. Ivan Wirata: Butuh Kelompok Tani Berbadan Hukum Guna Pengembangan Komuditas di Muarojambi | Jambipos
Home » , , , , , » Ivan Wirata: Butuh Kelompok Tani Berbadan Hukum Guna Pengembangan Komuditas di Muarojambi

Ivan Wirata: Butuh Kelompok Tani Berbadan Hukum Guna Pengembangan Komuditas di Muarojambi

Written By jambipos-online on Selasa, 13 Juli 2021 | 22:41

H Ivan Wirata (tengah) pagi hari, Selasa (13/7/2021) mengunjungi lahan pertanian sayuran milik Pak Subawi yang istrinya berjulan jamu keliling. Pada kesempatan ini H Ivan Wirata berbincang-bincang soal keterbatasan lahan dan belum adanya kelompok tani. (Foto: Asenk Lee Saragih)

Jambipos, Muarojambi-Keberadaan kelompok tani yang berbadan hukum hingga kini masih sangat minim di Kabupaten Muarojambi. Petani atau pelaku UMKM masih bergerak sendiri sendiri sehingga sulit untukm melakukan pendampingan, baik pembinaan juga dalam penyaluran pembiyaaan.

Petani, peternak, pelaku usaha rumah tangga lainnya masih berjuang sendiri-sendiri dengan modal terbatas dan hasil produksi yang terbatas. Padahal jika warga atau petani memiliki kelompok tani yang berbadan hukum atau koperasi, bisa mempermudah pemerintah atau pihak lain dalam melakukan intervensi permodalan atau pendampingan penyuluhan dan bantuan modal.

Namun selama ini persoalan keberadaan kelompok tani berbadan hukum dan koperasi berbadan hukum bagi pelaku UMKM masih sangat minim di Kabupaten Muarojambi. Pemerintah daerah Kabupaten Muarojambi masih terkesan adanya “pembiaran” bagi keberadaan petani, peternak dan pelaku UMKM di Kabupaten Muarojambi.
Anggota DPRD Provinsi Jambi Fraksi Golkar Dapil Kabupaten Muarojambi-Batanghari H Ivan Wirata ST MM MT saat dialog dengan warga pada reses Anggota DPRD Provinsi Jambi Tahun 2021 di Desa Tangkit, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi, Selasa (13/7/2021). (Foto-Foto: Asenk Lee Saragih)


Hal itu dijelaskan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi Fraksi Golkar Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Muarojambi-Batanghari H Ivan Wirata ST MM MT saat dialog dengan warga pada reses Anggota DPRD Provinsi Jambi Tahun 2021 di Desa Tangkit, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi, Selasa (13/7/2021). 

Reses DPRD Provinsi Jambi H Ivan Wirata kali ini mengangkat tema “Melalui reses mari kita jalin silaturahmi dalam rangka menampung dan menjemput aspirasi masyarakat”. Reses dipusatkan di Rumah Bunda Een Ruhaenah, Ketua PC Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi di Desa Tangkit. 

Menurut H Ivan Wirata, masa reses merupakan masa penting yang sejatinya adalah kewajiban yang dilakukan anggota DPRD setiap tiga bulan sekali, untuk turun ke Dapil bertemu konstituen guna menjaring semua aspirasi masyarakat.

“Reses adalah masa dimana DPRD melakukan kegiatan di luar masa sidang, terutama di luar gedung DPRD. Baik yang dilakukan anggota DPRD secara perseorangan maupun secara berkelompok untuk mengunjungi daerah pemilihanya guna menyerap aspirasi masyarakat,” ujar H Ivan Wirata dihadapan warga dari berbagai RT yang hadir pada reses di Desa Tangkit.

Pada sesi dialog, warga mengutarakan berbagai persoalan dan usulan seperti persoalan jalan, sarana aliran listrik, lampu penerangan jalan, permodalan hingga penyuluhan pertanian dan juga soal tanah wakaf untuk pemakam umum serta persoalan ekonomi warga selama pandemic covid-19.

Seperti diutarakan Triadi yang mengusulkan pengembangan pembibitan ternak kambing di Muarojambi. Selama ini kebutuhan daging kambing di Kota Jambi dan Muarojambi masih didatangkan dari Lampung. 

“Setelah saya kolkulasi untuk Kota Jambi dan Muarojambi dalam perminggu itu kambing yang masuk dari Lampung sekitar 350 ekor. Saya juga sudah melakukan kemitraan dengan sejumlah pihak, namun dukungan dari pemerintah belum ada. Dalam satu kelompok peternakan diharapkan ada bantuan 50 ekor dengan sistim bagi hasil dengan pemerintah. Saya yakin Jambi bisa menjadi produsen ternak kambing nomor dua setelah Lampung di Sumatera,” ujar Triadi.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Tangkit, Supahdi juga memohon kepada H Ivan Wirata untuk bisa membantu merealisasikan segala bentuk proposal pembangunan yang diajukan dari Desa Tangkit, baik di DPRD Kabupaten Muarojambi maupun DPRD Provinsi Jambi. 

Bunda Een Ruhaenah selaku tuan rumah reses H Ivan Wirata yang didampingi Anggota DPRD Kabupaten Muarojambi Fraksi Golkar Andi Amirudin mengatakan terimakasih kepada H Ivan Wirata yang mempercayakan kediamannya sebagai titik kumpul warag pada reses tersebut. Bunda Een Ruhaenah juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga yang hadir dan patuh dalam prokes covid-19.

Menyapa Warga

Sebelum melakukan dialog dengan warga Desa Tangkit di kediaman Bunda Een Ruhaenah, Ivan Wirata pagi hari mengunjungi lahan pertanian sayuran milik Pak Subawi yang istrinya berjulan jamu keliling. Pada kesempatan ini H Ivan Wirata berbincang-bincang soal keterbatasan lahan dan belum adanya kelompok tani. 

Ditempat yang tidak jauh dari lahan sayur Pak Subawi, H Ivan Wirata didampingi Bunda Een Ruhaenah juga mengunjungi Ibu Sumarni, seorang pengrajin keripik cemilan Merek “Ma Ee” di Desa Tangkit. Ditempat ini, H Ivan Wirata juga berbincang banyak soal produk rumahan ini dan peluang usahanya dalam menambang penghasilan keluarga.

Usai mengunjungi Pengrajin Keripik Daun Bayam dan Keripik Singkong manis pedas milik Sumarni, Ivan Wirata melanjutkan menyapa peternak kambing yakni Mas Udin di RT 10 Desa Tangkit, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi. 

Ditempat ini juga Ivan Wirata banyak berbincang soal peluang usaha peternakan dan pedagang kambing yang digeluti Mas Udin. Kata Mas Udin, beternak kambing lebih mudah karena pakannya gratis dengan mengambil rerumputan. 

Usai dari titik kumpul warga reses, kemudian H Ivan Wirata juga mengunjungi Pondok Pesantren Miftahun Najah Desa Tangkit yang berhasil melakukan budidaya pisang Cavendish yang bibitnya berasal dari Lampung. Lahan kebun pisang di Pondok Pesantren Miftahun Najah dikelola sendiri dan hasilnya untuk biaya anak didik dan guru-guru.

Kunjungan dalam reses Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Muarojambi H Ivan Wirata ST MM MT di Desa Tangkit diabadikan YouTuber Bung Idris dan akan tayang di Channel YouTube “Bincang Kito”.(JP-Asenk Lee Saragih)
















Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

JAMBI MANTAP

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Halaman FB Media Lintas Sumatera

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA