. Begini Cara Ivan Wirata Mempromosikan Agro Wisata Nenas Tangkit Baru | Jambipos
Home » , , , , , , » Begini Cara Ivan Wirata Mempromosikan Agro Wisata Nenas Tangkit Baru

Begini Cara Ivan Wirata Mempromosikan Agro Wisata Nenas Tangkit Baru

Written By jambipos-online on Jumat, 11 Juni 2021 | 09:09

Kali ini Ivan Wirata mengunjungi Agro Wisata Nenas Tangkit Baru, Kabupaten Muarojambi, Kamis (10/6/2021). Ivan Wirata berbincang-bincang dengan Amzah Ketua Kelompok tani merangkap Sekretaris Gapoktan Tangkit Baru dan Eko PPL Tangkit Baru. (Foo Istimewa Ucup Buayo)

Jambipos, Muarojambi
-Ternyata sebagai wakil rakyat tidak sebatas duduk di gedung dewan menunggu aspirasi rakyat lewat aksi unjukrasa. Namun kini ada anggota dewan yang lebih kreatif dalam melakukan kegiatan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan sosial media dan media massa. Lewat tangan-tangan kreatif, anggota dewan ini berkolaborasi untuk mempromosikan usaha tani dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) di Muarojambi secara khusus.

Adalah H Ivan Wirata ST MM MT, Anggota DPRD Provinsi Jambi Daerah Pemilihan Kabupaten Muarojambi dan Kabupaten Batanghari. Anggota dewan dari Fraksi Golkar ini rutin giat turun menyapa petani, peternak, pelaku UMKM lainnya dengan menyerap aspirasi sebagai pokok pikiran (Pokir) disuarakan di dewan.


Kali ini Ivan Wirata mengunjungi Agro Wisata Nenas Tangkit Baru, Kabupaten Muarojambi, Kamis (10/6/2021). Ivan Wirata berbincang-bincang dengan Amzah Ketua Kelompok tani merangkap Sekretaris Gapoktan Tangkit Baru dan Eko PPL Tangkit Baru. 

Pada kesempatan ini H Ivan Wirata banyak berbincang-bincang soal pengembangan nenas tangkit menjadi Agro Wisata di Muarojambi. Juga terkait sarapa prasarana serta pemasaran hasil panen hingga kendala pengairan. 

“Keistimewaan Nenas atau Nanas Tangkit di Jambi, sudah diakui banyak orang. Selain rasa manis, adalah kemampuan adaptasinya di lahan gambut tak terbantahkan. Kini nanas tersebut menjadi komoditas dan sudah lama menjadi andalan petani Desa Tangki, Muarojambi untuk menopang perkonomian penduduk setempat,” ujar Ivan Wirata. 

“Sejak tahun 1970 petani Desa Tangkit Baru yang sebagian besar etnis Bugis, Makassar, Sulawesi Selatan sudah mengembangkan tanaman nanas. Hingga kini, komoditas nanas masih tetap diandalkan sebagian besar warga Desa Tangkit Baru menjadi sumber utama penghasilan,” kata Ivan Wirata menambahkan.

Menurut Ivan Wirata, seiring berkembang pesatnya tanaman nanas di Desa Tangkit Baru tersebut, para petani dan warga setempat sangat mengharapkan bagaimana kedepan nanas asli Jambi ini dapat bersaing  lebih besar. 

“Tentu hal ini menjadi pokok pikiran bagaimana kedepan apa yang dicita – citakan oleh para petani dan warga setempat  dapat terwujud dimana petani dan warga setempat hendak mewujudkan perkebunan nanas Tangkit Baru menjadi central agrobisnis dan agrowisata,” kata Ivan Wirata.

“Hal ini sudah lama masyarakat inginkan bagaima perwujudannya, oleh karena faktor pandemi covid-19 masih berlangsung cita – cita terbentuknya agrowisata kebun nanas Tangkit Baru tertunda dalam pengoperasiannya. Namun jangan khawatir dimana agrowisata kebun nanas tersebut tetap akan berjalan dan kami selaku legislator di DPRD Provinsi Jambi terus mendorong hal ini agar kebun nanas yang luasan puluhan hektar tersebut menjadi nyata dalam bentuk Agrowisata Tangkit Baru. Tetap semangat para petani. Hidup Petani,” kata Ivan Wirata yang juga mantan Kadis PUPR Provinsi Jambi ini.

Setiap kunjungan Anggota DPRD Provinsi Jambi H Ivan Wirata ST MM MT menyambangi para petani, peternak, pelaku UMKM di Muarojambi, selalu diabadikan oleh Tim Multi Media “IWComeBack” dan YouTuber Bung Idris di Channel YouTube “Bincang Kito”.(JP-Asenk Lee Saragih)










Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya
 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA