Home » , , » Gubernur Jambi H Al Haris Minta PKK Bantu Capaian Target Vaksinasi

Gubernur Jambi H Al Haris Minta PKK Bantu Capaian Target Vaksinasi

Written By jambipos-online on Senin, 06 Desember 2021 | 17:29

Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H.

Jambipos, Jambi
-Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., meminta Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi dapat membantu Pemerintah Provinsi Jambi dalam mencapai target vaksinasi. Hal tersebut disampaikan Gubernur saat membuka secara resmi Bimbingan Teknis yang diselenggarakan TP PKK Provinsi Jambi di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Senin (06/12/2021).

"Diharapkan tugas ibu PKK untuk mensosialisasikan Vaksin ini walaupun memang dalam aturannya kami itu harus berkolaborasi dilapangan, cuma mungkin kurang kuat ikatannya. Maka dari itu ada dibuat semacam kerja sama seperti MoU, sehingga ada target dalam mencapai program-program itu, dengan demikian kita punya indikator dalam penilaian," ujar Gubernur.

Gubernur Al Haris juga mengatakan bahwa patut disyukuri semua bisa  hadir dalam rangka kegiatan yaitu bimbingan teknis peningkatan kapasitas SDM kelembagaan dan tata kelola administrasi PKK Provinsi Jambi.

“Kalau kita bicara ini memang sangat berat tugasnya Bapak Ibu, hari ini negara Indonesia ini sedang dihadapkan oleh berbagai macam persoalan yang dihadapi oleh bangsa ini dan itu mau tidak mau, suka tidak suka harus melibatkan ibu-ibu PKK tentunya. Pertama kita bicara dulu persoalan bangsa yang sedang melanda kita yaitu virus Covid-19," ujar Al Haris. 

Disebutkan, tentu dalam hal ini kita diwajibkan sampai akhir Desember ini kita harus mencapai 70% vaksin tapi itu baru vaksin untuk lansia, nakes dan usia yang sudah cukup. Tetapi harus mampu melakukan vaksinasi untuk anak-anak bayi dan balita yaitu Michelle rubella, ya ini tugas bapak ibu ibu sekalian Tim Penggerak PKK karena vaksinasi ini juga menguatkan imun kita juga nanti sampai anak-anak kita terkena covid yang masih bayi dan balita itu. 

"Maka saya minta tolong dengan ibu sekalian tolong koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk vaksinasi ini bisa dilakukan di daerah masing-masing kemudian di bulan Maret April kita sudah mulai fokus dengan balita dan usia 6-12 tahun ini walaupun vaksin virus rubella ini mampu untuk menambah imunitas bayi dan balita kita itu,” kata Gubernur.

Gubernur Al Haris juga mengharapkan peranan Ibu PKK terlibat dalam perlindungan anak. “Banyak hari ini kita lihat anak-anak kita ini masih terdapat kekerasan dalam rumah tangga masih terdapat anak-anak yang menyalahgunakan yang macam-macam. Ini tugas dan tanggung jawab kita semuanya,” ucap Gubernur.

"Yang pertama kita contoh hari ini kami di masa ini orang miskin paling banyak itu ada di wilayah pasar dan perkotaan pedesaan pertama dia miskin karena kerja suaminya serabutan rumah masih ngontrak pasangan itu miskin lalu pemerintah memberikan bantuan PKH itu bentuknya apa artinya adalah pemerintah itu baru bicara perut-perut sementara mohon maaf kalau hanya diberikan makan saja mereka tidak mampu merubah status mereka dari miskin menjadi miskin pertama kami punya duit jangan tanya ada UKM usaha kreatif emak-emak ini mendukung agar bisa membina emak-emak yang miskin tadi yang tadi apa usahanya ini ada bantuan untuk mereka mereka masukkan dia ke sekolah yaitu beasiswa S1," sambung Gubernur.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj. Hesnidar Haris mengatakan bahwa pihaknya sudah melaksanakan kegiatan sosialisasi gerakan pelopor perubahan dan berdasarkan hasil rakernas ke-9 tahun 2021. 

“Dalam peraturan Permendagri artinya bahwa pemerintah benar-benar mengamati begitu besar dampak para tim penggerak PKK ditengah masyarakat yang mempunyai jaringan yang mengakar sampai ke kelompok dasawisma. PKK mempunyai jaringan paling bawah itu adalah kelompok dasa wisma yang terdiri dari 10 sampai 20 kata dalam satu kelompok ini,” ujar Ketua TP PKK.  

Hj. Hesnidar Haris juga menambahkan bahwa TP PKK Provinsi Jambi sudah menciptakan aplikasi baru untuk pendataan dasawisma selama ini permasalahan data di PKK dari dulu adalah data yang tidak akurat dan sering hilang di tengah jalan dan ini adalah permasalahan yang sudah turun-temurun. 

“Kami berterima kasih pada teman-teman yang sudah menciptakan aplikasi ini tentu saja atas kerjasama yang baik dengan kominfo maka kami sudah menciptakan aplikasi yang kami namakan  "Si Gadis Jambi (sistem informasi keluarga dasawisma Jambi) yang sudah disosialisasikan ke seluruh kabupaten kota dan dengan melatih walaupun sangat terbatas tapi sudah kami latih di seluruh kabupaten kota sebagai operator untuk memahami aplikasi. Ini adalah aplikasi yang selalu harus belajar tentang manfaat yang lebih luas,” jelas Ketua TP PKK.

Sementara itu juga, Ketua Pelaksana Hj. Iim Kurniasih Sudirman dalam paparannya mengatakan bahwa Bimtek ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kompetensi sumber daya manusia pengurus Tim Penggerak PKK sedangkan tujuan secara khusus adalah dalam upaya agar peserta memahami satu program strategis program prioritas dan program unggulan masing-masing kelompok kerja, tata kelola organisasi dan kelembagaan serta tertib administrasi PKK sesuai dengan hasil rakernas PKK tahun 2002.  Aplikasi dasawisma yang dirancang oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi bersama Dinas Kominfo Provinsi Jambi.

"Peserta kegiatan bimtek ini adalah unsur dari sekretariat bendahara ketua Pokja tim penggerak PKK kabupaten Kota dan juga dari beberapa Kecamatan serta desa kelurahan terpilih dari seluruh kabupaten kota se Provinsi Jambi disamping itu ada juga peserta dari unsur operator komputer kabupaten kota.  Nantinya akan perkuat kompetensinya dalam penggunaan aplikasi dasawisma," ujarnya. 

"Jumlah peserta keseluruhan sebanyak 220 orang yang tersebar dalam 5 lokasi dan mengikuti acara ini secara virtual yaitu di satu di ruang pola, Sekretariat PKK Provinsi Jambi, Dinas P3AP2 Provinsi Jambi, Dinas pendidikan Provinsi Jambi dan Dinas kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi. kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari yaitu pada hari ini Senin tanggal 6 Desember tahun 2021" ujarnya.

Turut hadir dalam acara ini Ketua TP PKK Provinsi Jambi , Wakil Ketua II TP PKK Provinsi Jambi Hj. Iin Kurniasih Sudirman, Wakil Ketua II dan III PKK se-kabupaten/kota Jambi, Para OPD Pemerintah Provinsi Jambi dan Para peserta BIMTEK.(JP-Diskominfo Pemprov Jambi)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA