. Bibit Lele Sangkurian di Kota Jambi | Jambipos
Home » , , , » Bibit Lele Sangkurian di Kota Jambi

Bibit Lele Sangkurian di Kota Jambi

Written By jambipos-online on Jumat, 27 Agustus 2021 | 17:42

Bibit Lele Sangkurian di Kota Jambi.

Jambipos, Jambi-
Selain sibuk sebagai Anggota DPRD Provinsi Jambi, ternyata H Ivan Wirata ST MM MT masih meluangkan waktunya untuk mengurusi pembibitan Lele Jenis Sangkuriang di lokasi depan rumah tempat tinggalnya di di Jalan Perdana Raya Lorong Sidodadi No 06 RT 05 Kelurahan Paal V Kotabaru, Kota Jambi.

Lele menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki prospek yang terus meningkat setiap waktunya. Tentu untuk Anda yang ingin memulai usaha ternak ikan lele, ingin mengetahui harga bibit ikan lele saat ini.

Bibit ikan lele sekarang ini banyak dibutuhkan, sejalan dengan banyaknya permintaan ikan lele yang semakin banyak dibudidayakan juga. Tentu menambah peluang bagi beberapa orang untuk mencoba peruntungan dibidang agribisnis perikanan air tawar.

Tentu saja dalam memulai bisnis ikan air tawar inilah, yang dibutuhkan adalah memilih bibit ikan yang tepat. Terlebih untuk Anda yang pemula, yang ingin memulai bisnis ikan lele dengan kualitas terbaik.

Tidak hanya dari sisi untuk budidaya saja, ikan lele menjadi komoditas air tawar yang stabil saat ini, bahkan menjadi komoditas yang paling banyak dibutuhkan setiap harinya. Tentu ini menjadi peluang bagus untuk Anda yang sudah terbiasa dalam bisnis pembibitan.

Bisnis pembibitan ikan air tawar inilah mendatangkan keuntungan tambahan, yang tentunya bisa menjadi prospek bisnis yang menarik kedepannya . Kisaran harga serta prospek harga kedepannya juga menjadi salah satu hal yang penting anda ketahui.

Potensi Pasar Bibit Ikan Lele

Selama tahun 2020, tercatat banyak sekali masyarakat yang melakukan urban farming atau bercocok tanam dirumah. Hal ini tidak hanya meningkatkan dari skala menanam sayuran atau buah-buahan saja, namun dari sisi memelihara ikan konsumsi juga meningkat.

Salah satunya untuk skala pemula budidaya ikan lele dalam ember maupun untuk yang ingin mengembangkannya dalam skala bisnis, bisa menjadi ternak ikan lele di kolam terpal. Belum lagi yang saat ini sangat banyak digandrungi yaitu budikdamber dengan sayuran kangkung.

Tentu semakin memperlihatkan potensi yang menarik untuk para pembudidaya bibit ikan air tawar khususnya semakin meningkatkan market dan kualitasnya.

Bibit ikan lele ini memang sangat potensial, sebab permintaan untuk skala pemula misalnya bisa berkisar 50 sampai 100 ekor bibit ikan lele. Hal ini juga tergantung dengan kapasitas budidaya yang dilakukan setiap peternak.

Untuk skala budidaya besar bisa lebih dari 1000 ekor bibit ikan lele untuk kebutuhan kolam tanah, kolam bioflok maupun jenis kolam lainnya.

Melihat potensi pasarnya yang tidak hanya berkembang dari skala budidaya besar saja, untuk saat ini banyak skala pemula atau rumahan yang memulai membudidayakan ikan lele untuk konsumsi pribadi.

Belum lagi jika ikan lele juga bisa memenuhi skala ekspor, tentu saja untuk negara-negara tetangga Indonesia bisa untuk menjadi potensi pasar bibit ikan lele.

Sebab ikan lele menjadi ikan konsumsi yang memiliki permintaan relative banyak, dan cenderung meningkat seiring waktu. Ini tentu saja dipengaruhi oleh rata-rata harga ikan konsumsi yang paling terjangkau.

Bisnis Pembibitan Ikan Lele

Cukup jelas terlihat potensi pasarnya yang semakin luas, tertarik untuk mencoba bisnis pembibitan ikan lele? Tentu saja ada segi mudah dan tidaknya.

Untuk Anda pemula yang ingin terjun pada bisnis pembibitan ikan lele, ada beberapa hal yang diperhatikan yaitu dapat memenuhi syarat Cara Pembenihan Ikan Yang Baik (CPIB) dalam bentuk sertifikat yang dapat menjamin mutu kualitas bibit yang dijual.

Ikan air tawar yang memiliki tingkat konsumsi paling banyak salah satunya ikan lele ini memang memiliki potensi yang menarik. Ada beberapa hal yang diperhatikan dalam melakukan bisnis pembibitan ikan lele.

Diantaranya, menyiapkan kolam pembibitan (ukuran dan luasnya sesuaikan dengan kebutuhan). Pemilihan indukan ikan lele (memiliki matang gonad di tandai perut lembek dan buncit, alat kelamin merah). Melakukan teknik pemijahan indukan lele (dengan pembedahan induk jantan untuk diambil kantung spermanya dan pengurutan pada induk betina). (sumber: KKP. 2020).

Proses pembibitan ikan lele yang baik dan benar, tentu akan berdampak dengan hasil bibit ikan lele yang didapatkan. Bibit ikan lele yang memiliki kualifikasi bagus tentu saja akan memiliki harga jual yang setara dengan kualitasnya.

Beberapa jenis ikan lele yang bisa menjadi prospek pembibitan antara lain: Lele sangkuriang, Lele Mutiara, Lele Dumbo, Lele Jawa/lokal, Lele Phyton. (Sumber: www.goodnewsfromindonesia.id).

Dari kelima jenis tersebut adalah jenis lele yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia, dan tergolong bisa dikembangkan disini. Untuk kebanyakan yang dijual dipasaran adalah jenis lele mutiara dan lele lokal.

Tentu hal tersebut kembali pada kualitas pasar yang Anda inginkan, sebab jika Anda ingin menjadi supplier atau penyuplai kebutuhan budidaya ikan lele lokal atau standar pasar tradisonal maka jenis lele lokal dan juga mutiara ini cocok.

Sekarang ini yang tidak kalah populer dipasaran juga, banyak orang pembudidaya pemula yang menyasar pasar lele dumbo dan lele sangkuriang. Dari rate harga, ini memang agak diatas lele lokal.

Lele Sangkuriang misalnya adalah salah satu jenis perbaikan genetic dari lele dumbo oleh Balai Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT). Salah satu kelebihan dari lele sangkuriang inilah yang menjadikan jumlah telur yang dihasilkan lebih banyak.

Nah sekarang Anda bisa menentukkan sendiri jenis bibit ikan yang tepat seperti apa, semua tergantung dengan target pasar yang dibutuhkan. Untuk membuat bisnis pembibitan ikan lele yang sesuai pastikan Anda mengetahui beberapa hal antara lain: Permintaan ikan lele didaerah Anda atau wilayah Anda. Mengenali pembudidaya skala besar dan pemula disekitar daerah Anda. Mengetahui tempat jual bibit ikan lele yang tepat.

Dari ketiga hal tersebut, Anda akan mengetahui potensi pasar atau jenis ikan lele yang sesuai untuk dikembangkan. Mulai dari prospek wilayah lokal atau sekitar tempat tinggal Anda, dengan begitu anda lebih mudah mengembangkan bisnis pembibitan ikan lele.(JP-Berbagaisumber/Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

Dirgahayu RI Ke 76

Dirgahayu RI Ke 76
Dra Hj Elviana MSi

JAMBI MANTAP

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Halaman FB Media Lintas Sumatera

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA