. Pemulihan Ekonomi Rakyat Dampak Pandemic Covid-19, Elviana Gandeng PT PNM Ke Daerah | Jambipos
Home » , , » Pemulihan Ekonomi Rakyat Dampak Pandemic Covid-19, Elviana Gandeng PT PNM Ke Daerah

Pemulihan Ekonomi Rakyat Dampak Pandemic Covid-19, Elviana Gandeng PT PNM Ke Daerah

Written By jambipos-online on Jumat, 11 Juni 2021 | 08:21

Anggota Dewan Perwakilan Daerah-DPD) Jambi Hj Dra Elviana MSi saat mengunjungi Dusun Embacang Gedang, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo, Kamis (10/6/2021). (Foto Istimewa)

Jambipos, Bungo
-Dampak pandemic Covid-19 sejak 23 Maret 2020 lalu hingga kini cukup memukul perekonomian warga, termasuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Jambi. Salah satu yang bisa memulihkan perekonomian itu adalah pinjaman dari PT Permodalan Nasional Madani (Persero).

Hal inilah yang diupayakan Senator (Anggota Dewan Perwakilan Daerah-DPD) Jambi Hj Dra Elviana MSi untuk meringankan dampak pandemic Covid-19 bagi pelaku UMKM di Provinsi Jambi. 

Seperti pada Kamis (10/6/2021), Elviana mengunjungi Dusun Tanah Periuk, Kabupaten Bungo. Sebanyak 500an ibu-ibu rumah tangganya menjadi nasabah Ultra Mikro Mekar yang dekelola PT PNM. 
“Para ibu-ibu yang menjadi nasabah Ultra Mikro Mekar dapat pinjaman modal usaha tanpa agunan/jaminan. Semoga ekonomi keluarga semakin sehat. Aamiin,” ujar Elviana.

Disela-sela kunjungan itu, Elviana juga berbagi kasih dengan memberikan bantuan beras kepada warga. “Ikhlas berbagi, liat posisi tangan ibu ini ternyata tangan di atas atau tangan di bawah sama baiknya, sama senang hatinya,” ucap Elviana.

Elviana yang juga menjabat Ketua Komite IV (Bidang Perbankan dan Keuangan) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI juga mengunjungi Dusun Embacang Gedang, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo. Bahkan pada hari yang sama Elviana melakukan sarapan pagi bersama dengan Bupati Bungo H Mashuri SP. ME, Kajari Bungo Sapta Putra, SH, M. Hum, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi, Sueb Cahyadi.


Seperti diberitakan Jambipos sebelumnya, permohonan Ketua Komite IV (Bidang Perbankan dan Keuangan) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dra Hj Elviana MSi yang meminta Menteri Keuangan RI untuk menunda pungutan pinjaman Usaha Ultra Mikro (UMI) dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM) kepada ibu rumah tangga di Provinsi Jambi ditengah mewabahnya Covid-19, dikabulkan. 

Dirut Pusat Investasi Pemerintah yang menaungi PT PNM memberikan libur pembayaran cicilan baik pokok maupun bunga selama 6 bulan, terhitung April 2020.

Sebelumnya Elviana mengatakan, hingga April 2020 ada sebanyak 17.791 Ibu Rumah Tangga (IRT) sebagai nasabah UMI di Provinsi Jambi.
Elviana Berbagi Kasih kepada warga Bungo.

Penyebaran Nasabah UMI di Provinsi Jambi terdapat di Kabupaten Batanghari 1609 IRT, Kabupaten Bungo 1146 IRT, Kerinci 1030 IRT, Merangin 1667 IRT, Muarojambi 2622 IRT, Sarolangun 300 IRT, Tanjung Jabung Barat 1574 IRT, Tanjung Jabung Timur 775 IRT, Tebo 1584 IRT dan Kota Jambi 5484 IRT.

“Saya meminta kepad Menkeu RI supaya PT PNM menunda pungutan dari nasabah pinjaman Ultra Mikro akibat dampak Pandemik Covid-19 ini,” kata Elviana saat itu.

Kata Elviana, upaya akhir dalam memperjuangkan agar ibu-ibu rumah tangga peserta pinjaman modal usaha UMI (Ultra Mikro Mekar) ditunda dulu pungutan mingguannya oleh staf PT PNM di daerah (setelah 31 Maret 2020 yang lalu chat dengan ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani).  


Berikut ini sekilas tentang PT Permodalan Nasional Madani (Persero) yang dikutip dari https://www.pnm.co.id/. PT PNM didirikan Pemerintah pada 1 Juni 1999. VISI & MISI. VISI “Menjadi lembaga pembiayaan terkemuka dalam meningkatkan nilai tambah secara berkelanjutan bagi Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK) yang berlandaskan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) atau Tata Kelola Perusahaan yang Baik. ”

MISI: Menjalankan berbagai upaya, yang terkait dengan operasional perusahaan, untuk meningkatkan kelayakan usaha dan kemampuan wirausaha para pelaku bisnis UMKMK.

Membantu pelaku UMKMK untuk mendapatkan dan kemudian meningkatkan akses pembiayaan UMKMK kepada lembaga keuangan baik bank maupun non-bank yang pada akhirnya akan meningkatkan kontribusi mereka dalam perluasan lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Meningkatkan kreatifitas dan produktivitas karyawan untuk mencapai kinerja terbaik dalam usaha pengembangan sektor UMKMK.

Sejarah PT Permodalan Nasional Madani (Persero) sejak 1997 saat Krisis moneter di Indonesia. Pada Tahun 1998 disahkan dalam Tap XVI MPR/1998 Tentang Politik Ekonomi Dalam Rangka Demokrasi Ekonomi.

Pada Tahun 1999, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) didirikan Pemerintah pada 1 Juni 1999. Pada Tahun 2008 PT Permodalan Nasional Madani (Persero) melakukan transformasi bisnis dengan meluncurkan produk PNM ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro) yang memberikan pembiayaan secara langsung kepada pelaku usaha mikro dan kecil.

Kemudian Tahun 2009 PT Permodalan Nasional Madani (Persero) mendiversifikasi sumber pendanaannya melalui kerjasama dengan pihak ketiga yaitu perbankan dan pasar modal.

Tahun 2012 PT Permodalan Nasional Madani (Persero) berhasil memperoleh pendanaan dari pasar modal melalui penerbitan obligasi. Tahun 2015 PT Permodalan Nasional Madani (Persero) meluncurkan produk PNM Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) yang memberikan layanan khusus bagi perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro, baik yang ingin memulai usaha maupun mengembangkan usaha.

Selanjutnya Tahun 2018 PT Permodalan Nasional Madani (Persero) telah menyalurkan pinjaman kepada lebih dari 4 juta nasabah Program PNM Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera).

Perjalanan sejarah perkembangan ekonomi di Indonesia, termasuk terjadinya krisis ekonomi pada tahun 1997, telah membangkitkan kesadaran akan kekuatan sektor usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi dan prospek potensinya di masa depan.

Nilai srategis tersebut kemudian diwujudkan pemerintah dengan mendirikan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) pada 1 Juni 1999, sebagai BUMN yang mengemban tugas khusus memberdayakan usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK).

Tugas pemberdayaan tersebut dilakukan melalui penyelengaraan jasa pembiayaan dan jasa manajemen, sebagai bagian dari penerapan strategi pemerintah untuk memajukan UMKMK, khususnya merupakan kontribusi terhadap sektor riil, guna menunjang pertumbuhan pengusaha-pengusaha baru yang mempunyai prospek usaha dan mampu menciptakan lapangan kerja.

PT Permodalan Nasional Madani (Persero), atau "PNM", didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No.38/1999  tanggal 29 Mei 1999, dengan modal dasar Rp 9,2 triliun dan modal disetor Rp 3,8 triliun. Beberapa bulan setelah didirikan, melalui Kep Menkeu No. 487 KMK 017 tanggal 15 Oktober 1999, sebagai pelaksanaan dari undang-undang No.23 tahun 1999, PNM ditunjuk menjadi salah satu BUMN Koordinator untuk menyalurkan dan mengelola 12 skim Kredit program.(JP-Asenk Lee Saragih)

Elviana (kiri) juga sarapan pagi bersama dengan Bupati Bungo H Mashuri SP. ME (membelakangi kamera), Kajari Bungo Sapta Putra, SH, M. Hum, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi, Sueb Cahyadi.


 Elviana mengunjungi Dusun Tanah Periuk, Kabupaten Bungo, Kamis (10/6/2021).

 Elviana mengunjungi Dusun Tanah Periuk, Kabupaten Bungo, Kamis (10/6/2021).

 Elviana mengunjungi Dusun Tanah Periuk, Kabupaten Bungo, Kamis (10/6/2021).

Anggota Dewan Perwakilan Daerah-DPD) Jambi Hj Dra Elviana MSi saat mengunjungi Dusun Embacang Gedang, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo, Kamis (10/6/2021). (Foto Istimewa)

Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

Dirgahayu RI Ke 76

Dirgahayu RI Ke 76
Dra Hj Elviana MSi

JAMBI MANTAP

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Halaman FB Media Lintas Sumatera

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA