. Sukacita Bersama di Pesta Bona Taon Sigalingging Se Kota Jambi 2020 | Jambipos
Home » , , » Sukacita Bersama di Pesta Bona Taon Sigalingging Se Kota Jambi 2020

Sukacita Bersama di Pesta Bona Taon Sigalingging Se Kota Jambi 2020

Written By jambipos-online on Sabtu, 22 Februari 2020 | 23:01

Ketua Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere & Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya I Robinson Sigalingging/ Br Sinaga dan Pengurus Lainnya saat Manortor Pada Pesta Bona Taon PPRS Se Kota Jambi di Gedung Budi Mulia Mayang Jambi, Sabtu  (22/2/2020). Foto Asenk Lee Saragih.
Jambipos, Jambi-Pesta Partangiangan (syukuran) awal tahun 2020 (Bona Taon) Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere & Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya di Gedung Budi Mulia Mayang Jambi, Sabtu (22/2/2020) berjalan penuh sukacita dan penuh kekeluargaan. Rasa sukacita kegembiraan tampak pada kegiatan tradisi orang Batak di perantauan itu.

Sekitar 300 jiwa dari 133 kepala keluarga (KK) PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya menikmati suasana pesta silaturahmi ini. Acara diawali dengan kebaktian yang dibawakan Pdt Daniel Budiman Aritonang STh dari Pendeta Resort Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Anugerah Terpadu Kota Jambi. Sementara Votum oleh St St B Gurning, Doa Syafaat Ap Anjel Sigalingging.
Dalam kotbahnya Pdt Daniel Budiman Aritonang STh mengajak kumpulan marga kerabat Sigalingging Boru, Bere Ibebere Se Kota Jambi untuk mengedepankan kasih dalam hidupnya.

Dia juga mengajak agar seluruh anggota kumpulan Marga Sigalingging, Boru, Bere Ibebere si Kota Jambi untuk saling member baik dalam sukacita maupun dukacita. Sebab makna kasih itu adalah memberi.
Ketua Panitia Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere & Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya St Andi M Garingging/ Br Purba mengatakan, hendaknya kumpulan marga ini selalu saling peduli satu dengan yang lain.

Dirinya juga berharap acara Pesta Bona Taon sebagai ajang silaturahmi untuk lebih mempererat kekeluargaan anggota kumpulan. Kemudian anggota kumpulan agar dapat saling berbagi dibidang sosial sehingga Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere & Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya saling terjadi hubungan emosional satu dengan yang lain, terlebih dalam hal dukacita.

Sementara Ketua Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere & Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya I Robinson Sigalingging/ Br Sinaga dampingi Pengurus lainnya mengatakan, pesta bona tahun itu merupakan bagian dari tradisi orang Batak di Perantauan. Tradisi ini sebagai ajang silaturahmi antara anggota kumpulan marga untuk saling penduli dalam sukacita dan dukacita.


Disebutkan, bahwa perkembangan jumlah anggota kumpulan sungguh pesat. Yang dahulunya pesta hanya dilaksanakan di rumah dan gedung yang lebih kecil, kini sudah di gedung yang besar. 
Pdt Daniel Budiman Aritonang STh.
I Robinson Sigalingging juga mengatakan, bahwa Pesta Bon Taon Tahun 2020 ini sudah ada kemajuan, yakni Pemuda (Naposo)  Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere & Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya sudah tampil dalam menortor. 

Dia juga memberikan dukungan kepada kaum kaula muda untuk membuat kegiatan yang sejalan dengan Vis-Misi Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere & Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya. 

Salah satu Penasehat Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere & Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya Ap Enjel  Sigalingging/Br Purba meminta agar kumpulan marga itu dapat membangun kebersamaan dalam keadaan bersuka cita maupun berduka cita. 

Dia juga mengucapkan terimaksih kepada seluruh Pengurus dan Komisaris Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere & Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya yang menjalankan “punguan” dengan baik. 

Ap Enjel Sigalinggung juga menekankan kepada para Pemuda Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere & Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya agar bisa berbuat untuk “Punguan” atau membantu orang tua kelak. 
Ketua Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere & Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya I Robinson Sigalingging/ Br Sinaga.
Acara pesta ini dipandu oleh protokol St Josen Sitopu. Usai makan bersama dilanjutkan dengan acara tor-tor (tarian) dalam penggalangan dana untuk kas kumpulan. Suasana pesta tambah meriah dengan lantunan tembang-tembang Batak oleh PN-Trio (Jay Sihombing, Martogi Simbolon, Goxen Purba). 

Pada acara syukuran itu terkumpul dana dari hasil penjualan kupon, iuran dan hasil tor-tor (Panasehat, Panitia, Sigalingging, Boru, Bere-Ibebere) sebanyak Rp 32 Juta. 

Jumlah KK Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere & Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya sebanyak 130 KK dengan rincian (Haha Anggi) Marga Sigalingging  sebanyak 44 KK, Boru 35 KK, Bere 31 KK dan Ibebere 20 KK tambah anggota baru Sabtu (22/2/2020) sebanyak 3 KK.

Tradisi Budaya

Pesta “bona taon” atau biasa disebut pesta awal tahun merupakan acara rutin setiap awal tahun yang diselenggarakan perkumpulan marga suku Batak atau perkumpulan warga (suku Batak) di perantauan. Pesta Bona Taon ini adalah pesta sukacita dan penuh kegembiraan kepada seluruh anggota kumpulan yang juga merupakan tradisi Adat Budaya Batak.

Acara pesta “Bona Taon” diawali dengan ibadah singkat dilanjutkan makan siang bersama. Kemudian laporan pertanggung jawaban panitia pesta dan tentu saja pengurus perkumpulan marga berkaitan program kerja serta kondisi keuangan yang sudah berjalan dalam setahun penuh.
Ketua Panitia Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere & Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya St Andi M Garingging/ Br Purba.
Sedangkan acara paling ditunggu-tunggu adalah “manortor” menari bersama yang diatur secara berkelompok dan bergiliran. Tentunya “manortor” ini diiringi musik yang membuat suasana semarak dan meriah sambil mengumpulkan uang melalui sawer-menyawer. Adapun uang yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai pesta sekaligus mengisi kas keuangan kumpulan marga.

Pesta Bona Taon ini adalah tradisi tahunan yang memang rutin dilaksanakan di awal tahun oleh komunitas Marga Batak. Tidak heran bila sepanjang bulan Januari-Februari-Maret bahkan hingga April ratusan perkumpulan Marga Suku Batak di Jambi secara khusus saat weekend (Jumat-Minggu), gedung-gedung pertemuan biasanya akan ramai dengan acara pesta Bona Taon.

Bahkan pada momen Pesta Bona Taon ini, Perkumpulan Artis Batak Jambi (PABJ) menangug karena banyak menerima job untuk memeriahkan acara dengan ragam lagu-lagu Batak, Nasional yang berirama gembira.

Susunan Pengurus

Susunan Pengurus 2019 – 2022 Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere & Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan Sekitarnya. Ketua Penasehat : Op. Natan Gajah Sigalingging/Br Manalu. Anggota: 1.A.Godman Sigalingging/Br Manalu, 2.St M Saragih,SH/Br Purba, 3.A.Enjel  Sigalingging/ Br Purba.

Paniroi: 1.Op Welbi Naibaho/ Br Sigalingging, 2. St Josen Sitopu (Op Jeremi)/ Br Simarmata.

Ketua  PPRS Se Kota Jambi: 1. I Robinson Sigalingging SPd/ Br Sinaga (Ap Juan), Wakil 1. Iramsen Saragih Garingging SH/ Br Purba (Ap Tivani), 2. Syamsudin Sigalingging / Br Sinaga (Ap Mahasih). Sekretaris PPRS Se Kota Jambi: TP Napitupulu SSTP, MH/ Br Sigalingging, 2.P Simanjuntak/ Br Sigalingging, Bendahara: St B Gurning/ Br Garingging (Op Samuel). 

Komisaris-Komisari PPRS Se Kota Jambi

Komisaris dalam Kota Jambi: 1. Ap Tasya Ambarita/ Br Naibaho, 2. Ap Anggi Purba/ Br Sinaga (+), 3. St Josen Sitopu (Op Jeremi/ Br Simarmata, 4. Ap Ricky Malau/ Br Sigalingging, 5. Ny Manurung Boru Galingging (Mama Monang), 6. Ap Andre Sigalingging/ Br Sihombing.

Komisaris PPRS di luar Kota Jambi yang meliputi Lintas Timur Tanjabar, Muarasabak, Muarojambi, Muarabulian, Tembesi, 1. Ap Riksan Manik Kecumak/ Br Marbun, 2. Ap Rawasti Sigalingging/ Br Hasibuan.  (JP-Asenk Lee Saragih)

Gallery Foto Pesta Bona Taon Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere dan Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan Sekitarnya. (Foto-Foto Asenk Lee Saragih dan Ezer Twopama Manihuruk) 














PN-Trio (Jay Sihombing, Martogi Simbolon, Goxen Purba).



PN-Trio (Jay Sihombing, Martogi Simbolon, Goxen Purba).

PN-Trio (Jay Sihombing, Martogi Simbolon, Goxen Purba).







































Enjel Br Purba.
































Perkenanlan Anggota Baru.




Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA