Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Ponpes Miftahun Najah Desa Tangkit Kabupaten Muarojambi Budidayakan Pisang Cavendish

H Ivan Wirata ST MM MT (kemeja putih kedua dari kanan) usai melakukan dialog dengan warga pada reses Anggota DPRD Provinsi Jambi Tahun 2021 di Desa Tangkit, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi, mengunjungi Ponpes Miftahun Najah Desa Tangkit,Selasa (13/7/2021).(Foto: Asenk Lee Saragih) 

Jambipos, Muarojambi
-Pondok Pesantren Miftahun Najah Desa Tangkit Kabupaten Muarojambi kini mengembangkan tanaman pisang Cavendish, pisang jenis ekspor di areal pondok. Pengelolaan tanaman pisang ini ditangani oleh para guru dan siswa Pondok Pesantren Miftahun Najah tersebut dengan luas 4 hektar dengan 3500 batang pisang Cavendish.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi Fraksi Golkar Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Muarojambi-Batanghari H Ivan Wirata ST MM MT usai melakukan dialog dengan warga pada reses Anggota DPRD Provinsi Jambi Tahun 2021 di Desa Tangkit, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi, Selasa (13/7/2021) mengunjungi Ponpes Miftahun Najah Desa Tangkit. 

Reses DPRD Provinsi Jambi H Ivan Wirata kali ini mengangkat tema “Melalui reses mari kita jalin silaturahmi dalam rangka menampung dan menjemput aspirasi masyarakat”. Reses dipusatkan di Rumah Bunda Een Ruhaenah, Ketua PC Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi di Desa Tangkit. 

Usai dari titik kumpul warga reses, kemudian H Ivan Wirata juga mengunjungi Pondok Pesantren Miftahun Najah Desa Tangkit yang berhasil melakukan budidaya pisang Cavendish yang bibitnya berasal dari Lampung. Lahan kebun pisang di Pondok Pesantren Miftahun Najah dikelola sendiri dan hasilnya untuk biaya anak didik dan guru-guru.

“Alhamdulillah Wasyukrulillah pada kesempatan itu saya mendapat undangan bersilaturahmi di Pondok Pesantren Miftahun Najah Desa Tangkit Kabupaten Muarojambi. Hal itu ketika di acara reses DPRD Provinsi Jambi salah satu pengurus pondok pesantren menceritakan potensi yang luar biasa yang ada di Pondok Pesantren tersebut yakni adanya tanaman buah tropis yang sangat populer di dunia yang lebih di kenal PISANG CAVENDISH,” ujar Ivan Wirata.

“Dapat diketahui, tujuan pondok pesantren selain membudidayakan Pisang Cavendish, juga merupakan salah satu sarana kemandirian dalam mengahsilkan keuntungan untuk pembiayaan jalannya Pondok Pesantren Miftahun Najah,” tambah Ivan Wirata yang kini mnejabat Ketua DPD II Partai Golkar Muarojambi ini.

Disamping itu, kata Ivan Wirata, budidaya Pisang Cavendish ini di baru satu - satunya yang ada di Sumatera yakni di Provinsi Jambi di Desa Tangkit Kabupaten Muarojambi.

“Kini pisang tersebut sudah mulai digarap oleh provinsi seperti Provinsi Riau melalui pola kemitraan Provinsi Riau juga turut membudidaya pisang cavendish. Menakjubkan bukan, provinsi lain untuk mendapatkan bibit pisang tersebut harus ke Jambi dulu,” kata Ivan Wirata.

Kunjungan dalam reses Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Muarojambi H Ivan Wirata ST MM MT di Desa Tangkit diabadikan YouTuber Bung Idris dan tayang di Channel YouTube “Bincang Kito” dan Channel YouTube IVAN WIRATA. (JP-Asenk Lee Saragih)



Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar