Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Pjs. Gubernur Jambi Kukuhkan Pjs. Bupati Bungo dan Tanjab Timur

Restuardy Titipkan 3 Hal: Pemerintahan, Pilkada Sukses, Penanganan Covid-19 
Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir.Restuardy Daud,M.Sc, mengukuhkan Ahmad Bestari,SH,MH, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi sebagai Penjabat sementara (Pjs) Bupati Bungo dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, H.Varial Adhi Putra sebagai Penjabat sementara Bupati Tanjung Jabung Timur. Pengukuhan dilaksanakan pada Senin (28/9/2020) di Auditorium Rumah dinas Gubernur Jambi.(Humas)


Jambipos, Jambi-Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir.Restuardy Daud,M.Sc, mengukuhkan Ahmad Bestari,SH,MH, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi sebagai Penjabat sementara (Pjs) Bupati Bungo dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, H.Varial Adhi Putra sebagai Penjabat sementara Bupati Tanjung Jabung Timur. Pengukuhan dilaksanakan pada Senin (28/9/2020) di Auditorium Rumah dinas Gubernur Jambi.

Penjabat sementara Bupati Bungo dan Tanjabtim ini akan bertugas selama bupati dan wakil bupati menjalankan cuti diluar tanggungan negara untuk melaksanakan kampanye Pilkada serentak tahun 2020.

Tampak hadir pada kesempatan tersebut Forkompimda Provinsi Jambi, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H.Sudirman, SH,MH, Sekda Kabupaten Bungo Mursidi, dan Sekda Kabupaten Tanjab Timur Sapril.

Restuardy menyatakan  bahwa  penunjukan  Penjabat sementara Bupati Tanjung Jabung Timur dan Penjabat sementara Bupati Bungo oleh Menteri Dalam Negeri bertujuan untuk melaksanakan tugas berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2018 yang merupakan perubahan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 74 tahun 2016. Permendagri dimaksud  terkait dengan cuti diluar tanggungan negara bagi gubernur dan wakil gubernur,  bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil wali kota.

“Dalam kesempatan ini saya tidak akan panjang-panjang menyampaikan saran atau sambutan, saya yakin dan percaya Bapak berdua dengan kemampuan yang dimiliki dapat melaksanakan tugas dengan baik dan lebih banyak mengetahui kondisi daerah. Ada tiga hal yang ingin saya titipkan kepada penjabat Bupati Bungo dan Tanjung Jabung Timur agar bisa dilaksanakan: untuk memfasilitasi urusan penyelenggaraan pemerintahan, fasilitasi Pilkada, dan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19,” ujar Restuardy.

Restuardy menjelaskan, hal pertama yang dititipkannya adalah urusan penyelenggaraan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

“Pengukuhan kita lakukan hari ini adalah untuk menjamin bahwa dalam penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten ini bisa berjalan dan berlangsung sebagaimana mestinya, jadi tidak ada yang kosong selama  menjalankan cuti diluar tanggungan negara,  penyelenggaraan pemerintah daerah untuk tetap berjalan, seluruh aspek penyelenggaraan yang menjadi kewenangan daerah masing-masing,  saya di tingkat provinsi darn Pak Bupati untuk Kabupaten, sesuai ketentuan peraturan termasuk didalamnya kebijakan yang telah diambil atau disepakati dengan DPRD setempat.  Saya kira hal yang perlu dilakukan adalah membangun soliditas dalam jajaran pemerintah daerah,  jaga trantibum, kerjasama dengan Forkompimda. Kita berada dalam kondisi pandemi.  Kita diperlukan untuk mengawal perencanaan dan penganggaran daerah yang akan menjadi pijakan untuk pelaksanaan kegiatan,” ungkap Restuardy.
Pjs. Gubernur Jambi Kukuhkan Pjs. Bupati Bungo dan Tanjab Timur.

“Saya juga ingin menitipkan bahwa dalam proses pelaksanaan anggaran yang ada sampai saat ini termasuk APBD, Dana Desa termasuk juga bantuan sosial yang dilaksanakan  sebagai upaya kita untuk mendorong stimulus atau mendukung pemulihan ekonomi khususnya bagi masyarakat yang terdampak,” lanjut Restuardy.

Hal kedua yang disampaikan Restuardy terkait dengan fasilitasi Pilkada 2020.   Menurutnya pemerintah juga berkewajiban memastikan agar penyelenggaraan Pilkada tahun ini tidak menjadi penyebab bertambahnya penularan Covid-19.

“Banyak hal yang perlu kita sampaikan pada masa kampanye, jangan malah justru menjadi pemicu untuk naiknya  atau munculnya  cluster baru akibat kegiatan pesta demokrasi yang seharusnya, sebenarnya ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dari pesta demokrasi yang akan kita lakukan. Saya berharap Bapa-bapak juga dapat bekerja sama dengan para kontestan dan seluruh pihak terkait yang sedang bekerja saat ini untuk bersama-sama bersinergi mendukung penegakan gerakan pencegahan dan penanganan Covid-19, misalnya dalam kampanye ini mungkin bisa didorong penggunaan alat peraga kampanye dengan materi-materi  tentang penggunaan masker, misalnya kita dorong ditempatkan di berbagai tempat di gang-gang di tempat-tempat masyarakat berkumpul  sebagai media untuk mengampanyekan gerakan pencegahan Covid-19,” terangnya.

Hal  ketiga menurutnya adalah tentang upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di masyarakat. “Saya minta di wilayah  masing-masing untuk berkoordinasi dengan Satgas yang ada di  kabupaten dan juga provinsi, yang perlu kita lakukan juga salah satu diantaranya adalah konsolidasi data,“ ujar Restuardy.

Restuardy berpesan kepada kedua penjabat bupati  yang baru dikukuhkan untuk tetap bekerja dengan baik walaupun masa tugas yang tidak panjang.

“Saya yakin diantara tenggang waktu ini cukup banyak permasalahan yang akan kita temui dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan daerah. Kita berharap sukses Pilkada 2020 dan terus membangun. Saya minta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bungo maupun Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk mendukung dalam melaksanakan tugas-tugasnya,” pungkas Restuardy.(JP-Hms/Lee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar