Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Elviana Catat Sejarah Sebagai Politisi Jambi 4 Periode di Senayan

Pelantikan 575 Anggota DPR dan 136 Anggota DPD RI Periode 2019-2024 
Kompak: Empat Anggota DPD RI Dapil Provinsi Jambi Periode 2019-2024 yakni Hj Dra Elviana MSi, Ria Mayang Sari, H. M Syukur dan M. Sum Indra pada acara oriantasi Anggota DPD RI terpilih di Hotel JW Marriott And Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2019) lalu. (Foto Istimewa)
Jambipos, Jambi- Hj Dra Elviana MSi dilantik menjadi Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Periode 2019-2024 hari ini Selasa 1 Oktober 2019 di Gedung DPR RI Jakarta. Elviana dilantik bersama 136 Anggota DPD RI dan sebanyak 575 anggota DPR RI. Ada 4 Anggota DPD RI Dapil Provinsi Jambi yang dilantik yakni Hj Dra Elviana MSi, Ria Mayang Sari, H M Syukur dan M Sum Indra.

Elviana mencatat sejarah perpolitikan Jambi menjadi politisi perempuan yang mengabdi di Senayan selama 4 periode. Bahkan hasil perolehan suara saat Pemilu 17 April 2019 lalu, perolehan suara Elviana merata di seluruh kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

Elviana sosok politisi perempuan Jambi yang memiliki Integritas, kapasitas, loyalitas serta popularitas dan juga elektabilitas. Bahkan malang melintang di Senayan mulai jadi Anggota DPR RI dan DPD RI dan kini masuk kembali sebagai Anggota DPD RI Periode 2019-2024 adalah sejarah baru sebagai politisi Jambi yang mampu menjabat 4 periode.

Elviana bukan “BUDAK” pendatang di Jambi. Masa kecilnya sering bermain dan menginap di Rumah Omnya di Telanaipura Kota Jambi di rumah (Alm) Sabran Ali SH pendiri ASM/STIE Jambi yang kala itu menjabat kepala inspektorat di Jambi.

Elviana Tahun 1992 menikah dengan Abang Kaspul orang Tebo yang masih ada hubungan keluarga dengan Elviana. Elviana jadi dosen UNJA Tahun 1993 tanpa test karena selama kuliah di IKIP Padang Elviana dapat beasiswa ikatan dinas.

Elviana masuk lulusan terbaik di angkatannya. Rumah Elviana ada 3 unit di Kota Jambi dan ke 3 anaknya Lahir dan besar di Jambi. Hingga tahun 2004 Elviana bersama keluarga pindah ke Jakarta karena Elviana terpilih sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP.

Selama duduk sebagai wakil rakyat di Senayan, tentunya harus fokus untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat daerah pemilihan, yakni Provinsi Jambi. Hal itulah yang telah dilakukan oleh sosok Politikus Perempuan ini dengan berbagai program pro rakyat yang selama ini dia diperjuangkan.

Perjalanan karir politik Elviana, berangkat dari calon legislative (Caleg) Pemilu 2004 lalu yang diusung oleh PDIP. Sebelum terjun ke dunia politik, Elviana seorang Dosen UNJA, ASM/STIE Jambi dari 1993-2004.

Perjalanan karier Politik Elviana duduk di Senayan yakni Tahun 2004-2009 Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Tahun 2009-2014 Anggota DPD RI, Tahun 2014-2019 Anggota DPR RI Fraksi PPP. Pada Pemilu 17 April 2019, Elviana terpilih sebagai Anggota DPD RI Periode 2019-2024.

Sukses Usungan Program 

Elviana juga berulangkali memaparkan program apa saja yang sudah diusungnya ke Provinsi Jambi selama Dia di Senayan. Misalnya Program Beasiswa PIP untuk siswa-siswi di Jambi ketika Elviana duduk sebagai Anggota Komisi X DRR RI, Program Bantuan Beasiswa Bidikmisi, LPDP dari Kementerian Keuangan untuk Mahasiswa Jambi.
Dua Senator Perempuan Jambi Hj Elviana bersama dan Ria Mayang Sari saat mengikuti Pembekalan Anggota MPR RI Masa Bakti 2019 – 2024 di Senayan, 29 September 2019.(Foto Istimewa)
Saat duduk sebagai Anggota Komisi XI DPR RI, Elviana juga mengusung Program Bantuan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Program PSBI. 

Selanjutnya Program Bantuan Alsintan Pertanian dan Modal Usaha Kelompok, Bantuan Benih Pertanian, Progran Mekar UMI Program Bantuan untuk masyarakat atau ibu-ibu rumah tangga tanpa agunan dengan syarat KTP dan KK saja dari Kementerian Keuangan kini sudah mencapai 10.000 nasabah di Provinsi Jambi.

Elviana juga mengusung Dana DAK aspirasi sebag Anggota Badan Anggaran DPR untuk Kota Jambi Rp 100 M, untuk Kabupaten Merangin Rp 56 M dan terbaru untuk Rumah Sakit Pemkab Bungo Rp 43 M. 

Bahkan penambahan runway Bandara Muarabungo dari 1500 meter menjadi 1800 meter sehingga bisa didarati oleh pesawat Boeing juga atas upaya Hj Elviana sewaktu rapat di Banggar DPR dengan Menteri Perhubungan Ignatius Jonan.

Elviana juga mendorong pembangunan kantor layanan perbankan di ibu kota kecamatan di Provinsi Jambi seperti di SP3 Limbur Lubuk Mengkuang dan di Kecamatan Masurai Kabupaten Merangin.

Hal itu sebagian kecil program yang telah diperjuangkan Elviana untuk Provinsi Jambi. “Saya ingin terus membantu masyarakat Provinsi Jambi, agar ekonomi dan penghasilan masyarakat bisa meningkat, bantuan yang langsung bersentuhan dengan masyrakat kecil,” tambahnya dalam kesempatan lain.

Disebutkan, munculnya program UMI yang digagas Elviana bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani ini guna mengatasi kesulitan pengusaha UKM dalam memperoleh pinjaman dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang mewajibkan nasabah menyerahkan bukti jaminan. Sedangkan Program UMI tidak ada agunan.

“Untuk di Kabupaten Merangin sendiri sudah tercatat 5000 ibu-ibu yang sudah menikmati dana Program UMI sejak pertengahan tahun 2018 lalu dengan usaha yang berkembang pesat. Bahkan untuk di Kabupaten Merangin tidak ada tunggakan dari penerima bantuan modal ini,” ujar Elviana.

“Kami Komisi XI DPR RI masa Reses masa sidang ke IV mulai 28 Maret 2019 hingga 7 Mei 2019 lalu. Saya melihat program tersebut di lapangan. Apakah program yang kami gagas di Komisi XI dengan Menteri Keuangan RI ini berjalan dengan baik. Ternyata dari hasil pemantauan dan pengawasan kami program UMI ini berjalan dengan baik di Provinsi Jambi,” kata Elviana yang juga sukses menggaet dana Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) ke Provinsi Jambi ini.

Kata Elviana, setiap tahun Komisi XI DPR RI menyetujui dana APBN Rp 2,7 Triliun untuk melayani 4 juta ibu-ibu yang butuh bantuan permodalan untuk usaha kecil menengah.

Kata Elviana, Komisi XI DPR mendorong Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan RI untuk menyalurkan bantuan Program Usaha Ultra Mikro (UMI) kepada rakyat secara berkesinambungan. Program UMI yang didorong Komisi XI DPR sungguh sangat membantu ibu-ibu di daerah, khususnya di Provinsi Jambi. 

Kompak Bangun Jambi

Anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Jambi Periode 2019-2024 Hj Dra Elvian MSi mengatakan 4 Anggota DPD RI Dapil Provinsi Jambi bersepakat berkhitmat kompak kerja di Senayan mengurus kepentingan rakyat Provinsi Jambi. 

Hal itu diungkapkan Elviana saat acara oriantasi Anggota DPD RI terpilih di Hotel JW Marriott And Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2019) lalu.

“Alhamdulillah kami ber 4 DPD RI terpilih Dapil Jambi bisa ngumpul malam ini, acara orientasi DPD RI terpilih. Dulu bertarung mencari suara. Sekarang sepakat berkhitmat kompak kerja di Senayan mengurus kepentingan rakyat Jambi. Mayang, Elvie, Sum, Syukur,” tulis Elviana lewat linimasa sosial meda miliknya.

Hasil Pleno KPU RI, empat Anggota DPD RI Dapil Provinsi Jambi Periode 2019-2024 yakni  Ria Mayang Sari dengan 239.422 suara, H. M Syukur 233.086 suara, Hj. Elviana 192.514 suara dan M. Sum Indra 156.731 suara.

Dari empat nama ini, hanya satu patahana yang lolos yakni M Syukur. Sedangkan tiga diantaranya merupakan wajah baru Periode 2019-2024. Kecuali Hj Elviana yang sudah pernah duduk sebagai Anggota DPD RI sebelum menjabat Anggota DPR RI Periode 2014-2019 dari PPP. Bahkan Elviana pecahkan rekor 20 tahun mengabdi di Senayan sebagai Anggota DPR dan DPD RI. Selamat Semoga Amanah. (JP-Asenk Lee Saragih)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar