Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Hanya Dapat 20.000 Dosis, Vaksin Covid-19 di Jambi Tak Cukup untuk Seluruh Nakes

Ilustrasi tenaga kesehatan (nakes) yang menangani pasien Covid-19. (Foto: ANTARA)

Jambipos, Jambi
-Provinsi Jambi hanya mendapatkan jatah 20.000 dosis vaksin Covid-19 pada tahap pertama awal Januari ini. Vaksin tersebut diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan (nakes). Namun jatah vaksin tersebut belum mencukupi jika dibandingkan dengan jumlah nakes yang telah mendaftar mengikuti vaksinasi di daerah itu yakni sekitar 27.391 orang.

“Provinsi Jambi dipastikan mendapat jatah 20.000 dosis vaksin Covid-19 yang dikhususkan untuk tenaga kesehatan. Vaksin tersebut akan tiba di Jambi Minggu (3/1/2021). Karena itu vaksinasi untuk tenaga kesehatan di Jambi sudah bisa dilaksanakan pekan depan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Reflizar di Jambi, Minggu (3/1/2021).

Menurut Reflizar, jatah vaksin Covid-19 yang diterima Jambi belum mencukupi untuk seluruh nakes di daerah itu. Jumlah nakes yang sudah mendaftar untuk mendapatkan vaksin di Jambi hingga Minggu (3/1/2020) mencapai 27.391 orang. Sedangkan jatah vaksin yang disediakan pemerintah pusat untuk Jambi tahap pertama ini hanya 20.000 dosis.

“Jadi masih ada kekurangan vaksin sekitar 7.391 dosis untuk tenaga kesehatan di Jambi. Penambahan vaksin ini akan segera kami usulkan kembali ke Kementerian Kesehatan. Sedangkan vaksinasi tahap pertama ini kami prioritaskan untuk tenaga kesehatan yang berhubungan langsung dengan pasien, yakni di rumah sakit, klinik dan puskesmas,”katanya.

Sudah Siap
Mengenai vaksin untuk masyarakat, Reflizar mengatakan, Jambi sudah mengusulkan 2,2 juta dosis vaksin kepada Kementerian Kesehatan. Vaksinasi massal di Provinsi Jambi direncanakan sudah bisa dilaksanakan 14 Januari 2021. Vaksinasi massal di daerah itu juga dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan jatah vaksin yang diberikan Kementerian Kesehatan untuk Jambi.

“Sampai sekarang belum ada kepastian jatah vaksin untuk masyarakat yang disiapkan Kementerian Kesehatan untuk Provinsi Jambi. Namun jajaran kesehaan di Jambi sudah siap melaksanakan vaksinasi massal pertengahan Januari mendatang. Sekitar 206 unit Puskesmas di Provinsi Jambi sudah siap melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, para nakes di Kota Jambi menyambut baik vaksinasi yang dirpioritaskan untuk mereka. Vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan dinilai memberikan jaminan keamanan melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat.

“Saya sudah mendapat pesan singkat melalui SMS untuk vaksinasi. Namun waktu vaksinasi belum ditetapkan. Saya senang bisa mendapat vaksin agar lebih merasa aman menjalankan tugas melayani pasien,” kata Sahna, perawat rumah sakit swasta di Kota Jambi.(JP-SP)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar