Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


DPD PDIP Undang Bakal Cagub Jambi Lakukan Fit And Proper Test

Drs Al Haris Bacagub Jambi (pakai batik) bersama Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi Edi Purwanto bersama Ketua dan Tim Panitia Penjaringan Balon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi DPD PDIP Provinsi Jambi Hotman Sitanggang SH, Sekretaris Tim Penjaringan Afrioga Felmi (paling kiri), Petrus Hilman Dapot Tuah Purba BBA (kedua dari kiri) dan Anggota Tim 7 Penjaringan, Junaedi Singarimbun dan anggota lainnya.(Istimewa)
Jambipos, Jambi-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengundang 10 nama bakal calon Gubernur dan wakil gubernur Jambi Pilkada September 2020 untuk melakukan Fit and proper test dan penyampaian Visi-Misi. Calon yang sudah mendaftar di DPD PDIP Provinsi Jambi itu akan melakukan Fit and proper test ini, Kamis dan Jumat (20-21/02/2020) di Kantor DPD PDIP Provinsi Jambi, Jalan Haji Kamil, Kota Jambi.
   
Anggota Panitia Penjaringan Balon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi DPD PDIP Provinsi Jambi, Petrus Hilman Dapot Tuah Purba BBA (Ketua Bidang Ekonomi DPD PDIP Provinsi Jambi) kepada Jambipos, Kamis (20/2/2020) mengatakan, yang diundang hari ini (Kamis) yakni H Bakri, Jefri Amas Hutagalung, Drs Al Haris, Ramli Taha, Tigor Guna Haposan Sinaga,  H Cek Endra, DR H Safrial Siregar, Drs KH Abdullah Sani.

Pelaksanaan melakukan Fit and proper test dan penyampaian Visi-Misi kepada 8 calon ini dilakukan mulai Pukul 09.00 WIB hingga Pukul 21.00 WIB. Pelaksanaan Fit and proper test juga disaksikan Ketua Panitia Penjaringan Balon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi DPD PDIP Provinsi Jambi Hotman Sitanggang SH, Sekretaris Tim Penjaringan Afrioga Felmi, dan Anggota Tim 7 Penjaringan, Junaedi Singarimbun dan anggota lainnya.

Sementara untuk calon Fachrori Umar dan H Syarif Fasha pelaksanaan Fit and proper test dan penyampaian Visi-Misi akan dilakukan Jumat (21/2/2020) mulai Pukul 15.30 WIB untuk Fachrori dan Pukul 16.00 WIB untuk Syarif Fasha di Kantor DPD PDIP Provinsi Jambi, Jalan Haji Kamil, Kota Jambi.  
   
Membaca Peluang



H Cek Endra (kemeja putih) Kembalikan Formulir Pendaftaran cagub jambi di DPD PDIP Prov Jambi-Senin 23 September 2019-Foto Asenk Lee Saragih .
Membaca peluang pada pesta demokrasi Pemilihan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi Periode 2021-2026 pada September 2020 sudah didepan mata. Sejumlah sosok bakal calon gubernur (Balongub) Jambi  sudah semakin meruncing. Bahkan bakal pasangan calon (Paslon) sudah digadang-gadang publik dan tim sukses.

Mereka balongub Jambi yang popularitasnya mulai meningkat diantaranya H Fachrori Umar (Gubernur Jambi), H Syarif Fasha (Wali Kota Jambi), H Al Haris (Bupati Merangin), H Cek Endra (Bupati Sarolangun).

Sedangkan balon wakil gubernur yakni H Abdullah Sani (Politisi PDIP), Sukandar (Bupati Tebo), Irjen Pol Drs Muchlis AS MH (Kapolda Jambi).

Bahkan sejumlah warganet dan tim sukses serta pengamat politik sudah kerap menjodohkan Paslon Gub Jambi. Seperti Balon Paslon Fachrori Umar- Muchlis AS MH, Balon paslon H Al Haris- H Abdullah Sani, Balon Paslon H Cek Endra- Sukandar.

Sedangkan H Syarif Fasha yang menurut survey menempati urutan teratas hingga kini belum tampak calon wakilnya. Namun demikian yang kini menjabat Ketua Harian DPD I Partai Golkar Provinsi Jambi ini justru terancam tak diusung Golkar.

Sementara Parpol yang memiliki kursi (55 Kursi) di DPRD Provinsi Jambi Periode 2019-2024 yakni PDIP 9 kursi, Golkar 7 kursi, Gerindra 7 kursi, Demokrat 7 kursi, PAN 7 kursi, PKS 5 Kursi, PKB 5 kursi, PPP 3 kursi, Nasdem 2 kursi, Hanura 1 kursi, dan Berkarya 1 kursi.

Berdasarkan Pasal 40 UU Nomor 10 tahun 2016 menyebutkan jika Partai Politik atau gabungan Parpol dapat mendaftarkan Paslon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20 % dari jumlah kursi DPRD atau 25 % dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilu.

Sementara berdasarkan hasil pleno KPU Provinsi Jambi, ada 10 parpol yang meraih kursi di DPRD Provinsi Jambi. PDIP sendiri meraih 9 kursi atau 16,36 persen. Golkar, Gerindra, Demokrat dan PAN meraih 7 Kursi atau 12,72 persen. Kemudian PKB dan PKS meraih 5 kursi atau 9,09 persen. PPP meraih 3 kursi atau 5,45 persen, dan Nasdem serta Hanura meraih dua kursi atau 3,64 persen.

Sementara untuk 20 persen kursi di DPRD Provinsi Jambi adalah 11 kursi. Artinya partai politik wajib koalisi untuk bisa mengusung calon. Dengan sebaran persentase jumlah kursi PDIP cukup menambah 2 kursi untuk bisa mengusung calon sendiri.

Sementara Golkar, Gerindra, Demokrat dan PAN harus bisa menambah 4 kursi untuk mengusung calon. Artinya jumlah calon yang bisa diusung parpol sebenarnya bisa lebih dari 3 pasangan calon.

Untuk penentuan Paslon Pilkada Gubernur Jambi September 2020 seluruhnya ditentukan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Parpol yang memiliki kursi di DPRD Provinsi Jambi.

Jika membaca perolehen kursi di DPRD Provinsi Jambi, PDIP lebih besar peluang mengusung Paslon H Al Haris- H Abdullah Sani dengan menambah dua kursi (11 kursi dewan) Partai Hanura atau Berkarya dan PPP .

Kemudian Golkar berpeluang besar mengusung  Paslon H Cek Endra- Sukandar dengan tambahan koalisi Partai PKB dan PKS. Sedangkan Paslon Fachrori Umar- Muchlis AS MH bisa diusung koalisi NasDem, Demokrat, Gerindra dan PAN.

Atau bisa kemungkinan H Syarif Fasha akan memborong koalisi Parpol seperti pencalonan Pilkada Wali Kota Jambi periode keduanya yang hanya menyisakan PDIP dengan PAN. Bisa juga diprediksi Syarif Fasha memborong koalisi Parpol Gerindra, PAN, PKS, PKB, PPP, Hanura, Berkarya untuk maju di Pilgub Jambi September 2020 mendatang.(JP-Asenk Lee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar