Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro Hadiri Kemeriahan Festival Kampung Senaung

Festival Kampung Senaung. (Foto-Foto Muhammad Usman) 
Jambipos, Muarojambi-Tarian Kedidi yang dipersembahkan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Nurdin Hamzah (STISIP NH) Jambi, turut memeriahkan pembukaan Festival Kampung Senaung 2019, di tepi Sungai Batanghari Desa Senaung, Kabupaten Muarojambi, Jumat (20/12/2019) Pukul 15.00 WIB. Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro juga hadir dalam kemeriahan festival tersebut.

Pemukulan gong oleh Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Kemasyarakatan, Akmal Aksari menandai dibukanya Festival Kampung Senaung. Ikut mendampingi, Asisten I Setda Muarojambi Bastari, Ketua STISIP NH Sigit Indrawijaya, Kades Senaung Bustami, dan tokoh masyarakat Senaung.

Dalam sambutanbya, Staf Ahli Gubernur sekaligus Kepala Biro Umum Setda Provinsi Jambi, Akmal Aksari mengatakan Pemprov Jambi mengapresiasi kegiatan ini.

Dia berharap kegiatan ini  memberikan manfaat bagi pengembangan dan kemajuan kepariwisataan di Provinsi Jambi khususnya di Kabupaten Muarojambi, sehingga terwujud Jambi Tuntas, Jambi yang lebih tertib, unggul, nyaman dan Sejahtera.
Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro.
Festival Kampung Senaung merupakan salah satu upaya  mengembangkan paradigma baru kepariwisataan, dengan dasar pemikiran pemanfaatan keberadaan potensi sumber daya alam yang unik dan khas di Desa Senaung.

“Hari ini saya kembali mengimbau kepada masyarakat di Provinsi Jambi mari kita kembangkan ekonomi kreatif dengan memadukan ide, seni, dan teknologi. Kita tidak boleh kalah dengan daerah lain untuk membangun dan mengembangkan ekonomi kreatif, mari kita kembangkan keunggulan produk ekonomi yang berbasis seni budaya serta kerajinan seperti even yang kita laksanakan pada hari ini,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Sementara Asisten I Setda Muarojambi Bastari dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemkab Muarojambi menyambut baik  terselenggaranya acara Festival Kampung Senaung ini.

Hendaknya ini nantinya diikuti oleh kampung-kampung atau desa-desa yang berada di Kabupaten Muarojambi. Ini adalah salah satu upaya mempertahankan kearifan lokal.

“Harapan kami ini jangan sampai hilang di telan masa, selain menampilkan kearifan lokal juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, kami harapkan kepada Gubernur Jambi agar kegiatan Festival Kampung Senaung ini dapat dimasukkan dalam agenda tahunan Provinsi melalui Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan Provinsi Jambi,” ujar Bastari.

Penduduk Senaung yang banyak hidup di tepi Sungai Batanghari, dikatakan Kepala Desa Senaung, Bustami sangat membutuhkan bantuan pemerintah membuat turap agar tanah tepi sungai tidak terbis semakin melebar.

Festival Kampung Senaung yang ketiga ini, sudah menjadi agenda tahunan. Ini bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat Desa Senaung untuk terus melestarikan peninggalan seni dan kebudayaan Senaung, serta permainan Tradisional Senaung.

Ini merupakan salah satu kegiatan pengembangan potensi kepariwisataan dan kebudayaan Provinsi Jambi.

Kegiatan Festival Kampung Senaung diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Senaung beserta tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, dan didukung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STISIP Nurdin Hamzah Jambi.

Acara ini juga mendapat dukungan dari berbagai media massa cetak maupun elektronik yang ada di Provinsi Jambi.

Acara yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 20-22 Desember 2019 diisi dengan berbagai pertunjukan seperti tarian gawe gadis, malam harinya ada spesial even Pesona Lesung Senaung yang dihadiri oleh Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro.

Tanggal 21 Desember 2019 ada kegiatan penanaman pohon, mural, hiburan dan permainan tradisional, dogeng serta pemutaran film documenter.
Kegiatan hari terakhir 22 Desember 2019 akan diisi dengan ritual Sedekah Payo, hiburan dan permainan tradisional serta Tari Tugal.(JP-Rel)









 







Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar