. SKK Migas Punya Tanggung Jawab Meningkatkan Kompetensi Wartawan di Jambi | Jambipos
Home » , » SKK Migas Punya Tanggung Jawab Meningkatkan Kompetensi Wartawan di Jambi

SKK Migas Punya Tanggung Jawab Meningkatkan Kompetensi Wartawan di Jambi

Written By jambipos-online on Jumat, 24 September 2021 | 21:14

Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Arie Pangeran saat memberikan sambutan pada pembukaan UKW-PWI Provinsi Jambi Angkatan VIII dan IX Tahun  2021, di Hotel BW Luxury, Thehok Kota Jambi, Jumat (24/9/2021). (Foto: Jambipos Asenk Lee Saragih)

Jambipos, Jambi
-Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) Perwakilan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) memiliki tanggungjawab untuk meningkatkan kompetensi wartawan di Provinsi Jambi. Demi kebaikan dan kebermanfaatan kedua belah pihak, kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKM) sangat dibutuhkan untuk meningkatkan Sumber daya Manusia (SDM) pegiat jurnalis.

Kerjasama Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi dengan SKK Migas Sumbagsel dapat bersinergi dan saling menguntungkan. Keberpihakan SKK Migas tidak terlepas dari peran serta wartawan dalam menyajikan pemberitaan yang obyektif dan berimbang. 

Tidak ada berita baik dan berita buruk. Yang ada hanyalah berita dan menjadi penting untuk menuangkan dengan benar tetang sesuatu yang informatife dan edukatif didalamnya.  

  
Demikian disampaikan Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Arie Pangeran saat memberikan sambutan pada pembukaan UKW-PWI Provinsi Jambi Angkatan VIII dan IX Tahun  2021, di Hotel BW Luxury, Thehok Kota Jambi, Jumat (24/9/2021). Acara ini secara resmi di buka oleh Gubernur Jambi, diwakili oleh Asisten III Setda Provinsi Jambi, Agus Sunaryo.

Andi Arie Pangeran juga meyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PWI Provinsi Jambi atas terselenggaranya kegiatan ini ditengah pandemic Covid-19. Dan menyampaikan harapan sebesar-besarnya agar rekan-rekan wartawan Provinsi Jambi dapat terus berkoordinasi dan menjalin tali silahturahmi yang baik dengan SKK Migas - KKKS Jambi.

“Tentu sebuah tanggungjawab bagi kita semua untuk memberikan yang terbaik kedapa masyarakat dalam setiap pemberitaan yang disajikan dan ini tentunya menjadi ranah bagi wartawan. Kami harapkan semoga kegiatan UKW ini dapat berjalan dengan lancar dan kita semua dapat apa yang kita harapkan demi masa depan yang lebih jauh lebih baik lagi,” katanya.

Andi Arif Pangeran mengatakan, dengan adanya kegiatan ini dapat menjalin kerjasama yang baik antara PWI dengan Kontraktor Sektor Hulu Migas di Provinsi Jambi.

Sementara sambutan tertulis Gubernur Jambi yang dibacakan Asisten III Setda Provinsi Jambi, Agus Sunaryo mengapresiasi apa yang dilakukan PWI Provinsi Jambi untuk meningkatkan kompetensi wartawan di Jambi.

“Saya berharap wartawan yang mengikuti UKW ini mendapatkan wawasan dan meningkat kompetensinya dengan baik. Saya juga mengapresiasi pihak pendukung diselanggarakannya acara ini. Juga apresiasi kami kepada para jurnalis yang telah membuat dan memberikan informasi ke masyarakat selama ini,” katanya.

“Tentu ini juga perlu dilakukan uji kompetensi. Selain itu, juga harus didampingi kode etik jurnalistik. Sehingga kualitas jurnalistik lebih baik. Saya harapkan itu dapat diterapkan dalam melakukan penyajian berita,” katanya.

Sebelumnya Ketua PWI Jambi H Ridwan Agus Depati, menyebutkan UKW Angkatan VIII dan IX Jambi kali ini merupakan bentuk komitmen PWI Provinsi Jambi dalam meningkatkan kompetensi wartawan di Jambi.

"Saya ucapkan terimakasih kepada pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, khususnya (SKK Migas) Perwakilan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). Juga kepada seluruh panitia yang terlibat dalam mensukseskan UKW ini,” katanya.

H Ridwan Agus Depati juga berharap seluruh peserta UKM dari tingkatan Muda, Madya dan Utama lulus seratus persen. Juga disampaikan terimakasih kepada seluruh tim penguji, baik dari PWI Pusat, Dewan Pers, PWI Sumsel.

Sempat Ditunda

Sementara Ketua Panitia Pelaksana UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan VII-IX Tahun 2021, Paisal Kumar dalam laporannya menyebutkan, pelaksnaan UKW sebelumnya dijadwalkan pada Agustus 2021 lalu. Namun karena tingginya kasus Covid-19 di Kota Jambi dan perberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), pelaksanaan ditunda dan dilaksanakan Jumat-Sabtu (24/25/9/2021) dengan prokes yang ketat.

“Keseluruh pelaksanaan UKW oleh PWI Jambi ini sudah sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Pelaksanaan UKW kali ini semalam 2 hari dimulai Jumat hingga Sabtu (24-25) September 2021. Seluruh peserta sudah dites swab antigen, semua negatif Covid-19,” kata Paisal Kumar yang merupakan Pemimpin Redaksi Harian Pagi Jambi One ini.

“Atas nama seluruh panitia, saya mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, sehingga acara ini berlangsung dengan sukses. Dan semoga UKW ini memberikan manfaat dan meningkatkan kompetensi wartawan di Jambi,” katanya.

“Ada 12 pendaftar yang tidak lulus bahan administrasiari dari 60 wartawan mendaftar. Jadi tidak bisa ikut tes. Selebihnya bisa mengikuti UKW hari ini yang berjumlah 48 peserta yang terdiri dari Utama, Madya dan Muda,” tambahnya.

Disebutkan, dalam penyelenggaraan UKW ini, menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yang mana sebelum acara dimulai peserta diwajibkan telah memiliki sertifikat vaksin serta melakukan tes swab antigen.

Faisal Khumar menambahkan dari 48 peserta yang nantinya akan dibagi menjadi 8 kelas, 6 kelas untuk Anggota Muda, 1 kelas Anggota Madya, dan 1 kelas untuk Anggota Utama.
Ketua Panitia Pelaksana UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan VII-IX Tahun 2021, Paisal Kumar saat melakukan rapit test antigen, Jumat (24/9/2021). (Foto: Jambipos/ Asenk Lee Saragih) 

Pembukaan UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan VII-IX Tahun 2021 ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Provinsi Jambi yang diwakili oleh Asisten II Setda Agus Sunarya serta didampingi perwakilan Tim Penguji, Ketua PWI Provinsi Jambi, Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto, Kepala Penerangan Korem 042/Gapu Jambi, Mayor Inf RM Hatta,  Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Arie Pangeran.

Kegiatan UKW PWI Provinsi Jambi ini juga didukung kontraktor SKKMigas seperti PetroChina, Repsol, Pertamina EP, MonDor Oli Tungkal Limited. 

UKW Angkatan VIII dan IX di Jambi ini mengangkat Tema “Wujudkan Wartawan Berkualitas  dan Berkompeten di Masa Pandemi Covid-19”. Pembukaan UKW ini juga dihadiri Pengurus PWI Provinsi Jambi dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Provinsi Jambi. 

Sementara Penguji UKW Kelas Utara Yusuf M.S (Theo) dari Jakarta mengatakan, UKW menjadi salah satu kewajiban untuk peningkatan kualitas media, khususnya di Provinsi Jambi. Dia berpesan agar wartawan terus belajar dan menjalankan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). (JP-Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

Dirgahayu RI Ke 76

Dirgahayu RI Ke 76
Dra Hj Elviana MSi

JAMBI MANTAP

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai
 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA