Home » , » Kurun Waktu 3 Tahun, Sebanyak 1.366 Jiwa Meregang Nyawa di Jalanan Jambi

Kurun Waktu 3 Tahun, Sebanyak 1.366 Jiwa Meregang Nyawa di Jalanan Jambi

Written By jambipos-online on Jumat, 14 Desember 2018 | 09:16

Usia Produktif Pelajar-Mahasiswa 
Kapolda Jambi, Irjen Pol.Muklis AS saat acara Gebyar Keselamatan Berlalu Lintas, yang dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, bertempat di Lapangan Hijau Polresta Jambi, Kamis (13/12/2018). Kegiatan yang dilakukan Ditlantas dan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi itu guna meningkatkan kesadaran masyarakat berlalu lintas khususnya para pelajar dan mahasiswa. Foto Humas

Jambipos Online, Jambi-Kapolda Jambi, Irjen Pol.Muklis AS mengemukakan berdasarkan data Ditlantas Polda Jambi pada 3 tahun terakhir, 2015-2018 di wilayah Provinsi Jambi telah terjadi laka lantas sebanyak 4.185 kejadian dengan korban meninggal dunia akibat kecelakaan itu sebanyak 1.366 orang. Faktor penyebab terbesar adalah pelaku pengemudi yang tidak tertib, korban laka lantas didominasi oleh usia produktif yaitu pelajar dan mahasiswa.

Hal itu diungkapkan Kapolda Jambi, Irjen Pol.Muklis AS saat acara Gebyar Keselamatan Berlalu Lintas, yang dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, bertempat di Lapangan Hijau Polresta Jambi, Kamis (13/12/2018). Kegiatan yang dilakukan Ditlantas dan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi itu guna meningkatkan kesadaran masyarakat berlalu lintas khususnya para pelajar dan mahasiswa.

Tema acara tersebut adalah "Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas dan Budayakan Keselamatan sebagai Kebutuhan."

Disebutkan, acara ini merupakan sentuhan pembinaan sikap dan nilai-nilai kedisiplinan dan ketertiban kepada pelajar dalam berlalu lintas dan sebagai pelopor keselamatan.

“Kita harapkan ini dapat memperkuat kesadaran dan kepatuhan serta etika para siswa/siswi dalam berlalu lintas. Pendidikan lalu lintas usia dini kepada para pelajar sangatlah penting dalam membentuk sikap dan prilaku anak remaja hingga dewasa sebagai pengguna jalan yang bertanggung jawab," tegas Kapolda Jambi.

Dilibatkannya pelajar pada acara ini, lanjut Kapolda Jambi, Irjen Pol.Muklis AS, dikarenakan usia pelajar adalah usia yang rentan atau belum stabil, hal itu dibuktikan bahwa sebagian dari kecelakaan yang menimpa korbannya adalah usia pelajar.

"Dengan diadakannya acara ini, diharapkan nantinya bisa mewujudkan etika pelopor dekade aksi keselamatan lalu lintas dan budaya tertib berlalu lintas bisa ditularkan ke masyarakat. Kita juga berharap  agar pelajar dapat memahami dan mematuhi perundang-undang dan bisa menerapkan kebiasaan berdisiplin lalu lintas dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Sementara Dirlantas Polda Jambi, Kombes.Pol.Didik Mulyanto, SH, S.IK menyampaikan, pembinaan ini sangat perlu dilakukan khususnya para pelajar agar peka dan peduli terhadap keselamatan dalam berlalu lintas serta bersedia menjadi pelopor keselamatan tertib berlalu lintas, dengan tujuan agar terbangun kesadaran, displin, dan tangunggung jawab.

(Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyampaikan, atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Jambi sangat mengapresiasi Kapolda Jambi berserta jajarannya yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, karena telah ikut berperan aktif dalam memberikan sentuhan pembinaan sikap dan nila-nilai kedisiplinan dan ketertiban kepada generasi pelajar dalam berlalu lintas. 

"Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, saya sangat mengapresiasi kegiatan Gebyar Keselamatan Berlalu Lintas, dengan tujuan agar generasi muda sedini mungkin bisa mengerti dan memahami arti pentingnya keselamatan berlalu lintas di jalan raya sekaligus menekan angka kecelakaan bisa diturunkan secara signifikan di Provinsi Jambi," ujar Fachrori.

Turut serta pada kesempatan ini unsur Forkompimda Provinsi Jambi, Walikota Jambi Sy. Fasha, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Agus Herianto para OPD terkait lingkup Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, para Ketua Komunitas Kendaraan bermotor dan sepeda se Provinsi Jambi, serta para undangan lainnya. (JP-Asenk Lee)
 
Share this article :

Posting Komentar