. Empat Karyawan Positif Covid-19, PetroChina Jambi Perketat Protokoler Kesehatan | Jambipos
Home » , , » Empat Karyawan Positif Covid-19, PetroChina Jambi Perketat Protokoler Kesehatan

Empat Karyawan Positif Covid-19, PetroChina Jambi Perketat Protokoler Kesehatan

Written By jambipos-online on Selasa, 21 Juli 2020 | 19:23

Karyawan PT PetroChina Jambi bekerja di lokasi penyulingan minyak dan gas (migas). Empat karyawan perusahaan migas tersebut di Jambi positif Covid-19, Minggu (19/07/2020). (Ist)

Jambipos, Jambi- Pihak manajemen perusahaan minyak dan gas (migas) PT PetroChina International Jabung Ltd, Provinsi Jambi memperketat pelaksanaan protokol kesehatan dan keamanan virus corona (Covid-19) di lingkungn perusahaan setelah adanya empat orang karyawan perusahaan migas tersebut yang positif Covid-19.

Vice President Human Resources & Relations PetroChina, Dencio Renato Boele di Jambi, Senin (20/07/2020) menjelaskan, pihaknya memperketat protokol kesehatan Covid-19 terhadap seluruh karyawan perusahaan. Baik karyawan yang bekerja di lapangan maupun di kawasan perkantoran.

“Seluruh karyawan PT PetroChina yang datang dari luar Jambi dan dari zona merah di Kota Jambi harus menjalani dua kali rapid test. Kemudian mereka menjalani karantina selama 10 hari di ruang karantina yang kamisediakan. Setelah itu baru mereka bisa kembali bertugas di lapangan dan di kantor,”katanya.

Dijelaskan, karyawan PT PetroChina juga wajib menyerahkan laporan epidemiologi yang menunjukkan riwayat perjalanan mereka sebelum mereka masuk ke kantor dan bekerja. Para pekerja subkontraktor PT PetroChona yang bekerja untuk Blok Jabung juga harus menjalani rapid test sebelum bekerja. Pekerja baru diizinkan ke lapangan bila mendapat dua kali hasil non-reaktif saat rapid test.

“Tim medis PT PetroChina juga memeriksa kondisi fisik pekerja secara menyeluruh. Pengecekan kesehatan yang ketat memungkinkan perusahaan untuk mendeteksi potensi penularan Covid-19,”ujarnya.

Dikatakan, empat karyawan PT PetroChina yang positiof Covid-19 bekerja di Betara Gas Plant di Kabupaten Tanjungjabung Barat (TJB). Seorang karyawan positif Covid-19 tersebut merupakan pekerja PetroChina Jabung dan tiga orang merupakan pekerja subkontraktor PT Ceria Utama Abadi.

Menurut Dencio Renato, sesuai hasil tes deteksi virus (Polymerase Chain Reaction/PCR) yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanjungjabung Barat, keempat karyawan PT PetroChina dinyatakan positif Covid-19, Sabtu (18/07/2020). Keempat karyawan tersebut, (41), AF (35), JH (44) dan ARS (47). Mereka menjalani tes PCR, Senin (13/07/2020).

Tetap Dipantau

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanjabbar, Taharrudin di Kualatungkal, Tanjabbar, Jambi, Senin (20/072020) menjelaskan, keempat pasien baru positif Covid-19 di Tanjabbar tersebut memiliki riwayat kontak dengan seorang pasien positif Covid-19 di daerah Kabupaten Muarojambi. Keempat pasien tersebut hingga Senin (20/07/2020) masih diisolasi pihak PT PetroCina di markas mereka. Kondisi keempat pasien Covid-19 tersebut tetap dipantau.

 Secara terpisah Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah mengatakan, pasien positif Covid-19 di Provinsi Jambi terus bertambah. Jumlah pasien positif Covid-19 yang sembuh di Jambi sepekan terakhir sebanyak enam orang. Dengan demikian total pasien positif Covid-19 yang sembuh di Jambi sejak Maret hingga Senin (20/07/2020) ini sudah mencapai 104 orang. Sedangkan jumlah kasus positif Covid-19 di daerah tersebut sebanyak 123 kasus.

Namun di Jambi tidak ada penambahan kasus positif Covid-19 hingga Senin (20/07/2020) siang. Jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat di Jambi hingga Senin 79 orang dan pasien yang menjalani uji swab 62 orang. Sedangkan empat karyawan PT PetroChina di Jambi yang positif Covid-19, masih menjalani perawatan dan diisolasi di ruang perawatan khusus perusahaan dan kondisi mereka stabil.

“Protokol kesehatan Covid-19 di perusahaan itu diperketat mencegah penularan Covid-19. Kemudian penelusuran (tracking) terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan empat karyawan PT PetroChina yang positif Covid-19 tersebut terus dilakukan ,”katanya. (JP-Matra/AdeSM)
Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA