. Mengabadikan Tradisi Nelayan Leluhur Desa Gerunggung Muarojambi Tanpa Merusak Ekosistim | Jambipos
Home » , , , » Mengabadikan Tradisi Nelayan Leluhur Desa Gerunggung Muarojambi Tanpa Merusak Ekosistim

Mengabadikan Tradisi Nelayan Leluhur Desa Gerunggung Muarojambi Tanpa Merusak Ekosistim

Written By jambipos-online on Sabtu, 21 Agustus 2021 | 09:56

Ivan Wirata Dukung Nelayan Tetap Melestarikannya
Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Muarojambi-Batanghari H Ivan Wirata ST MM MT saat menangkap ikan dalam alat "empang” di Desa Gerunggung, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi.


Jambipos, Muarojambi-Melestarikan tradisi nelayan leluhur dalam menangkap ikan secara tradisional dengan tidak merusak ekositem masih terus abadi di tengah maraknya cara modern dalam menangkap ikan. Namun masyarakat nelayan Desa Gerunggung, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi hingga kini masih mengabadikan tradisi itu.

Salah satu nelayan mencari ikan dengan cara “empang” menghalau ikan dengan jaring panjang di anak-anak Sungai Klemak di Sungai Batanghari. Jenis ikan yang didapatpun beragam, mulai dari Ikan Baung, Udang, Klemak, Lais, Patin, Lambak, Seluang dan jenis ikan lainnya.


Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Muarojambi-Batanghari H Ivan Wirata ST MM MT mengunjungi Jamain, nelayan pemilik “empang” di Desa Gerunggung, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi.
Jamain juga menceritakan sukaduka mencari ikan dengan cara tradisional “empang”. “kalau musim hujan dapatnya minim, tapi kalau musim kemarau bisa hasilnya melimpah. Jika cuaca bagus bisa mendapatkan 20 KG sehari ikan lambak dan seluang,” ujar Jamain.  

“Salah satu ciri khas masyarakat Desa Gerunggung Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi dalam menangkap ikan banyak tidak diketahui oleh orang secara umumnya. Dimana mereka melakukan aktivitas menangkap ikan ini merupakan cara tradisi lama peninggalan orang terdahulu,” ujar Ivan Wirata.

Adapun nama alat atau perangkap ikan tersebut disebut perangkap “Empang”, dimana menggunakan alat seadanya seperti bekas kayu karet yang diolah menjadi alat penarik/katrol dan jaring sebagai alat penampung ikan.

“Seperti yang kita lihat secara langsung dialiran Sungai Batanghari terdapat anak - anak sungai yang salah satunya Sungai Klemak menjadi tempat warga setempat menangkap ikan dengan cara memasang perangkap empang,” kata Ivan Wirata.

Menurut Ivan Wirata,  mereka dengan cara seperti ini, hal ini merupakan salah satu menjaga ekosistem sungai. Dimana sekarang sudah terlalu banyak tangan - tangan kotor yang merusak dan mencemari makhluk hidup yang ada di sungai, salah satunya masih banyak orang menangkap ikan dengan cara meracuni dan menggunakan alat sentrum.

“Makannya dari itu, kami berharap kedepan Perangkap Empang ini bisa terus digalakkan dan dilestarikan. Sukses terus warga Desa Gerunggung semoga apa yang di cita - citakan semoga terwujud, Aamiin,” ucap Ivan Wirata.

H Ivan Wirata yang rutin turun menyapa petani, peternak dan pelaku UMKM, terus menggali dan mempromosikan potensi yang ada di Kabupaten Muarojambi. Sosok Ivan Wirata adalah anggota dewan yang humaniora yang menggali terus potensi warga Muarojambi.

H Ivan Wirata menyapa pengrajin dari bahan baku bahan bekas di Desa Desa Gerunggung ini  diabadikan YouTuber Bung Idris dan tayang di Channel YouTube “Bincang Kito” dan Channel YouTube dan FB IVAN WIRATA. (JP-Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

Dirgahayu RI Ke 76

Dirgahayu RI Ke 76
Dra Hj Elviana MSi

JAMBI MANTAP

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Halaman FB Media Lintas Sumatera

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA