Home » » Wabup: Ketahanan Pangan, Manfaatkan Perkarangan

Wabup: Ketahanan Pangan, Manfaatkan Perkarangan

Written By jambipos-online on Selasa, 11 Desember 2018 | 23:53

Digelar Sarasehan 10 Program Pokok PKK
Wabup Merangin H Mashuri ketika memberi pengarahan.

Jambipos Online, Merangin-Untuk meningkatkan ketahanan pangan, para ibu-ibu PKK di Kabupaten Merangin bisa memanfaatkan perkarangan rumah. Hal ini ditegaskan Wabup Merangin H Mashuri pada acara sarasehan 10 program pokok PKK.

Pada acara yang berlangsung di Auditorium rumah dinas bupati Selasa (11/12/2018) itu, wabup menegaskan, diperkarangan rumah bisa ditanami beraneka jenis tanaman yang bisa menunjang ketahanan pangan keluarga.

Tidak hanya sayur-sayuran dan buah-buahan, tapi juga bisa ditanam ragam tanaman obat-obatan. ‘’Dalam kondisi harga sawit dan karet yang anjlok ini, kita harus pandai memanfaatkan perkarangan rumah dengan tanaman,’’ujar Wabup.

Dengan menanam cabai saja lanjut wabup, sudah cukup bisa menolong karena tidak perlu lagi beli cabai di pasar. Begitu juga dengan tanaman sayur-sayuran, kolam ikan dan ternak ayam.

Pemanfaatan lingkungan rumah itu tentunya terang wabup, bisa memenuhi kebutuhan gizi keluarga secara mandiri. Banyak protein dari mengkonsumsi ikan dan pentingnya makan sayur dan buah.

Selain itu pada acara yang dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Merangin Hj Hesti Haris dan Wakil Ketua TP PKK Merangin Hj Nuraida Mashuri tersebut, wabup juga minta para ibu-ibu terus mengawasi aktivitas anak-anaknya.

Kok begitu? Dicemaskan wabup, sekarang ini bahaya pengaruh narkoba terus menyerang berbagai kalangan, termasuk anak-anak. Untuk itu wabup minta para ibu-ibu PKK terus mengawasi aktivitas anak-anaknya.

‘’Anak-anak harus terus diawasi, baik main dilingkungan rumah maupun di lingkungan sekolah, pesantren atau di berbagai komunitas. Ini sangat penting karena bahaya pengaruh narkoba terus mengincar genarasi kita,’’jelas Wabup.

Untuk mencegah pengaruh narkoba itu, anak-anak diminta rajin mengikuti berbagai kegiatan agama, sehingga akhlaknya meningkat. Hal ini pada akhirnya akan menciptakan generasi muda yang beraklakul khorimah. (JP-Yah)
Share this article :

Posting Komentar