panjaitan
 
4. Bidang Humas dan Infokom
Ketua : Manap Sinaga/ Br Nainggolan (+)
Anggota: 
1.Rudolf Sinaga S Kom/ Br Siahaan
2.Parissan Sinaga/ Br Siahaan
3.Rosenman Manihuruk/ Br Sinaga

5. Bidang Sosial
Ketua: Sandro Sinaga / Br Nadeak
Anggota :
1.-Hotman Sinaga / Br Nababan
2.Gamal Sinaga/ Br Sidabutar
3.Lennon Johan Sinaga/ Br Manik
4.Lenson Sinaga A.Md/ Br Turnip SPd

Susunan Panitia Pengadaan Aset PPTSB Provinsi Jambi

Ketua: Tigor Sinaga / Br Sihotang
Wakil : Sandro Sinaga/ Br Nadeak
Wakil: AIPTU Atur Parnahean Sinaga / Br Hutapea
Sekretaris: Rudolf Sinaga S Kom/ Br Hutapea
Bendahara: St Sahala Manullang / Br Sinaga

Anggota: 1.Ketua PPTSB Cabang Kota Jambi
2. Ketua PPTSB Cabang Bungo-Tebo
3. Ketua PPTSB Cabang Tungkal Ulu Batang Asam-Tanjabar
4. Ketua PPTSB Cabang Tanjung Jabung Timur
5. Ketua PPTSB Cabang WKS-Tebing Tinggi-Tanjabar
6. Ketua PPTSB Cabang Tungkal Ilir Batara-Tanjabar
7. Ketua PPTSB Cabang Batanghari. 


Foto Prosesi Pelantikan Pengurus PPTSB Wilayah Prov Jambi Periode 2022-2026
























Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA