Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Praktik PETI Beraksi Malam Hari di Desa Tambang Emas Merangin

Pemilik Lokasi PETI Berinisial NN

Dari penelusuran Jambipos, Kamis (11/3/2021), ditemukan lokasi penambangan di Desa Tambang Emas yang jaraknya kurang lebih 300 meter dari desa itu. Ditemukan masih ada alat berat yang mengali   lubang  untuk usaha tersebut.(Jambipos/Yahya)


Jambipos, Merangin-Praktik pertambangan emas tanpa ijin (PETI) di Desa Tambang Emas, Kecamatan Pamenang Selatan, Kabupaten Merangin masih saja bebas beraktivitas. Bahkan alat berat yang digunakan untuk menggali lobang penambangan dilakukan pada malam hari, kemudian siang harinya keluar lokasi.

Dari penelusuran Jambipos, Kamis (11/3/2021), ditemukan lokasi penambangan di Desa Tambang Emas yang jaraknya kurang lebih 300 meter dari desa itu. Ditemukan masih ada alat berat yang mengali   lubang  untuk usaha tersebut.

Dari informasi yang diperoleh Jambipos, caranya  tanah digali secukupnya pada malam hari, siangnya alat tersebut kabur meninggalkan lokasi PETI.

Lokasi PETI yang tidak jauh dari desa beroperasi bebas. Bahkan galian lobang untuk mesin dompeng terdapat banyak dilokasi PETI.

Sebelumnya Bupati Merangin Al Haris telah memasang himbauan berupa spanduk supa jangan ada aktivitas PETI di Kabupetan Merangin. Namun himbauan itu tidak dihiraukan oleh pelaku PETI.

Penelusuran Jambipos ini menunjukkan bahwa diseputar perkebunan warga masih banyak PETI yang perlu diberantas. Seperti terdapat di antara A,1. Belasan set PETI yang sedang beroperasi jalan terus.

Sejumlah wilayah masih tampak praktik penambang emas tampa izin. Menurut keteranggan warga setempat dan juga beberapa pekerja kepada Jambipos di lokasi PETI  di Tabang Emas ini mengatakan, bahwa ada yang bekingi usaha PETI ini.

“Coba bapak masuk lokasi tanya sama pekerja pasti dia jawab pak,” ujar seorang pekerja PETI. Kemudian  Jambipos menelusuri lokasi PET dan menemui pekerja PETI dan secara spontan mengatakan agar Jambipos menjumpai “Pak Mas kami NN”.

Kemudian Jambipos menghubungi NN, namun tidak berbalas. Selanjutnya NN membalas pesan singkat Jambipos dengan mengatakan bahwa lokasi PETI di Merangin masih banyak. “Lokasi PETI masih banyak pak bukan kami saja,” kata NN singkat.

Menyikapi maraknya PETI di Kabupaten Merangin, LSM INTRWIN NS mengharapkan  kepada penegak  hukum agar turun cek lokasi PETI di wiayah Kabupaten  Merangin.

Sebelumnya Polda Jambi telah menyatakan “Perang” terhadap praktik PETI di Provinsi Jambi. Bahkan Tim Gabungan Polda Jambi belum lama ini berhasil menggiring 34 alat berat keluar dari lokasi PETI di Lubuk Bedorong, Kabupaten Sarolangun.(JP-Yah/Lee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar