Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Inflasi Jambi Mei 2020 Terkendali

ILUSTRASI-PASAR TANI
Jambipos, Jambi-Berdasarkan data BPS Provinsi Jambi, pada Mei 2020 Provinsi Jambi mengalami inflasi bulanan sebesar 0,32% (mtm). Dengan angka tersebut, maka secara tahunan inflasi Jambi adalah sebesar 1,09% (yoy) dan secara tahun berjalan inflasi Jambi sebesar 0,56% (ytd). 

Secara keseluruhan, jenis barang dan jasa yang memberikan andil terbesar adalah komoditas pada kelompok transportasi yaitu angkutan udara (andil 0,23%), dan komoditas pada kelompok makanan, minuman, tembakau, yaitu bawang merah (andil 0,23%), kangkung (andil 0,19%), tempe (andil 0,04%), dan bayam, ikan dencis, dan ikan lele (andil 0,03%).

Secara umum, dibukanya kembali layanan penerbangan komersial domestik di tengah kebijakan Pemerintah terkait pembatasan aktivitas sosial dan larangan untuk melakukan perjalanan mudik, berdampak pada kenaikan tarif angkutan udara. 

Peningkatan harga aneka rokok terjadi menyusul kebijakan pemerintah yang meningkatkan tarif cukai hasil tembakau dan harga jual eceran (HJE) untuk komoditas tersebut sebesar 23%. Sementara itu, berakhirnya masa panen di sejumlah sentra di wilayah Jawa, berdampak pada keterbatasan pasokan komoditas bawang merah. 

Di tengah kecenderungan meningkatnya permintaan pada periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), hal ini berdampak terhadap kenaikan harga komoditas bawang merah.

Terdapat beberapa komoditas yang menahan deflasi, yakni cabai merah (andil deflasi 0,21%), bawang putih (andil deflasi 0,09%), telur ayam ras dan beras (andil deflasi 0,04%), ikan nila dan minyak goreng (andil deflasi 0,03%), dan cabai rawit (andil deflasi 0,02%). Penurunan harga pada komoditas tersebut sebagai dampak dari melimpahnya pasokan untuk memenuhi permintaan.

Adapun rincian perkembangan inflasi pantauan di Jambi adalah sebagai berikut:

Kota Jambi:

Bulanan : 0,29% (mtm)

Tahun Berjalan : 0,53% (ytd)

Tahunan : 1,15% (yoy)

Inflasi utamanya didorong oleh peningkatan harga yang terjadi pada komoditas angkutan udara (andil 0,26%), bawang merah (andil 0,21%), kangkung (andil 0,07%), rokok kretek filter (andil 0,05%), tempe, bayam, rokok putih, dan ikan dencis (andil 0,04%). 

Sementara komoditas penyumbang deflasi antara lain cabai awang merah (andil 0,25%), bawang putih (andil 0,09%), telur ayam ras (andil 0,05%), kemeja pendek katun pria, beras, ikan nila, dan celana panjang jeans pria (andil 0,04%).

Kabupaten Bungo:

Bulanan : 0,49% (mtm)

Tahun Berjalan : 0,73% (ytd)

Tahunan : 0,55% (yoy)

Inflasi utamanya didorong oleh peningkatan harga yang terjadi pada komoditas bawang merah (andil 0,35%), daging ayam ras (andil 0,20%), ayam hidup (andil 0,07%), petai dan rokok kretek filter (andil 0,05%). Sementara komoditas penyumbang deflasi antara lain cabai merah (andil 0,36%), bawang putih (andil 0,08%), emas perhiasan (andil 0,07%), cabai rawit dan jeruk (andil 0,02%).

Mempertimbangkan kondisi terkini serta kebijakan pemerintah maupun pelaku usaha, pada Juni 2020 Provinsi Jambi diperkirakan akan mengalami inflasi pada kisaran 0,21% - 0,61% (mtm) atau 0,34% - 0,74% (yoy). 

Inflasi utamanya akan didorong oleh kenaikan harga komoditas tarif angkuran udara seiring dengan peningkatan permintaan menyusul dibukanya kembali layanan penerbangan komersial domestik. 

Selain itu, beberapa komoditas bahan makanan seperti bawang merah dan daging ayam ras diperkirakan meningkat yang disebabkan keterbatasan pasokan untuk memenuhi kebutuhan.(JP-Rel/Lee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar