Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Reses di Desa Talang Bukit, Akhmat Taufik Perjuangkan Pembangunan Taman Desa dan Replanting Sawit

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muarojambi Akhmat Taufik Dapil Bahar Barat Fraksi Gerindra saat reses Anggota DPRD Kabupaten Muarojambi Tahun 2021 di Desa Talang Bukit, Kecamatan Bahar Utara, Rabu (14/7/2021). (Foto-Foto: Asenk Lee Saragih)

Jambipos, Muarojambi-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muarojambi Akhmat Taufik berjanji akan memperjuangkan pembangunan taman desa yang sempat tertunda selama dua tahun. Taman desa yang rencananya dibangun di depan Kantor Desa Talang Bukit, Kecamatan Bahar Utara, Kabupaten Muarojambi itu dianggarkan sebesar Rp 1,4 Miliar. 

Akhmat Taufik juga memohon kepada Ketua DPRD Kabupaten Muarojambi Yuli Setia Bakti untuk menyetujui anggaran yang telah diajukan pihak desa selama dua tahun terakhir. Hingga kini dana yang sudah ada masih Rp 400 Juta.

Hal itu diungkapkan  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muarojambi Akhmat Taufik Dapil Bahar Barat Fraksi Gerindra saat reses Anggota DPRD Kabupaten Muarojambi Tahun 2021 di Desa Talang Bukit, Kecamatan Bahar Utara, Rabu (14/7/2021). 
Akhmat Taufik (kiri) dan H Ivan Wirata saat meninjau tanaman holtikultura jagung di lahan tumpang sari replanting sawit Desa Talang Bukit, Kecamatan Bahar Utara, Kabupaten Muarojambi, Rabu (14/7/2021). (Foto Asenk Lee Saragih) 

Reses yang dipusatkan di halaman Kantor Desa Talang Bukit ini dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Muarojambi-Batanghari H Ivan Wirata ST MM MT, anggota kelompok tani Desa Talang Bukit, Camat Bahar Utara Samdiya, Sekdis Perkin Muarojambi Sargawi, Sekwan DPRD Muarojambi Ridwan, Ketua DPRD Kabupaten Muarojambi Yuli Setia Bakti dan Maneger PT Selamat Mandiri Pratama selaku mitra kelompok tani perkebunan sawit rakyat (PSR) dan Ketua Organisasi Jaringan Pendampingan Kebijakan Pembangunan (JPKP) Kabupaten Muarojambi Hendra Nasution dan rekan serta Mahasiswa UIN Jambi yang lagi Kukerta.

“Saya sejak tahun 2020 sudah berjuang untuk ketok palu anggaran Rp 1,4 M untuk pembangunan taman desa di depan kantor desa. Namun pada rapat panggar, saya kalah voting oleh Anggota Fraksi PDIP DPRD Muarojambi. Jadi saya mohon kepada pak Ketua DPRD Kabupaten Muarojambi Yuli Setia Bakti agar bisa meloloskan anggaran tersebut,” kata Akhmat Taufik.

Selain berjuang untuk anggaran taman desa, Akhmat Taufik juga memperjuangkan dana replanting kelapa sawit bagi anggota gabungan kelompok tani (Gapoktan) Budi Makmur Jaya Bangkit yang diketuai Bambang Sriyono. 

Menurut Akhmat Taufik dana replanting kelapa sawit PSR yang sudah ada dari pusat yakni untuk luar 57 hektar tahap pertama dan 100 hektare tahap dua dengan jumlah dana mencapai Rp 3,5 Miliar.

Sebelumnya pada kesempatan itu Kades Talang Bukit Tolim memohon agar anggaran Rp 1,4 Miliar untuk pembangunan taman desa bisa direalisasikan. Dia juga memohon dukungan dari Ketua DPRD Kabupaten Muarojambi dan Anggota DPRD Kabupaten Muarojambi Akhmat Taufik.

Pada kesempatan itu Anggota DPRD Provinsi Jambi H Ivan Wirata juga memberikan sambutan mengenai replanting (remajakan) kelapa sawit milik petani. Dirinya meminta agar petani sawit yang memiliki lahan yang sudah tua agar segera diremajakan dengan melakukan tumpang sari holtikultura.

“Saya bersama Pak Akhmat Taufik sudah melihat tanaman jagung hasil tumpangsari dilahan replanting milik petani. Hasilnya bagus dan bisa menguntungkan disaat menunggu sawit panen. Pola tumpang sari ini sangat bagus. Jadi petani sawit jangan takut untuk melakukan replanting,” kata Ivan Wirata sembari menunjukkan jagung hasil panen.

Disisi lain Ivan Wirata juga menyinggung soal dampak ekonomi masyarakat akibat pandemic covid-19 yang belum tersentuh dengan baik oleh pemerintah.

“Banyaknya persoalan dimasa pandemi ini yang menjadi aspirasi masyarakat mulai dari ekonomi kerakyatan hingga fasilitas prasarana infrastruktur desa yang belum pernah terjamah oleh pemerintah. Tentu hal ini menjadi bahan pokok pikiran bagi kami bagaimana mengupayakan realisasi yang di inginkan oleh masyarakat desa tersebut,” kata Ivan Wirata. 

“Namun yakinlah semoga apa yang dicita-citakan oleh masyarakat secara perlahan akan segera di tangani. Dengan adanya berbagai usulan seperti persoalan batas jalan, pembangunan jalan dan lampu penerangan jalan akan menjadi bahan prioritas yang akan kami sampaikan kepada Gubernur Jambi yang juga menggelontorkan program dua miliar satu kecamatan “Dumisake”,” tambah Ivan Wirata.

H Ivan Wirata juga berjanji untuk memperjuangkan anggaran pembangunan jalan bertatus provinsi yang ada di Kabupaten Muarojambi. Juga anggaran untuk jalan usaha tani (JUT) di Kecamatan Bahar Utara secara khusus dan Kabupaten Muarojambi pada umumnya.  

“Meski kami lain partai, saya selalu berkolaborasi dengan Pak Akhmat Taufik dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat, baik di dewan kabupaten dan provinsi,” ujar Ivan Wirata yang juga mantan kadis PUPR Provinsi Jambi ini.

Usai pelaksanaan reses tersebut, Akhmat Taufik menjamu undangan makan siang dikediamannya di Desa Talang Bukit, Kecamatan Bahar Utara, Kabupaten Muarojambi. Kemudian H Ivan Wirata melanjutkan reses ke Desa Ibru, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi. 

Kunjungan reses Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muarojambi Fraksi Gerindra Akhmat Taufik di Desa Talang Bukit diabadikan YouTuber Bung Idris dan akan tayang di Channel YouTube “Bincang Kito”.(JP-Asenk Lee Saragih)

Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Muarojambi-Batanghari H Ivan Wirata ST MM MT.
 H Ivan Wirata saat meninjau tanaman holtikultura jagung di lahan tumpang sari replanting sawit Desa Talang Bukit, Kecamatan Bahar Utara, Kabupaten Muarojambi, Rabu (14/7/2021). (Foto Asenk Lee Saragih)

Akhmat Taufik (kiri) dan H Ivan Wirata saat meninjau tanaman holtikultura jagung di lahan tumpang sari replanting sawit Desa Talang Bukit, Kecamatan Bahar Utara, Kabupaten Muarojambi, Rabu (14/7/2021). (Foto Asenk Lee Saragih)







Rencana lokasi taman desa didepan Kantor Desa Talang Bukit.







Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar