. Survei Indo Barometer: Fachrori–Syafril Berpeluang Besar Menangi Pilkada Jambi | Jambipos
Home » , , » Survei Indo Barometer: Fachrori–Syafril Berpeluang Besar Menangi Pilkada Jambi

Survei Indo Barometer: Fachrori–Syafril Berpeluang Besar Menangi Pilkada Jambi

Written By jambipos-online on Senin, 07 Desember 2020 | 07:28

Perkumpulan Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru (PPTSB) (Kerabat Marga Sinaga) Wilayah Provinsi Jambi resmi mendukung Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Nomor Urut 2 H Fachrori Umar- H Syafril Nursal pada Pilkada Rabu 9 Desember 2020 mendatang. Dukungan itu telah dideklarasikan di salah satu resto di Kota Jambi, Sabtu (28/11/2020).(Foto Asenk Lee Saragih)

Jambipos, Jakarta
- Hasil survei Indo Barometer menemukan bahwa pasangan nomor urut 02 Fachrori Umar-Syafril Nursal berpeluang besar menang di Pilkada Serentak Provinsi Jambi 2020.

Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli mengatakan terdapat 6 alasan yang menjadi kunci kemenangan Fachrori Umar–Syafril Nursal. “Alasan pertama, Fachrori Umar dan Syafril Nursal unggul dalam elektabilitas baik sendiri maupun berpasangan. Jika calon gubernur sendiri fachrori umar unggul sebesar 40,3%, Cek Endra 30,8%, Al Haris 23,1%,” kata Hadi melalui keterangan tertulis, Minggu (6/12/2020).

“Jika calon wakil gubernur sendirian, lanjut Hadi, Syafril Nursal unggul sebesar 36,1%, Ratu Munawaroh 29,0%, Abdullah Sani21,6%. Sementara itu, Jika berpasangan, Fachrori–Syafril unggul sebesar 39,3%, Cek Endra-Ratu Munawaroh 31,3%; Al Haris–Abdullah Sanusi 23,3%. Sementara itu yang masih merahasiakan 0,2%, belum memutuskan 4,0%, tidak tahu/tidak jawab 2,0%,” ujarnya.


Kedua, mayoritas pemilih di Pilkada Jambi sudah menentukan pilihannya dan terkonsolidasi. “Jika melihat dari hasil survei saat ini mayoritas pemilih sudah terkonsolidasi, hal itu terlihat dari angka belum memutuskan dan tidak tahu/tidak jawab sangat kecil di angka 6,2%,” ujarnya.

Ketiga, Fachrori Umar dominan dalam penilaian masyarakat terhadap kepribadian (jujur, pintar/intelektual, berwibawa sebagai pemimpin dan perhatian/dekat dengan rakyat) calon Gubernur Fachrori Umar unggul (52,3%), disusul Cek Endra sebesar (46,2%). Dan Al Haris (38,9%).

“Dari penilaian masyarakat terhadap kepribadian kandidat, Fachrori Umar unggul di semua aspek,” ungkap Hadi

Keempat, Fachrori Umar dominan dalam penilaian masyarakat terhadap kemampuan (mengatasi ekonomi, kemiskinan, pengangguran, infrastruktur, keamanan, hukum dan sosial) calon Gubernur Fachrori Umar unggul (46,3%), Cek Endra sebesar (39%). Dan Al Haris (32,2%).

“Bukan hanya faktor kepribadian saja, Fachrori Umar juga unggul di semua aspek penilaian masyarakat terhadap kemampuan kandidat,” terangya.

Kelima, Fachrori Umar unggul di mayoritas Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi. Jika dilihat dari sebarannya, Fachrori Umar unggul di 7 Kabupaten Kota, yakni Kabupaten Kerinci, Batang hari, Muaro Jambi, Tebo, Bungo, Kota Jambi dan Kota Sungai Penuh. Sementara itu, Cek Endra unggul di 3 Kabupaten/Kota, yakni Kabupaten Sarolangun, Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat. Sedangkan Al Haris hanya unggul di 1 Kabupaten Kota, yakni Kabupaten Merangin.

“Pengamalaman Pilkada di 2010 dan 2015 menunjukan pola yang sama, misalnya Hasan Basri Agus unggul di mayoritas Kabupaten/Kota pada Pilkada 2010 dan Zumi Zola unggul di mayoritas Kabupten/Kota di tahun 2015,” papar Hadi.

Keenam, Fachrori Umar – Syafril Nursal didukung oleh calon Presiden paling populer di Provinsi Jambi pada saat ini. “Survei dari 20 nama yang akan maju pada pemilihan Presiden pada 2024, prabowo unggul dengan 39,0%, disusul Anies Baswedan 9,6%, Saniaga Uno 9,2% dan Agus Harimurti Yudhoyono 7,3%,” pungkasnya.

Survei Indo Barometer dilaksanakan diseluruh wilayah Provinsi Jambi, yang meliputi 11 Kabupaten/Kota. Dilaksanakan pada tanggal 16–24 November 2020 dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden, berusia minimal 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah. Margin of error sebesar ± 2.83%, pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling.(JP)

Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Bersyukur Sebagai Kader Alumni GMKI

Bersyukur Sebagai Kader Alumni GMKI
Tinggi Iman Tinggi Ilmu dan Tinggi Pengabdian #UtOmnesUnumSint. Robinson Hutapea.

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Mengucapkan

Mengucapkan
HPN 2021
 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA