Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Inflasi Jambi November 2019 Tetap Rendah dan Terkendali

ILUSTRASI-Petani Karet.Dok JP
Jambipos, Jambi-Pada November 2019, perkembangan Indeks Harga Konsumen Kota Jambi mengalami deflasi 0,16% (mtm). Sejalan dengan Kota Jambi, Kabupaten Bungo tercatat deflasi sebesar 0,51% (mtm). 

Sehingga secara akumulasi, Provinsi Jambi mengalami deflasi sebesar 0,20% (mtm) atau secara tahunan mengalami inflasi 1,94% (yoy). Perkembangan inflasi tersebut lebih rendah dibandingkan Oktober 2019 yang mengalami inflasi sebesar 0,08% (mtm). Secara tahun kalender (Januari-November), laju inflasi Provinsi Jambi tercatat inflasi sebesar 1,03% (ytd).

Inflasi Provinsi Jambi pada November 2019 terutama disebabkan oleh penurunan harga kelompok bahan makanan seiring dengan terjaganya pasokan beberapa komoditas ikan-ikanan, peternakan, dan pertanian selama satu bulan terakhir. 

Komoditas bahan makanan yang menjadi penyumbang utama deflasi adalah ikan nila, kacang panjang, dan cabai merah. Turunnya harga ikan nila terjadi seiring dengan meningkatnya pasokan akibat membaiknya produksi sejalan dengan memasuki musim hujan. 

Sementara, deflasi kacang panjang disebabkan oleh meningkatnya pasokan seiring melimpahnya produksi di beberapa daerah sentra. Selanjutnya, penurunan harga cabai merah kembali berlanjut di tengah periode panen yang masih berlangsung.

Terkait deflasi di Kota Jambi, komoditas penyumbang deflasi terbesar pada November 2019 adalah: ikan nila (deflasi 5,51% mtm dengan andil -0,08%), kacang panjang (deflasi 39,43% mtm dengan andil -0,07%), dan cabai merah (deflasi 5,39% mtm dengan andil -0,07%). 

Menurunnya harga komoditas ikan nila terutama disebabkan terjaganya pasokan di tengah stabilnya permintaan. Komoditas kacang panjang juga mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya stok memasuki masa panen. 

Sementara, penurunan harga cabai merah terjadi akibat terjaganya stok dan pasokan memasuki masa panen di beberapa daerah sentra produksi sejak September 2019.

Sejalan dengan Kota Jambi, Kabupaten Bungo mengalami deflasi pada November 2019. Komoditas penyumbang deflasi terbesar di Kabupaten Bungo adalah: kentang (deflasi 14,28% mtm dengan andil -0,24%), cabai rawit (deflasi 32,06% mtm dengan andil -0,13%), dan daging ayam ras (deflasi 6,38% mtm dengan andil -0,09%). 

Kondisi ini disebabkan oleh terjaganya pasokan di tengah stabilnya permintaan masyarakat di bulan laporan. Turunnya harga kentang seiring dengan melimpahnya produksi di daerah sentra khususnya Kerinci. 

Sementara, harga cabai rawit kembali mengalami penurunan disebabkan bertambahnya stok di tingkat agen maupun pedagang pengecer seiring dengan masih berlangsungnya periode panen di berbagai daerah sentra. Penurunan harga daging ayam terutama disebabkan oleh membaiknya pasokan selama November 2019.
 
Mempertimbangkan kondisi terkini serta kebijakan pemerintah maupun pelaku usaha, laju inflasi Desember 2019 diperkirakan berada pada kisaran 0,76% - 1,16% (mtm) atau 1,81% - 2,21% (yoy). 

Inflasi utamanya akan didorong oleh peningkatan harga kelompok jasa angkutan dan bahan makanan seiring dengan tingginya permintaan masyarakat menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru sesuai pola musimannya. Dengan demikian, inflasi keseluruhan tahun 2019 diperkirakan masih terkendali pada kisaran 1,81% - 2,21% (yoy).(JP-Rel-BI)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar