. IW: Membangun Sinergitas Mewujudkan Pembangunan | Jambipos
Home » , , , » IW: Membangun Sinergitas Mewujudkan Pembangunan

IW: Membangun Sinergitas Mewujudkan Pembangunan

Written By jambipos-online on Selasa, 31 Desember 2019 | 11:29

Rapat Koordinasi (rakor) bersama  Anggota Komisi V (Pembangunan) DPR RI Dapil Jambi Drs H Hasan Basri Agus (HBA) dengan Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Anggota Komisi III (Pembangunan) DPRD Provinsi Jambi H Ivan Wirata ST MM MT di Jambi, Jumat (27/12/2019) lalu. (Kolase FB)
Jambipos, Jambi-Membangun sinergitas antara eksekutif, legislative baik ditingkat daerah dengan pusat merupakan hal yang sangat penting dalam mewujudkan perencanaan pembangunan. Sinergitas legislative dengan eksekutif harus dibangun sejak perencanaan pembangunan sehingga hasilnya tepat baik dan terarah.

Selama ini kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Provinsi Jambi minim dalam melakukan sinergitas dengan legislative dalam perencanaan pembangunan. Sehingga dalam pengesahan anggaran di dewan kerap terjadi penolakan atau pencoretan rencana anggaran.

Hal itu mengemuka saat Rapat Koordinasi (rakor) bersama  Anggota Komisi V (Pembangunan) DPR RI Dapil Jambi Drs H Hasan Basri Agus (HBA) dengan Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Anggota Komisi III (Pembangunan) DPRD Provinsi Jambi H Ivan Wirata ST MM MT di Jambi, Jumat (27/12/2019) lalu.

Rakor ini dalam rangka sinergisitas pembangunan Provinsi Jambi ke depan. Sehingga dalam pembuatan proposal perencanaan pembangunan oleh pemerintah daerah dapat bersinergi dengan pusat sehingga dapat diperjuangkan soal penganggaran oleh anggota dewan di legislative.

Menurut Ivan Wirata, sebaiknya pemerintah daerah lewat OPD melibatkan anggota dewan dalam suatu perencanaan pembangunan. Hal ini penting sehingga terjadi singkronisasi antara eksekutif dengan legislates dalam membahas anggaran.

Ivan Wirata juga mencontohkan, jangan sampai terjadi seperti pembatalan rencana proyek pembangunan  jalan layang (fly over) Tugu Juang – Nusa Indah Kota Jambi oleh Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi, Jumat (22/11/2019) lalu. 

Padahal Dinas PUPR Provinsi Jambi telah mengalokasikan dana sebesar Rp 198 Miliar pada APBD Tahun 2020 untuk pembangunan proyek yang telah tertunda pada era tiga Gubernur Jambi (HBA, Zumi Zola, Fachrori Umar).

 Ivan Wirata yang juga mantan Kadis PUPR Provinsi Jambi medio 2011-2014 ini, dirinya mengajak Anggota DPR RI Dapil Jambi untuk bersinergi dan dapat mewujudkan pembangunan di Provinsi Jambi, seperti Jembatan Batanghari III, Pelabuhan Ujung Jabung dan lainnya.

Rencana pembangunan Jembatan Batanghari III yang akan dibangun di Desa Sungai Duren, Kabupaten Muarojambi, akan diintegrasikan dengan pembangunan jalur kereta api trans Sumatera yang menghubungkan Sumatera Selatan dengan Provinsi Riau. 

Kata IW, saat dirinya menjabat Kadis PU Provinsi Jambi, tahapan pembangunan Jembatan Batanghari III sudah dilakukan dengan mengubah desain yang diusulkan oleh Pemkab Muarojambi dan selanjutnya diajukan kembali ke Kementerian PU.

Dari Senayan

Terpisah, HBA dihadapan Pimpinan Organisasi Pers dan Pemred media cetak, siber, elektronik di RM Pagi Sore, Jumat (27/12/2019) malam mengatakan, dirinya menyatakan akan fokus mendorong pembangunan Jambi melalui Senayan.

HBA secara tegas mengatakan, bahwa dirinya tidak akan maju di Pilgub Jambi September 2020 mendatang. Hal itu mematahkan anggapan banyak pihak kalau HBA ingin maju di Pilgub Jambi 2020 mendatang.

“Sebagai Anggota DPR RI yang dipercaya di Komisi V, saya bertekad mendorong pembangunan Jambi melalui Senayan.  Saya tegaskan saya tidak akan maju Pilgub Jambi. Saya akan fokus menjadi anggota DPR RI,” tegas Gubernur Jambi 2010-2015 ini.

“HBA populer karena adik-adik wartawan semuanya, dan ini ajang temu kangen perdana sejak saya resmi menjadi anggota DPR-RI. Kegiatan reses, saya telah mengunjungi dan menerima masukan-masukan yang harus diperjuangkan di Senayan sesuai Tupoksi Komisi V dan fungsinya di Badan Pengkajian MPR-RI,” ujarnya.

HBA juga meminta Pemda harus pro-aktif mengajukan berbagai proposal program yang harus diperjuangkan di Senayan. Selama ini masih minim singkronisai antara legislative dengan eksekutif khususnya soal perencanaan pembangunan.

“Melalui kegiatan ini banyak masukan dari para pimpinan media terkait pembangunan Tanjung Jabung Timur, peningkatan jalan Jambi-Sumsel dan harga tiket pesawat yang terus melambung dan masukan lainnya,” katanya.

Sementara Sekretaris PWI Provinsi Jambi Hery FR menyampaikan apresiasi atas langkah HBA menyerap aspirasi melibatkan para pemimpin redaksi media massa di Provinsi Jambi.

Juga berharap agar HBA selalu melibatkan wartawan dalam setiap reses sehingga dapat terpublikasi dengan baik kepada masyarakat. Demikian juga soal kebijakan-kebijakan Pusat di daerah, seperti lewat para aggota DPR-RI dan DPD Dapil Jambi lainnya.

Kegiatan reses HBA dalam menyerap aspirasi masyarakat dengan melibatkan wartawan dan pimpinan media berjalan dengan baik dan penuh keakraban. Reses ini dipandu langsung Tenaga Ahli HBA Ir Syahrasaddin MSi. (JP-Asenk Lee)
Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA