Home » , , , , , » Istri Gubernur Jambi Hj Rahima Fachrori Hadiri Pesta “Bona Taon” Marga Manik Jambi

Istri Gubernur Jambi Hj Rahima Fachrori Hadiri Pesta “Bona Taon” Marga Manik Jambi

Written By jambipos-online on Minggu, 19 Januari 2020 | 20:39

Gubernur Jambi: Mari Jalin Persaudaraan Untuk Kesejahteraan Bersama
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori turut menghadiri silaturahmi tersebut.(Humas)
Jambipos, Jambi-Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengajak seluruh masyarakat Provinsi Jambi menjalin persaudaraan dan kerjasama untuk kesejahteraan bersama. Hal itu dikemukakan Gubernur Jambi dalam sambutan tertulisnya yang disampaikm oleh Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Hukum dan Politik, Asraf dalam Silaturahmi Akbar dan Syukur Awal Tahun 2020 Marga Manik se Kota Jambi dan Sekitarnya, di Gedung Puri Grasia Raissa, Kota Jambi, Minggu (19/1/2020) sore.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori turut menghadiri silaturahmi tersebut.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Jambi yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Hukum dan Politik, Asraf, gubernur mengajak seluruh masyarakat Provinsi Jambi yang beranekaragm, untuk sama-sama membangun Provinsi Jambi, untuk kemajuan Provinsi Jambi.

Selain itu, gubernur mengajak masyarakat untuk hidup saling menghormati dan dinamis, bersinergi membangun bangsa dan dengan sikap yang optimis.
Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum.
Gubernur mengemukakan, pentingnya hidup rukun dalam perbedaan sejalan dengan tema Ulang Tahun ke-63 Provinsi Jambi Tahun 2020, yakni “Rumah bagi Keberagman”, yang mengisyaratkn pentingnya kerukunan dan kekompakan.

Rahima menambahkan bahwa dirinya turut senang dengan kerukunan masyarakat di Provinsi Jambi, dan berharap kondisi tersebut bisa terus dipelihara bahkan ditingkatkan.

Pada kesempatan tersebut, Asraf dan Hj Rahima turut manortor (menari) bersama para pengurus kesatuan Marga Manik se Kota Jambi dan sekitarnya. Sebagai bentuk penghargaan Marga Manik se Kota Jambi dan sekitarnya kepada Gubernur Jambi dan istri, pengurus Marga Manik se Kota Jambi dan sekitarnya memberikan cendera mata berupa ulos (kain budaya suku Batak) kepada Rahima. 

Pesta "bona taon" atau biasa disebut pesta awal tahun merupakan acara rutin setiap awal tahun yang diselenggarakan perkumpulan marga suku Batak atau perkumpulan warga (suku Batak) di perantauan. Pesta Bona Taon ini adalah pesta sukacita dan penuh kegembiraan kepada seluruh anggota kumpulan yang juga merupakan tradisi Adat Budaya Batak.

Biasanya, acara pesta “Bona Taon” diawali dengan ibadah singkat dilanjutkan makan siang bersama. Kemudian laporan pertanggung jawaban panitia pesta dan tentu saja pengurus perkumpulan marga berkaitan program kerja serta kondisi keuangan yang sudah berjalan dalam setahun penuh.  

Akhirnya, acara paling ditunggu-tunggu adalah “manortor” menari bersama yang diatur secara berkelompok dan bergiliran. Tentunya “manortor” ini diiringi musik yang membuat suasana semarak dan meriah sambil mengumpulkan uang melalui sawer-menyawer. Adapun uang yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai pesta sekaligus mengisi kas keuangan kumpulan marga.

Pesta “Bona Taon” ini adalah tradisi tahunan yang memang rutin dilaksanakan di awal tahun. Tidak heran bila sepanjang bulan Januari-Februari-Maret bahkan hingga April ratusan perkumpulan Marga Suku Batak di Jambi secara khusus saat weekend (Jumat-Minggu), gedung-gedung pertemuan biasanya akan ramai dengan acara pesta "bona taon". (JP-Asenk Lee)


  



Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA