Home » , , » Hj Rahima Anjurkan Makan Ikan Sejak Usia Dini

Hj Rahima Anjurkan Makan Ikan Sejak Usia Dini

Written By jambipos-online on Sabtu, 07 Desember 2019 | 16:59

Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, bersama Ketua Forikan Provinsi Jambi Hj.Rahima Fachrori mengajak masyarakat terutama anak-anak untuk gemar makan ikan. Ajakan tersebut disampaikan dalam Jambore Forikan ke-6 Tingkat Provinsi Jambi dan Kampanye Gemarikan dalam rangka Memperingati Hari Ikan Nasional ke-6 dengan tema “Konsumsi Ikan Meningkatkan Daya Saing Bangsa”, di Lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Sabtu (7/12/2019). (Humas)

FACHRORI AJAK MASYARAKAT UNTUK GEMAR MAKAN IKAN

Jambipos, Jambi-Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, bersama Ketua Forikan Provinsi Jambi Hj.Rahima Fachrori mengajak masyarakat terutama anak-anak untuk gemar makan ikan. Ajakan tersebut disampaikan dalam Jambore Forikan ke-6 Tingkat Provinsi Jambi dan Kampanye Gemarikan dalam rangka Memperingati Hari Ikan Nasional ke-6 dengan tema “Konsumsi Ikan Meningkatkan Daya Saing Bangsa”, di Lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Sabtu (7/12/2019).

"Makan ikan sehat, kita imbau hingga kabupaten/kota melalui acara ini yang setiap tahun diselenggarakan, guna meningkatkan konsumsi ikan," ungkap H.Fachrori Umar.

Fachrori menceritakan kebiasaan makan ikan itu menyehatkan berdasarkan pengalaman dirinya suka makan ikan. "Alhamdulillah, saat ini dalam keadaan sehat, dan saya senang makan ikan," kata Fachrori.

Tingkat konsumsi ikan menjadi perhatian Gubernur Jambi agar manfaat konsumsi ikan membantu pertumbuhan anak-anak yang menjadi generasi penerus bangsa. "Ada yang tidak mau makan ikan dan ini menjadi perhatian," tegas Fachrori.

Sementara Ketua Forikan Provinsi Jambi Hj.Rahima Fachrori menyatakan, tingkat konsumsi ikan dibiasakan dari anak-anak hingga dewasa, tetap menjadikan ikan sebagai makanan yang disenangi. "Sejak usia dini kita upayakan beri asupan ikan," kata Rahima.

Makan ikan menjadi sangat baik pada seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK), memenuhi kebutuhan gizi bagi masyarakat sangat penting menentukan kehidupan bangsa. Indonesia memiliki angka stunting (pertumbuhan kerdil) tinggi dari beberapa negara berkembang, harus menjadi perhatian seluruh lapisan masyarakat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi Temawisman, S.Pi, menyampaikan, tujuan Jambore Forikan Provinsi Jambi adalah menyamakan persepsi dan menyatukan gerak langkah seluruh pengurus Forikan dalam rangka mencerdaskan generasi masyarakat Jambi yang semakin sehat, kuat, dan cerdas menuju Jambi TUNTAS 2021.

Juga melakukan sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) kepada seluruh masyarakat sehingga meningkatkan minat masyarakat untuk mengonsumsi ikan.

Kemudian melakukan promosi dan memperkenalkan produk olahan yang berbahan baku ikan yang merupakan hasil diversifikasi produk olahan perikanan oleh pelaku usaha perikanan dari 11 kabupaten/kota se Provinsi Jambi, serta meningkatkan peran serta seluruh stakeholders terkait dalam rangka peningkatan konsumsi ikan di Provinsi Jambi.

Kampanye Gemarikan diisi dengan kegiatan edukasi tentang manfaat mengonsumsi ikan yang disampaikan oleh dokter dan pemberian makanan tambahan berbahan baku ikan bagi 250 orang anak sekolah. "Gerakan memasyarakatkan makan ikan," kata Temawisman.

Dalam Kampanye Gemarikan tersebut diberikan makanan gratis berbahan baku ikan bagi seluruh peserta Jambore Forikan dan masyarakat yang hadir, lomba masak berbahan baku ikan yang diikuti oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten dan Kota se Provinsi Jambi, serta gelar produk olahan berbahan baku ikan oleh pelaku usaha perikanan dari 11 kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi memberikan hadiah sepeda untuk pemenang lomba, dan hadiah televisi diserahkan Hj.Rahima Fachrori, serta doorprize lainnya yang disediakan pihak panitia untuk peserta Jambore Forikan.(JP-Hms/Lee) 
Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA