Home » , » Daftar Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021

Daftar Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021

Written By jambipos-online on Senin, 31 Januari 2022 | 11:30

Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021.

Jambipos, Jakarta
-Setelah melalui proses penjurian yang seksama, para pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 akhirnya resmi diumumkan. Pengumuman pemenang dikemas dalam Launching Hari Pers Nasional (HPN) 2022 Anugerah Adinegoro, yang disiarkan secara langsung di TVRI Nasional, Minggu (30/1/2022) malam.

Hadir Dirjen Kominfo Usman Kansong, Ketua KPI Pusat Agung Suprio, Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun, Ketua Umum PWI Pusat dan juga Penanggung Jawab HPN, Atal Sembiring Depari, Ketua KPI Pusat Agung Supri, Direktur Program dan Berita LPP TVRI Irianto, serta Sekda Pemprov Sultra Nur Endang Abbas.

"Lengkapnya Anugerah Jurnalistik Adinegoro bukan hanya sekadar Anugerah Adinegoro. Jadi ini adalah kebanggaan kalangan pers di Indonesia. Semula ini dimulai tahun 1974, diawali oleh PWI Jaya, kemudian pada tahun 2009 diangkat oleh PWI Pusat, dan menjadi lebih luas kategorinya. Sekarang ada enam, yang semula satu kategori," ulas Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro PWI Pusat, Rita Sri Hastuti menceritakan sejarah penghargaan tertinggi bagi karya jurnalistik di Tanah Air ini.

Proses penjurian berlangsung selama bulan Desember 2021 secara virtual mengingat situasi masih pandemi COVID-19.

Totalnya ada enam kategori yang dilombakan, yaitu liputan berkedalaman untuk media cetak, liputan berkedalaman untuk media siber, liputan berkedalaman untuk media televisi, liputan berkedalaman untuk media radio, foto berita untuk media cetak dan media siber, serta karikatur opini untuk media cetak dan media siber.

Daftar Pemenang: 

1. Pemenang Kategori Media Cetak oleh Andy Riza Hidayat, Dhanang David Aritonang, Insan Alfajri, Irene Sarwindaningrum dari Harian Kompas berjudul 'Berbahaya, Masker Medis Palsu Beredar di Masyarakat' yang diterbitkan 3 April 2021.

2. Untuk Kategori Media Siber dimenangi Sunariyah dan M. Ilman Nafi'an dari IDN Times.com dengan judul 'Bertaruh Nyawa, Berjuang Melawan Ganasnya COVID-19' yang diterbitkan 29 November 2021.

3. Selanjutnya, pemenang Kategori Radio adalah Taufik, Ramli, dan Dian dari RRI Sintang berjudul 'Oksigen Terakhir untuk Ayah' yang disiarkan 3 Agustus 2021.

4. Pemenang Kategori Televisi diraih oleh Miftah Faridl, Aga Dipa, Agoes Soekarno dari CNN Indonesia TV bertajuk 'Menghapus Mereka Yang Mati' yang ditayangkan 22 Oktober 2021.

5. Adapun pemenang Kategori Karikatur diraih oleh Ashady dari JPPN.com, berjudul 'Kritiklah Daku' terbitan 16 Februari 2021.

6. Kategori Foto Berita dimenangkan oleh Sigid Kurniawan dari LKBN Antara dengan judul 'Ganda Putri Indonesia Raih Emas Olimpiade' yang terbit pada 2 Agustus 2021.(JP-Relis PWI-HPN)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA