. Nelayan Pantai Timur Jambi Diminta Waspada Dampak La Nina | Jambipos
Home » , » Nelayan Pantai Timur Jambi Diminta Waspada Dampak La Nina

Nelayan Pantai Timur Jambi Diminta Waspada Dampak La Nina

Written By jambipos-online on Rabu, 04 November 2020 | 18:01

ILUSTRASI: Antara

Jambipos, Tanjabar
-Para nelayan dan kapal penumpang di pantai timur Provinsi Jambi diminta mewaspadai dampak La Nina yang menyebabkan cuaca ekstrem bisa berubah secara mendadak. Mencegah adanya kapal nelayan dan penumpang di pantai tiur Jambi terjebak gelombang tinggi, hujan lebat disertai angin kencang, para nelayan dan awak kapal diminta mengamati kondisi cuaca secara cermat dan melengkapi alat keselamatan.

“Kami sudah mengimbau para nelayan di perairan pantai timur Jambi, khususnya nelayan Kabupaten Tanjungabung Barat mewaspadai dampak La Nina terhadap kondisi cuaca ekstrem. Imbauan serupa juga sudah kami sampaikan kepada seluruh pemilik kapal penumpang yang beroperasi di pantai timur Jambi. Seluruh kapal nelayan dan penumpang kami minta menyiapkan fasilitas keselamatan dan memantau koncisi cuaca secara crmat sebelum berlayar,” kata Kapolres Tanjungabung Barat (Tanjabbar) Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Guntur Saputro di Jambi, Selasa (3/11/2020).

Menurut Guntur Saputro, pelayaran di pantai timur Jambi saat ini rawan cuaca ekstrem. Gelombang tinggi disertai hujan lebat dan angin kencang bisa terjadi secara mendadak di perairan pantai timur Jambi. Cuaca ekstrem tersebut dipengaruhi La Nina. Menghadapi kondisi cuaca seperti itu, para pengusaha transportasi laut, para nelayan dan juga penumpang kapal laut perlu waspada.

“Mengantisipasi berbagai potensi kejadian di laut akibat cuaca ekstrem tersebut, kami kini mempersiapkan personel dan sarana penyelamatan. Selain itu kami juga secara intensif memantu kondisi cuaca di perairan pantai timur Jambi, khususnya di perairan Tanjungjabung Barat. Selain itu kami juga membentuk posko pemantau bencana di Pelabuhan Kualatungkal, Tanjungjabung Barat ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Data dan Prakirawan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi, Kurnianingsih mengatakan, cuaca ekstrem masih terus berpotensi terjadi di beberapa kabupaten di Provinsi Jambi beberapa pekan ke depan.

“Hujan lebat disertai petir dan angin kencang di Kota Jambi dan beberapa kabupaten di Jambi diperkirakan berpotensi terjadi pagi hari dan sore. Cuaca ekstrem tersebut bisa terjadi secara tiba-tiba. Karena itu cuaca ekstrim ini perlu diwaspadai, baik di darat maupun di laut,” katanya.(JP-SP)
Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA