. Provinsi Jambi Raih Kembali Opini WTP | Jambipos
Home » , , » Provinsi Jambi Raih Kembali Opini WTP

Provinsi Jambi Raih Kembali Opini WTP

Written By jambipos-online on Rabu, 02 Juni 2021 | 08:52

Anggota V Badan Pengawas Keuangan (BPK) RI, Prof Dr Bahrullah Akbar (empat dari kiri) disaksikan Penjabat (Pj) Gubernur Jambi, Dr Hari Nur Cahya Murni, MSi (tiga dari kiri) menyerahkan dokumen opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pengelolaan keuangan Pemprov Jambi 2020 kepada Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto (tiga dari kanan) pada rapat paripurna DPRD Provinsi Jambi di gedung DPRD Provinsi Jambi, Rabu (2/6/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi)

Jambipos, Jambi
-Pengelolaan anggaran pembangunan di Provinsi Jambi semakin sempurna menyusul dilakukannnya pembenahan-pembenahan serius dalam penatalayanan keuangan atau anggaran pembangunan pemerintah daerah tersebut. Perbaikan penatalayanan anggaran pembangunan tersebut mengantarkan Provinsi Jambi kembali meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terkait laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2020.

Penilaian tersebut dilakukan Badan Pengawas Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jambi. Penyerahan dokumen WTP tersebut diserahkan Anggota V BPK RI, Prof Dr Bahrullah Akbar kepada Penjabat (Pj) Gubernur Jambi, Dr Hari Nur Cahya Murni, MSi pada rapat paripurna DPRD Provinsi Jambi di gedung DPRD Provinsi Jambi, Rabu (2/6/2021)

Hari Nur Cahya Murni pada kesempatan tersebut mengatakan, prestasi meraih opini WTP tahun ini menjadikan Pemprov Jambi sebagai salah satu daerah yang sudah sudah sembilan kali berturut-turut meraih opini WTP dari BPK RI. Capain tersebut merupakan cerminan upaya yang konsisten dan berkesinambungan dalam mengelola keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Jambi.

Menurut Hari Nur Cahya Murni, setiap instansi, termasuk pemerintah daerah wajib menyusun laporan keuangan dengan baik, sehingga tergambar kondisi dan kinerja keuangan di lingkungan kerja masing-masing. Penyusunan laporan keuangan yang baik ini juga merupakan bentuk pertanggungjawaban atas penggunaan dana publik, khususnya APBD Provinsi Jambi.

“Pelaksanaan pembangunan sepanjang tahun 2020 didanai dari salah satu sumber pembiayaan, yakni APBD 2020. Penggunaan dan pengelolaan anggaran tersebut telah dilaksanakan semaksimal mungkin, meskipun tidak seluruhnya dapat terlaksana sesuai dengan jadwal dan target yang telah ditetapkan,”katanya.

Terkait dengan laporan keuangan daerah, lanjut Hari Nur Cahya Murni, Pemprov Jambi menyampaikan apresiasi kepada BPK Perwakilan RI yang terus mendorong perbaikan tata kelola keuangan daerah melalui catatan-catatan dan rekomendasi yang diberikan setiap tahunnya. Pemprov Jambi terus berupaya semaksimal mungkin menindaklanjuti setiap catatan dan rekomendasi yang diberikan BPK RI. Melalui catatan tersebut Pemprov Jambi bida terus memperbaiki kualitas tata kelola keuangan daerah dan pada waktunya bisa mendapat opini WTP) tanpa catatan.

“Opini WTP dari BPK yang kami terima hari ini, merupakan buah kerja keras bersama. Untuk itu sudah pada tempatnya melalui kesempatan yang berbahagia ini saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Jambi yang telah mendukung program Pemerintah Provinsi Jambi, juga kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah beserta jajarannya yang telah bekerja keras dalam pengelolaan keuangan daerah,” katanya.

Dijelsakan, opini WTP yang dairaih Prmprov Jambi tersebut merupakan yang kesembilan kalinya secara berturut-turut. Keberhasilan meraih opini WTP sebanyak sembilan kali menjadi cerminan upaya yang konsisten dan berkesinambungan Prmprov Jambi mengelola keuangan dengan baik sesuai dengan prinsip pengelolaan keuangan pemerintah dan berdasarkan regulasi yang berlaku.

“Semoga apa yang telah kita kerjakan ini memberikan sumbangsih positif terhadap kemajuan di Provinsi Jambi. Meskipun Pemprov Jambi memperoleh opini WTP dari BPK, dan walaupun ini merupakan opini WTP yang kesembilan kalinya secara berturut-turut, kita tidak boleh berpuas diri. Predikat opini WTP ini harus kita jadikan dan maknai sebagai penambah semangat untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan Pemprov Jambi dengan memedomani aturan perundang-undangan yang berlaku,”katanya.(JP-Lee/Matra)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

Dirgahayu RI Ke 76

Dirgahayu RI Ke 76
Dra Hj Elviana MSi

JAMBI MANTAP

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Halaman FB Media Lintas Sumatera

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA