. Launching Galeri Wirausaha Unggulan Jambi Pj Gubernur Dorong Pertumbuhan UMKM | Jambipos
Home » , » Launching Galeri Wirausaha Unggulan Jambi Pj Gubernur Dorong Pertumbuhan UMKM

Launching Galeri Wirausaha Unggulan Jambi Pj Gubernur Dorong Pertumbuhan UMKM

Written By jambipos-online on Rabu, 03 Maret 2021 | 14:44

Usai mengikuti Virtual Opening Ceremony Karya Kreatif Indonesia (KKI) Tahun 2021 Pj.Gubernur Jambi Dr.Hari Nur Cahya Murni, M.Si melaunching Galeri Wirausaha Unggulan Jambi (WUJBI) yang terletak di Jalan Kolonel Abunjani (Samping Pizza Hut) Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi, Rabu (3/03/2021). (Kominfo)

Jambipos, Jambi-Usai mengikuti Virtual Opening Ceremony Karya Kreatif Indonesia (KKI) Tahun 2021 Pj.Gubernur Jambi Dr.Hari Nur Cahya Murni, M.Si melaunching Galeri Wirausaha Unggulan Jambi (WUJBI) yang terletak di Jalan Kolonel Abunjani (Samping Pizza Hut) Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi, Rabu (3/03/2021). Hadir pada kesempatan ini Kepala Perwakilan BI Jambi Suti Masniarni Nasution, pengelola WUJBI Ahmad Farhan Habibie, serta Kepala OPD terkait dan undangan.

Dalam sambutannya PJ.Gubernur memberikan apresiasi dengan Virtual Opening Ceremony Karya Kreatif Indonesia (KKI) Tahun 2021  yang dinilainya memberikan peluang bagi UMKM untuk berkembang. 

“Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan pameran Karya Kreatif Indonesia yang merupakan salah satu wujud nyata Bank Indonesia mendukung pengembangan UMKM kreatif sekaligus memperkenalkan produk unggulan yang dapat mengangkat citra budaya daerah, mendukung penyerapan tenaga kerja, mendorong pariwisata, serta berkontribusi terhadap perekonomian daerah dan nasional” ujar Pj.Gubernur.

 Dilanjutkannya Karya Kreatif Indonesia Tahun 2021 Seri 1 mengangkat tema “Mendorong UMKM dan Sektor Pariwisata sebagai Kekuatan Utama Menuju Indonesia Maju melalui Sinergi, Kreativitas, dan Digitalisasi.

"Penentuan tema tersebut menunjukkan niat yang kuat untuk mendukung tumbuh kembang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sebagai unit usaha kreatif, yang sangat kontributif terhadap perekonomian daerah dan nasional, yakni dengan terciptanya lapangan kerja informal. Dengan dilaunchingnya WUJBI ini akan memberikan kesempatan dan peluang bagi UMKM untuk terus berkembang dan semakin dikenal di nasional dan bahkan internasional” katanya.

Dijelaskan Pj. Gubernur bahwa pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung tumbuh kembang UMKM melalui OPD terkait, yakni Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perdagangan, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. 

“Selain itu, Pemerintah Provinsi Jambi bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) untuk membina para pengrajin agar usaha para pengrajin bisa terus bertahan bahkan berkembang," ujarnya. 

Disebutkan, beberapa waktu yang lalu telah berkunjung ke enam Kabupaten di Provinsi Jambi, saya menemukan banyak hal-hal yang istimewa.

"Seperti ketika di Batanghari saya menemukan kuliner yang begitu enak, dan di Kerinci dan Kota Sungaipenuh saya melihat kebun teh dan pemandangan yang begitu indah, hal- hal seperti ini harus kita perkenalkan, dipromosikan ke tingkat nasional maupun internasional, apalagi saya tadi mendengar sudah akan ada hasil dari Wirausaha ini yang akan diekspor ke Belgia, ini sangat luar biasa”ujarnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada BI Jambi atas kontribusi membina UMKM di Provinsi Jambi selama ini. Saya yakin pembinaan bagi UMKM yang dilakukan oleh BI Jambi sangat membantu UMKM, untuk membuka usaha bagi UMKM pemula dan mengembangkan usaha bagi UMKM yang sudah mulai eksis," ujarnya. 

"Saya yakin bahwa pemerintah dan BI mempunyai semangat yang sama dalam pembinaan UMKM, demi peningkatan ekonomi kreatif dan ekonomi kerakyatan. Pemerintah Provinsi Jambi senantiasa terbuka untuk kerja sama dengan Bank Indonesia dalam pembinaan dan pengembangan UMKM. Karya Kreatif Indonesia ini dapat menjadi wadah bagi UMKM untuk memperkenalkan produknya secara lebih luas hingga ke pasar nasional dan global, serta memotivasi UMKM untuk terus berkreasi menghasilkan produk berkualitas dan bernilai tinggi” katanya.

Pada akhir sambutannya Pj. Gubernur mengajak  seluruh pelaku usaha UMKM untuk terus berinovasi dan berkreasi menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi, dengan pengemasan dan pemasaran yang baik, serta dengan harga yang relatif terjangkau. Tumbuh kembangnya UMKM sangat dibutuhkan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional saat ini, yang turut membantu negara bangkit ditengah kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19. 

“Selanjutnya, saya mengajak masyarakat Provinsi Jambi untuk turut mendukung dan menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, kita dukung UMKM Indonesia berjaya di tanah air kita” pukasnya.

 Kepala  Perwakilan BI Jambi Suti Masniarni Nasution, dalam sambutannya menyatakan bahwa Bank Indonesia sangat berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan gerakan bangga berwisata Indonesia . 

“Hal ini ditunjukkan antara lain melalui penyelenggaraan karya kreatif Indonesia kecuali tahun 2021 yang mengangkat tema mendorong UMKM dan sektor pariwisata sebagai kekuatan utama menuju Indonesia maju, melalui Sinergi kreativitas dan digitalisasi. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi katalisator bagi pelaku usaha industri kreatif dan tentunya akan meningkatkan kualitas produk sesuai tren pasar, memperluas pasar melalui WUJBI, untuk menjadi ikon pariwisata yang menghadirkan produk-produk lokal untuk menjadi ikon oleh-oleh kota Jambi” kata Kepala BI.

Disampaikannya bahwa dalam memberikan program sosialnya Bank Indonesia membantu awalnya dari berdiri, memberikan pendampingan dalam bentuk promosi. 

“Kita bicaranya di sini end-to-end. Bank  Indonesia dalam melaksanakan pemberdayaan UMKM itu kita lakukan secara end-to-end proses, jadi dari sisi produksi nya kita damping, dari sisi manajemennya, dari sisi pemasarannya juga. Sehingga dapat dilihat dari awal produksinya sampai bagaimana kelembagaan, kita juga mendorong pemasaran dengan adanya komunitas ini diharapkan para penggiat UMKM bisa bergabung menjadi satu kekuatan untuk menggerakkan perekonomian di provinsi Jambi”katanya.

Pengelola WUJBI Ahmad Farhan Habibie, dalam sambutannya menyatakan bahwa ada 29 UMKM unggulan . "Dengan berdirinya tempat ini diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat. Kami memiliki kuliner, dan jasa kami berharap menjadi solusi bagi masyarakat Jambi yang mana selama ini kita kedatangan tamu, kita bingung mau kemana, sekarang kami menawarkan produk-produk unggulan yang ada di Jambi ,” ujar Ahmad.(JP-Kominfo/Asenk Lee)



Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

JAMBI MANTAP

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Halaman FB Media Lintas Sumatera

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA