Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Kemendagri Serahkan Dua Mesin ADM Dukcapil Kepada Pemerintah Provinsi Jambi

Kemendagri Serahkan Dua Mesin ADM Dukcapil Kepada Pemerintah Provinsi Jambi.(Humas)

Jambipos, Jambi-
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyerahkan bantuan 2 (dua) Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) ke Provinsi Jambi, Jumat (4/12/2020). Bantuan diserahkan oleh Dirjen Dukcapil Prof. Dr Zudan Arif Fakrulloh,SH.MH diterima langsung Pjs. Gubernur Jambi Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Selanjutnya, mesin tersebut berdasarkan kewenangan dari Pjs Gubernur Jambi  diserahkan kepada Pemerintah/Kota yang dipandang memerlukan yaitu Kota Jambi dan Kabupaten Bungo.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif dalam sambutannya menyatakan, Mesin ADM merupakan revolusi layanan administrasi kependudukan (adminduk) dimana pola kerjanya mirip mesin ATM.

Bedanya, Mesin ADM tidak mengeluarkan uang, namun mampu mencetak dokumen kependudukan seperti e-KTP, Kartu Keluarga, KIA (Kartu Identitas Anak), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan, dan Akta Perceraian.

Lanjut ia, bagi warga yang hendak mencetak dokumen kependudukan di Mesin ADM, harus teregistrasi terlebih dahulu di Dinas Dukcapil.

“Saat pandemi COVID-19, warga bisa mendaftar secara online. Persyaratannya difoto dan dikirim secara online. Nanti Disdukcapil akan memberikan kode PIN kepada warga yang bersangkutan melalui nomor hand phone. Ada dua PIN yang akan diterima pemohon, yakni PIN untuk masuk ke mesin ADM dan untuk mencetak,”jelasnya

Dimana PIN tersebut hanya bisa digunakan untuk sekali pencetakan. Jika tahapan yang harus dilewati sudah selesai, maka secara otomatis sudah bisa tercetak sendiri dokumen kependudukan yang diajukan.

“Saya harapkan dengan mesin ADM, mampu mengubah branding Dukcapil yang dulu dianggap lamban, berbelit-belit, terlalu prosedural, kita ubah menjadi Dukcapil yang cepat, lincah, Dukcapil yang trengginas, Dukcapil yang responsif, dan tidak ada Pungli, dan gratis,”tegasnya.

Dirjen Zudan Arif menyampaikan, walaupun alatnya diletakkan di Kabupaten Bungo dan Kota Jambi, penduduk dimanapun bisa mencetak. Seluruh masyarakat dari  11 Kabupaten/Kota bisa menggunakan, karena semangatnya ADM ini bisa dipakai oleh siapapun, kapanpun dan dimanaupun, penduduk yang sudah punya PIN bisa menggunakan untuk memudahkan pelayanan publik di seluruh Indonesia.

Pjs. Gubernur Jambi Restuardy (Ardy) Daud menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap upaya yang dilakukan oleh Kemendagri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri ini  selanjutnya diteruskan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi dan Kabupaten Bungo, dengan  pertimbangan kedua tempat ini karena kemarin kami diskusikan 1 ada di wilayah Timur adalah suatu wilayah Barat, disebut juga dengan karakteristik  kebutuhan untuk persediaan fasilitas yang cukup tinggi pada kedua tempat tersebut,”kata Ardy Daud

“Kami sangat bangga dan bahagia menerima mesin ADM ini yang merupakan salah satu inovasi Kemendagri. Mesin ini nantinya bisa bekerja 24 jam, dan ini merupakan terobosan yang luar biasa. Selain itu, tentunya mesin ini akan memangkas birokrasi menjadi lebih efisien dan lebih efektif, sehingga kita harap ke depan dokumen kependudukan akan lebih cepat tanpa ada antrian prosedur yang akan memakan waktu yang cukup lama,“ ujar Ardy Daud. (JP-Lee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar