. Tigor Sinaga: PSI Berpeluang Penentu Pemenang Pilgub Jambi 2020 | Jambipos
Home » » Tigor Sinaga: PSI Berpeluang Penentu Pemenang Pilgub Jambi 2020

Tigor Sinaga: PSI Berpeluang Penentu Pemenang Pilgub Jambi 2020

Written By jambipos-online on Kamis, 01 Oktober 2020 | 10:02

Ir Tigor Guna Haposan Sinaga (Ketua Badan Pendiri Organisasi/Ketua Dewan Pembina Generasi Optimis Indonesia) (kiri) bersama Tim saat mengembalikan formulir penjaringan calon Gubernur dan calon wakil Gubernur Provinsi Jambi di Sekretariat DPD  PDI Perjuangan Provinsi Jambi di Jalan H Kamil, Wijayapura, Kota Jambi, Jumat (20/9/2019) malam. (Foto Istimewa)

Jambipos, Jambi-
Kami menunggu dan pada saatnya pasti akan menentukan dukungan. Kami sadar bahwa kami Partai Solidaritas Indonesia (PSI) partai tanpa kursi. Tapi kami punya taji. Dengan kekuatan ketiga kandidat yang relatif berimbang, maka keputusan kami akan menentukan pemenang.

Demikian ungkapan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Provinsi Jambi Ir Tigor Gh Sinaga menjawab Jambipos, Kamis (1/10/2020) pagi terkait dengan dukungan PSI di Pilkada Gubernur Jambi 9 Desember 2020. 

Sejak akhir Agustus 2020, DPP PSI menunjuk Ir Tigor Sinaga menjabat Ketua DPW PSI Provinsi Jambi. Tigor Sinaga juga pernah sebagai Caleg DPR RI Pileg 2009 dari  PAN, Pileg 2014 dari Nasdem, Pileg 2019 dari PSI dan masuk dalam 10 besar perolehan suara terbanyak.

Menurut Tigor Sinaga, dari tiga pasangan calon (paslon) Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi yakni No 1 Cek Endra – Ratu Munawaroh, (2) Fachrori Umar–Syafril Nursal (3) Al Haris–Abdullah Sani, PSI Provinsi Jambi belum menentukan dukungan.

“Kita masih mempelajari konsep dan janji kampanye para kandidat yang cocok dengan DNA PSI yaitu Anti Korupsi dan Anti intoleransi. Kita juga berharap kandidat mempunyai konsep pengelolaan sumberdaya manusia, sumber daya alam dan pendidikan yang baik. Kandidat harus mampu membangun Jambi secara menyeluruh,” ujar Tigor Haposan Sinaga yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Pendiri Organisasi/Ketua Dewan Pembina Organisasi Masyarakat (Ormas) Generasi Optimis Indonesia ini.

“Potensi ekonomi harus dikelola dengan tepat dan benar. Kemampuan kandidat membangun jaringan link and match bagi ekonomi lokal unggulan menjadi pertimbangan kami. Hal ini  agar rakyat dan kaum muda mendapat peluang menikmati kemajuan pembangunan. Sampai saat ini kami belum melihat itu ada dalam konsep kampanye para kandidat,” kata Tigor Panjaitan.

Kata Tigor Sinaga, PSI menunggu dan pada saatnya pasti akan menentukan dukungan. “Kami sadar bahwa kami Partai Solidaritas Indonesia (PSI) partai tanpa kursi di dewan. Tapi kami punya taji. Dengan kekuatan ketiga kandidat yang relatif berimbang, maka keputusan kami akan menentukan pemenang,” pungkas Tigor Sinaga.
Paslon Pilkada Gubernur Jambi, Rabu 9 Desember 2020. 


Tiga Paslon

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi, menggelar rapat pleno terbuka pencabutan nomor urut calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi untuk Rabu 9 Desember 2020 mendatang. No urut Paslon Cagub Jambi yakni No 1 Cek Endra – Ratu Munawaroh, (2) Fachrori Umar–Syafril Nursal (3) Al Haris–Abdullah Sani.

Usai pengundian nomor urut juga diisi dengan penandatanganan pakta integritas dimulai pukul 13.00 wib (Kamis, 24/09/2020). Nomor Urut Masing-masing calon, yaitu Paslon Cek Endra – Ratu Munawaroh, nomor urut 1, Paslon Cek Endra – Ratu Munawaroh mendapat dukungan dua parpol, yakni PDIP dan Golkar dengan jumlah 16 kursi di DPRD Provinsi Jambi.

Kemudian Paslon Fachrori Umar–Syafril Nursal nomor urut 2. Paslon Fachrori Umar–Syafril Nursal yang mendapat dukungan empat parpol dengan jumlah 19 kursi di DPRD Provinsi Jambi. Koalisi parpol pengusung balon gubernur Jambi patahan ini adalah Gerindra 7 kursi, Demokrat 7 kursi dan PPP 3 kursi serta Hanura 2 kursi.

Sementara Paslon Al Haris–Abdullah Sani mendapat nomor urut 3. Pasangan Al Haris–Abdullah Sani mendapat dukungan tiga parpol dengan jumlah 17 kursi di DPRD, yakni PAN, PKS dan PKB.

Seperi diketahui, Tigor Sinaga bersama Tim mendaftar sebagai calon wakil Gubernur Provinsi Jambi di Sekretariat DPD  PDI Perjuangan Provinsi Jambi di Jalan H Kamil, Wijayapura, Kota Jambi, Jumat 20 September 2019.

Bahkan secara khusus Generasi Optimis (GO) Indonesia mendeklarasikan dukungan kepada pasangan K.H. Abdullah Sani dan Ir. Tigor Guna Haposan Sinaga untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Jambi 2020, pada 16 Agustus 2019 lalu.

Sosok Putra Batak kelahiran Jambi Ir Tigor GH Sinaga sempat ikut meraikan bursa bakal calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi pada Pilkada Gubernur Jambi 2020. Bahkan Tigor Sinaga sempet diberitakan akan memilih jadi bakal calon Wakil Gubernur Jambi untuk mendampingi  Drs K.H Abdullah Sani MPdi. (Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA