. M Mashuri Dilantik Jadi Bupati Merangin | Jambipos
Home » , , , , » M Mashuri Dilantik Jadi Bupati Merangin

M Mashuri Dilantik Jadi Bupati Merangin

Written By jambipos-online on Sabtu, 28 Agustus 2021 | 08:43

M Mashuri S.Pd, MM.

Jambipos, Merangin-
H Mashuri secara resmi dilantik menjadi Bupati Merangin devinitif, Sabtu (28/8/2021). Pelantikan dilaksanakan di Bangko, Kabupaten Merangin dengan prokes yang ketat dengan dihadiri kurang lebih dari 4 orang. Pelantikan Bupati Merangin seyogyanya berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi di Kota Provinsi Jambi, namun karena Kota Jambi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 dan tertutup, sehingga pelantikan diizinkan berlangsung di Bangko, Merangin.


Plt Bupati Merangin H Mashuri, kepada wartawan di Rumah Dinas Wabup Merangin, Jumat sore (27/8/2021) mengatakan, izin pelantikan dikabulkan Kemendagri. Tapi dengan syarat harus mampu menerapkan protokol Kesehatan (Prokes) yang sangat ketat sekali.

Kemendagri menekankan jumlah orang yang hadir dalam ruangan acara pelantikan itu, tidak lebih dari 25 orang. Jumlah itu sudah termasuk dengan bupati yang dilantik. Harus bermasker dengan jarak yang sangat ditentukan.

Acara pelantikan Bupati Merangin yang rencananya akan berlangsung pada Sabtu (28/8/2021) sekitar pukul 14.00 WIB tersebut, sepenuhnya menjadi wewenang dan tanggungjawab Biro Pemerintahan Provinsi Jambi.

‘’Semua acara diatur langsung oleh Protokol Provinsi Jambi, kita hanya menyediakan tempat dan konsumsinya saja. Jadi posisi kita hanya manut-manut saja,’’terang Plt Bupati Merangin.

Pihak keluarga, masyarakat, pejabat dan para Aparatur Sipil Negera yang akan menyaksikan acara pelantikan itu, semua tetap bisa mengikuti jalannya acara pelantikan tersebut.

‘’Dinas Komunikasi dan Informatikan Merangin, menyediakan meeting atau video conference, dengan Meeting ID: 658 933 3140 Passcode: merangin, sehingga semua bisa mengikuti acara ini,’’jelas H Mashuri.

Plt Bupati Merangin H Mashuri minta maaf kepada seluruh lapisan masyarakat Merangin dan keluarga besarnya, karena tidak bisa mengundang untuk hadir langsung di lokasi acara, disebabkan aturan yang sangat mengikat.

Jadi Pelaksana Tugas

H Mashuri sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Merangin yang berpasangan dengan H Al Haris dengan masa jabatan Bupati-Wakil Bupati Periode 2018-2023. 

Kemudian H Al Haris resmi serahkan memori jabatan ke H Mashuri di Auditoriun Rumah Dinas Bupati Merangin, Sabtu malam 10 Juli 2021, setelah Al Haris resmi menjabat Gubernur Jambi Periode 2021-2024. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Al Haris sebagai Gubernur Jambi dan Abdullah Sani sebagai Wakil Gubernur Jambi di Istana Negara, Rabu (7/7/2021) berdasarkan Keputusan Presiden nomor 93P tahun 2021 tentang pemberhentian pejabat Gubernur Jambi dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur Jambi dan Wagub Jambi. Pasangan Haris-Sani merupakan pemenang pemilihan gubernur dan wagub Jambi pada 2020 lalu. 

Pada acara  Serah terima memori jabatan itu, Gubernur Jambi sekaligus menyerahkan  barang milik daerah yang selama ini dipakainya, seperti mobil dinas dan rumah dinas kepada Plt Bupati Merangin H Mashuri.

Selanjutnya DPRD Merangin melakukan langkah gerak cepat dalam proses pengajuan pengangkatan H Mashuri menjadi bupati Merangin. Wakil Ketua DPRD Merangin Ahmad Kausari, usai rapat peripurna pemberhentian H Mashuri sebagai Wakil Bupati Merangin dan mengusulkannya menjadi Bupati Merangin, Kamis sore (15/7/2021).

Kerja cepat DPRD Kabupaten Merangin mengingat pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah-Perubahan (APBD-P) dan APBD murni sudah ‘di depan mata’, sehingga diperlukan seorang bupati devenitif.

H Mashuri menilai jabatan yang akan diberikan kepadanya itu, merupakan amanah dari Allah dan kepercayaan masyarakat melalui DPRD Merangin, untuk itu amanah tersebut harus dijalankan dengan tulus dan penuh tanggungjawab.

“Bagi saya ini merupakan ujian, untuk itu saya akan jaga amanah ini. Mari kita sama-sama bersinergi membangun negeri Merangin untuk kesejahteraan masyarakat Merangin,’’ terang H Mashuri.
M Mashuri S.Pd, MM

Profile M Mashuri S.Pd, MM

Lahir: 07 September 1958, (63 Tahun) Klaten, Jawa Tengah
Kebangsaan: Indonesia
Istri : Hj. Nurhaida 
Anak : Redhi Kaunang A.S, Rency Ayu Mahfudza (Almh), Rezha Mashuri A.S, SE-M Jamil Priska
Almamater  : STKIP YPM Bangko -Universitas Putra Indonesia
Pofesi: Birokrat

KEHIDUPAN PRIBADI

H Mashuri, S.Pd. MM menikahi seorang ibu rumah tangga bernama Hj. Nurhaida. Mereka dikaruniai 4 orang anak, yaitu Redhi Kaunang A.S, Rency Ayu Mahfudza (Almh), Rezha Mashuri A.S, SE dan M Jamil Priska A.S.

RIWAYAT PENDIDIKAN

Mashuri memulai pendidikannya di SD Negeri No.207 Klaten, Provinsi Jawa Tengah, hingga lulus tahun 1969. Ia melanjutkan ke SMP Muhammad I Prambanan, D.I Yogyakarta hingga lulus tahun 1973. Pada tahun 1976, ia menamatkan pendidikan menengahnya di SMA Negeri 2 Klaten Jawa Tengah. 

Mashuri kemudian melanjutkan pendidikannya ke STKIP YPM Bangko, berhasil diwisuda 1998. Pendidikan Mashuri kemudian terus belanjut ke Universitas Putra Indonesia untuk jenjang pendidikan S2, berhasil lulus pada 2010.

KARIR

Mashuri mengawali kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 1979, sebagai guru di SLTP Negeri I Bangko, kemudian diangkat menjadi Guru SMA Negeri I Bangko. Berkat keuletan dan kegigihannya dalam bekerja, karier putra asli Jawa ini meningkat menjadi Pengawas Sekolah Muda pada 2001.

Pejabat yang dikenal berdisiplin tinggi dalam bekerja dan tangguh dalam memajukan dunia pendidikan tersebut, pada 2008 dilantik menjadi Pengawas  untuk pendidikan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin.

Ilmu pendidikan Mashuri kian kental, sehingga dipercaya sebagai Kepala Sekolah SMK Negeri I Bangko. Karier suami  Hj. Nurhaida dibidang pendidikan semakin bagus, sehingga diangkat menjadi Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin pada 2019.

Karier Mashuri tidak hanya terfokus ke dunia pendidikan, pada 2013 ia dipercaya untuk menduduki jabatan Kepala Bagian Organisasi Setda Merangin. Ilmunya kian mengembang ke bidang-bidang lain dan dipercaya sebagai Sekretaris Dinas Kopersi dan Perdagangan Merangin.

Tidak hanya itu, berkat berbagai inovasi yang dilakukan terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Merangin, pada 2015 ia dipercaya menduduki jabatan Kepala Dinas Pendidikan Merangin.

Karier ayah dari Redhi Kaunang A.S, Rency Ayu Mahfudza (Almh), Rezha Mashuri A.S, SE dan M Jamil Priska A.S ini tidak cukup sampai disitu, pada 2017 dipecaya sebagai Staf Ahli Bupati bidang kemasyarakatan dan SDM.

Pada 2018 Mashuri merasa terpanggil untuk membangun Kabupaten Merangin dengan mengikuti Pilkada Merangin 2018 mendampingi H Al Haris, S.Sos. MH. Alhamdulillah berhasil terpilih menjadi pasangan Bupati Merangin periode 2018-2023.

Hari ini Sabtu 28 Agustus 2021 M Mashuri dilantik sebagai Bupati Merangin devinitif untuk menghabiskan masa jabatan hingga Tahun 2023 mendatang. Selamat Berbakti Untuk Ramyat Merangin. (Berbagaisumber/Asenk Lee Saragih)


Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

Dirgahayu RI Ke 76

Dirgahayu RI Ke 76
Dra Hj Elviana MSi

JAMBI MANTAP

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Halaman FB Media Lintas Sumatera

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA