. Pertumbuhan Ekonomi Melambat Di Tengah Pandemi Covid-19 | Jambipos
Home » , » Pertumbuhan Ekonomi Melambat Di Tengah Pandemi Covid-19

Pertumbuhan Ekonomi Melambat Di Tengah Pandemi Covid-19

Written By jambipos-online on Jumat, 19 Juni 2020 | 12:49

ILUSTRASI-Pasar Tani HUT Prov Jambi.
Jambipos, Jambi-Pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi terpantau melambat akibat pandemi Covid-19. Penyebaran virus yang berlangsung sangat cepat, mendorong berbagai negara menerapkan pembatasan kegiatan hingga kebijakan lockdown. Akibatnya, terjadi penurunan aktivitas perjalanan, operasional industri, investasi dan ekspektasi konsumen sehingga menimbulkan shock terhadap penawaran dan permintaan agregat. 

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi pada triwulan I 2020 tumbuh 1,65% (yoy), melambat dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 3,59% (yoy) juga lebih rendah dibandingkan pertumbuhan triwulan I 2019 sebesar 4,69% (yoy).

Pembatasan pergerakan manusia dan industri mengakibatkan penurunan permintaan baik dari sisi eksternal maupun domestik. Kondisi tersebut berdampak pada penurunan kinerja ekspor dan konsumsi rumah tangga. 

Risiko penyebaran Covid-19 juga menimbulkan pesimisme terhadap pelaku usaha sehingga kinerja investasi mengalami penurunan. 

Di sisi lain, konsumsi pemerintah terpantau meningkat didorong ekspansi keuangan pemerintah terkait penanganan dampak Covid-19. 

Hal ini sejalan dengan upaya yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah dalam penguatan perlindungan sosial dan stimulus ekonomi a.l. melalui refocusing dan realolasi anggaran belanja untuk percepatan penanganan dampak Covid-19.  

Secara sektoral, perlambatan terjadi pada hampir seluruh lapangan usaha kecuali pertanian, informasi dan komunikasi, serta pengadaan air. Penurunan permintaan sejalan dengan melambatnya pertumbuhan lapangan usaha pertambangan, industri pengolahan dan perdagangan. 

Di sisi lain, penerapan pembatasan sosial mendorong perbaikan kinerja lapangan usaha informasi dan komunikasi serta lapangan usaha pengadaan air. Sementara, meningkatnya pertumbuhan lapangan usaha pertanian seiring berlangsungnya panen raya tanamanan pangan.

Pertumbuhan ekonomi triwulan II 2020 diprakirakan melambat dibanding triwulan sebelumnya.  Penurunan kinerja ekonomi daerah terutama disebabkan oleh meluasnya penyebaran Covid-19. 

Permintaan eksternal dan domestik diprakirakan masih mengalami penurunan, sehingga berdampak pada pelemahan konsumsi swasta dan perdagangan eksternal Provinsi Jambi. Meskipun, konsumsi pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19 akan menahan penurunan ekonomi daerah lebih lanjut.
 
Untuk keseluruhan tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi juga diprakirakan mengalami perlambatan. Penurunan kinerja ekonomi daerah terutama dipengaruhi oleh dampak outbreak Covid-19. Kebijakan lockdown dan  pembatasan sosial dalam rangka penanganan Covid-19 menjadi faktor utama yang menahan perbaikan ekonomi daerah.   

Asesmen perkembangan ekonomi Provinsi Jambi secara lengkap dapat diakses di www.bi.go.id/Publikasi/Kajian Ekonomi Regional/Jambi  (JP-Rel/Lee)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Bersyukur Sebagai Kader Alumni GMKI

Bersyukur Sebagai Kader Alumni GMKI
Tinggi Iman Tinggi Ilmu dan Tinggi Pengabdian #UtOmnesUnumSint. Robinson Hutapea.

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Mengucapkan

Mengucapkan
HPN 2021
 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA