. KPU Jambi Diminta Tingkatkan Edukasi Pilkada Aman Covid-19 | Jambipos
Home » , , , » KPU Jambi Diminta Tingkatkan Edukasi Pilkada Aman Covid-19

KPU Jambi Diminta Tingkatkan Edukasi Pilkada Aman Covid-19

Written By jambipos-online on Senin, 02 November 2020 | 17:54

Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc mengharapkan agar seluruh rangkaian tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 bisa dilaksanakan dengan lancar dan aman dari Covid-19. Harapan itu disampaikannya saat menerima audiensi Ketua KPU Provinsi Jambi H.M. Subhan berserta komisioner KPU Provinsi Jambi, di Ruang Kerja Gubernur, Kantor Gubernur Jambi, Senin (02/11/2020).(Humas)

Jambipos, Jambi
-Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Restuardy Daud meminta seluruh jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) se-Provinsi Jambi meningkatkan edukasi kepada pemilih mengenai pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang aman dari Covid-19. Edukasi itu dapat dilakukan dengan memberikan pemahaman lebih intensif dan menyeluruh kepada para pemilih mengenai pentingnya 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menjaga jarak.

Hal tersebut dikatakan Restuardy Daud pada pertemuan dengan jajaran KPU Provinsi Jambi di kantor Gubernur Jambi, Senin (2/11/2020). Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ketua KPU Provinsi Jambi, HM Subhan.

Menurut Restuardy Daud, upaya KPU se-Provinsi Jambi menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020 secara demokratis, langsung, umum, bebas dan rahasia (luber), jujur dan adil (jurdil) selama ini sudah cukup baik. Selain luber, penyelenggaraan pilkada tahun ini juga harus disertai keamanan dari pandemi Covid-19.

“Ada dua hal yang menjadi penekanan utama pada Pilkada 2020, yakni harus semakin berkualitas dan juga aman dari Covid-19. Jadi, aspek kesehatan, aspek keselamatan petugas, peserta dan juga tentu saja pemilih harus menjadi prioritas dalam pilkada,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Jambi, HM Subhan pada kesempatan tersebut mengatakan, penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Jambi hingga saat ini masih berjalan dengan lancar. Belum ada kendala-kendala yang ditemui di lapangan, khususnya pada pelaksanaan kampanye. Debat kandidat calon kepala daera di Jambi yang dilaksanakan baru-baru ini juga berjalan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dijelaskan, Pilkada Serentak di Provinsi Jambi dilaksanakan di tingkat provinsi untuk pemilihan gubrnur dan wakil gubernur Jambi, pemilihan wali kota dan wakil wali kota Sungaipenuh dan pemilihan empat pasang bupati dan wakil bupati. Pemilihan bupati dan wakil bupati dilakukan di Kabuipaten Batanghari, Bungo, Tanjungjabung Barat dan Tanjungjabung Timur.

Menurut HM Subhan, jumlah pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) di Provinsi Jambi pada pilkada serentak tahun ini mencapai 2,4 juta orang. Sedangkan jumlah tempat pemungutan suara di Provinsi Jambi mencapai 8.237 unit.(JP-SP)
Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA