Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Ir Tigor GH Sinaga Berbagi Visi-Misi di Perayaan Natal PPTSB Se Provinsi Jambi

Ir Tigor Gh Sinaga: Milenias Saatnya Tentukan Masa Depan
Ir Tigor GH Sinaga (kanan) saat menyalakan lilin pada Ibadah Perayaan Natal Akbar Perdana Kumpulan Marga PPTSB (Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru), Bere-Ibebere Se- Wilayah Provinsi Jambi yang dilaksanakan di Gedung ASINIROHA Kotabaru Jambi, Minggu (9/12/2018) mulai Pukul 13.30 WIB hingga selasai. Sekitar 3000 perwakilan anggota PPTSB Se Provinsi Jambi jadi saksi Suksesnya Perayaan Natal yang luar biasa itu. Foto Asenk Lee Saragih 

Jambipos Online, Jambi- Ir Tigor GH Sinaga yang merupakan Caleg DPR RI PSI Nomor Urut 2 Dapil Provinsi Jambi turut hadir di Perayaan Natal Akbar Perdana Kumpulan Marga PPTSB (Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru), Bere-Ibebere Se- Wilayah Provinsi Jambi yang dilaksanakan di Gedung ASINIROHA Kotabaru Jambi, Minggu (9/12/2018) mulai Pukul 13.30 WIB hingga selasai. Sekitar 3000 perwakilan anggota PPTSB Se Provinsi Jambi jadi saksi Suksesnya Perayaan Natal yang luar biasa itu. 

Ir Tigor GH Sinaga tampak hadir saat Ibadah dan juga bertahan hingga Varia Natal yang dihibur oleh Artis Batak Ibukota Elexis Trio (Jontinus Sinaga-Hesber Manalu-Asman Sinaga) Feat Saxophon Dody Purba.

Perayaan Natal Akbar Perdana PPTSB, Bere-Ibebere Se- Wilayah Provinsi Jambi dengan Tema “ Sadama Haholongan Muna, Saroha, Sapikkiran Ma Hamu. (Filipi 2: 2). Dengan Subtema: “Marhitehon Natal On, Pomparan Toga Sinaga Dohot Boru Se Wilayah Provinsi Jambi Lam Marsihaholongan, Saroha Jala Sapingkiran Bahen Sangat Ni Debata”.  

Ibadah diawali dengan Prosesi Parhalado Pdt Mangoloi Sinaga STh, Pdt Lisker Sinaga STh, Pdt Dr Samsir Deli Sinaga DMin, Pengurus PPTSB Wilayah, Cabang, Sektor. Saat prosesi Tiga Anggota GEMA PPTSB membawa Simblok Kekristenan Bibel, Salib dan Lilin) mulai dari pintu gedung Asiniroha hingga Podium Ibadah. 

Saat Prosesi berjalan diiringi lagu “Kumasuk Ruang Kudus” yang dilantunkan Elexis Trio (Jontinus Sinaga-Hesber Manalu-Asman Sinaga) Feat Saxophon Dody Purba.

Rangkaian Ibadah Perayaan Natal meliputi Votum-Introitus-Doa, Nyayian-Koor PPTSB Cabang Bungo, Liturgi I (Pengurus Pusat-Penasehat Wilayah dan Keluarga), Koor PPTSB Sektor dan 3 Cabang Kota Jambi, Liturgi II (Ketua Wilayah, Cabang, Ketua Panitia dan Keluarga), Koor PPTSB Batanghari dan Sektor I Cabang Kota Jambi. 

Kemudian Liturgi III (Ketua Sektor Jambi dan Keluarga). Dilanjutkan dengan Penyalaan Lilin Natal diiringi Lagu Pujian “Malam Kudus”. Penyalaan lilin oleh Pengkotbah Pdt Dr Samsir Deli Sinaga D Min, Penasehat PPTSB Wilayah Jambi U Sinaga, Ketua panitia Silverius TM Sinaga S Kom, Ketua PPTSB Wilayah Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd, Mewakili Pengurus Pusat PPTSB, Salas satu Ketua Cabang PPTSB, Salah satu Ketua Sektor PPTSB. Selanjutnya Koor “GEMA”.

Pdt Dr Samsir Deli Sinaga DMin dalam kotbahnya menekankan Anggota PPTSB Se Provinsi Jambi untuk menaktualisasikan Tema “ Sadama Haholongan Muna, Saroha, Sapikkiran Ma Hamu. (Filipi 2: 2) dan Subtema: “Marhitehon Natal On, Pomparan Toga Sinaga Dohot Boru Se Wilayah Provinsi Jambi Lam Marsihaholongan, Saroha Jala Sapingkiran Bahen Sangat Ni Debata” dalam kehidupan sehari-hari.

Pdt Dr Samsir Deli Sinaga DMin juga mengapresiasi suksesnya pelaksanaan Perayaan Natal Akbar Perdana PPTSB,  Bere-Ibebere Se- Wilayah Provinsi Jambi Tahun 2018.

Dalam Ibadah, juga ada pujian oleh Elexis Trio Feat Saxophon Dody Purba yang membuat Ibadah semakin sahdu dan bermakna. Dalam Perayaan Natal PPTSB ini juga mempersembahkan 7 Pujian (Paduan Suara) Koor PPTSB Se Wilayah Provinsi Jambi yang sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya dengan penampilan terbaik.

Sebagai Undangan Istimewa dalam Perayaan Natal Akbar PPTSB Wilayah Provinsi Jambi Tahun 2018 juga dihadiri oleh Wakil Ketua Umum II PPTSB Pusat Detrius Sinaga (Jakarta) dan Wakil Ketua Umum III Ir Alpeda Sinaga (Banten).

Saat mereka tiba di Gedung Asiniroha, juga diberikan Pengalungan Bunga kepada keduanya sebagai Simbol Ucapan Selamat Datang dari Seluruh Anggota PPTSB Se Provinsi Jambi. Kemudian pada Varia natal dipandu oleh MC Bpk Jogi Sinaga dan Seorang Anggota Gema (Br Sihombing).

Pada kata-kata sambutan disampaikan oleh Ketua Panitia Silverius TM Sinaga S Kom, Ketua PPTSB Cabang Bungo-Tebo Demson Sinaga (Mewakili Ketua Cabang PPTSB Se Provinsi Jambi), U Sinaga (Mewakili Penasehat PPTSB Jambi), Ketua PPTSB Wilayah Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd, Pengurus Pusat PPTSB, Wakil Ketua Umum II PPTSB Pusat Detrius Sinaga (Jakarta) dan Wakil Ketua Umum III Ir Alpeda Sinaga (Banten).

Pada sambutan keseluruhnya mengapresiasi terlaksananya Perayaan Natal Akbar PPTSB Wilayah Provinsi Jambi Tahun 2018 yang penuh kerjasama yang baik sesame Panitia dan Seluruh pengurus wilayah, cabang, sector se Provinsi Jambi. 
Tigor Gh Sinaga di Perayaan natal PPTSB Se Provinsi Jambi, Minggu 9 Des 2018.

Sambutan Ir Tigor GH Sinaga

Pada kesempatan itu, dalam acara varia Natal, Tigor Gh Sinaga juga diundang untuk memberikan kata sambutan dan sosialisasi tentang Pencalegan Pemilu Rabu 17 April 2019 mendatang.

Dengan wajah ramah dan bersahabat dirinya memperkenalkan diri dan menceritakan sekilas Visi dan Misi sebagai Caleg DPR RI (PSI) Nomor Urut 2 Dapil Provinsi Jambi.

Tigor Sinaga juga mengingatkan kepada keluarga besar PPTSB Se Provinsi Jambi untuk mendukung dan berjuang bersama untuk menggolkan Ir Tigor GH Sinaga ke Senayan Pada Pileg Rabu 17 April 2019 mendatang.

Pada kesempatan itu, Ir Tigor Sinaga juga berjoget bersama dengan anggota PPTSB yang hadir diiringi lagu dari Elexis Trio. Tigor Sinaga tampak juga “menyawer” kepada anggota yang ikut menari bersama. 

Visi - Misi Tigor Sinaga

Dengan Slogan “Rumahku Kehidupanku-Maju Bersama Dalam Keragaman” Tigor Sinaga, Pesta Demokrasi 17 April 2019, adalah menentukan masa depan kita. Pada Pesta Pemilu itu merupakan  masa transisi menjelang jendela bonus demografi  yang akan kita alami 2030.

Disebutkan, membangun Generasi Optimis sebagai tiang kemajuan bangsa dalam menyongsong era keemasan Indonesia 2030-2035, harus dimulai dari keluarga sejahtera. 

“Rumah adalah tempat awal persemaian cinta dan budaya yang sangat menentukan masa depan bangsa. Karakter, minat dan kemampuan seseorang sangat ditentukan oleh lingkungan keluarga dimana dia dibesarkan. Mari dukung gerakan “Rumahku Kehidupanku”. Membangun Generasi Optimis maju bersama dalam keragaman,” katanya. 

Kata Tigor Sinaga, Generasi Optimis di Indonesia itu mutlak dan harus dimulai dari diri sendiri, dengan bersikap “ Jujur, Tegas dan tidak Munafik” sehingga bisa menjadi motor penggerak untuk suatu perubahan besar di Negara ini, menuju terwujudnya bangsa yang bermartabat, maju dan sejahtera.

Untuk bidang perumahan yang menjadi konsentrasi Tigor Sinaga, dimulai dengan membangun kembali komitmen “Politik Perumahan Rakyat” sesuai amanat Undang – Undang Dasar 1945 “ Bahwa Setiap Rakyat Berhak Untuk Tinggal di Tempat yang Layak ”.
 SHELTER FOR ALL, rumah untuk semua, suatu keniscayaan dan hak rakyat yang masih harus diperjuangkan. Pengembangan program “Perumahan Rakyat dan Transmigrasi harus lebih ditingkatkan sebagai sarana mengangkat harkat bangsa”.

Melalui gagasan program “ Rumah Sehat Terjangkau” ( dengan 1 Juta Punya Rumah ) di setiap Kabupaten / Kota dan kawasan transmigrasi, diharapkan bisa menjawab lebih banyak lagi kebutuhan tersebut dan merupakan bagian dari Restorasi bangsa ini. “Rumahku-Kehidupanku untuk Gerakan Perubahan”.

“Merumahkan” Rakyat

Indonesia diprediksi akan mendapatkan jendela peluang atau The window of opportunity di bidang kependudukan pada tahun 2020-2030. 

Pada dekade tersebut Indonesia mengalami bonus demografi yaitu keuntungan ekonomis akibat menurunnya rasio ketergantungan penduduk sebagai hasil penurunan fertilitas jangka panjang dari Program Nasional Keluarga Berencana. Dimana jumlah penduduk usia produktif  menjadi lebih dari dua kali jumlah penduduk non produktif.

Dengan pencapaian angka ketergantungan terendah yakni 44 per 100, dimana setiap 100 penduduk usia kerja menanggung 44 penduduk non produktif (anak-anak & lajut usia), maka diprediksi kondisi ini akan dapat mendongkrak pendapatan perkapita, memicu pertumbuhan tabungan yang pada gilirannya akan meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi.

Saya selaku Sekjen NHDC (National Housing Development Community) mempunyai tanggungjawab untuk itu. Opportunity ini akan berlangsung sangat singkat, karena setelah dekade ini angka ketergantungan tersebut akan meningkat lagi seiring dengan pertambahan penduduk usia lanjut 65 tahun keatas akibat meningkatnya usia harapan hidup.

Momentum ini hendaknya dapat direspon dan disiasati oleh seluruh penentu kebijakan di Indonesia, khususnya di Provinsi Jambi, termasuk didalamnya para penentu kebijakan dan pemangku kepentingan sektor perumahan.

Studi Banding

Ir Tigor Sinaga juga kerap ikut pertemuan internasional membahas soal property. Katanya, inilah celah terbaik yang dapat diharapkan untuk melunasi atau setidaknya mengurangi angka backlog pengadaan rumah rakyat. 

Mei 2007 lalu  adalah kali ketiga saya datang ke China dengan tujuan melakukan komparasi masalah permukiman. Kunjungan terdahulu 1995, beberapa tahun setelah China menyatakan terbuka untuk dunia, kondisi perkotaan saat itu masih seperti kota-kota di Indonesia tahun 70 an.

Tahun 2001 pada kunjungan kedua, Ir Tigor Sinaga sudah merasakan geliat pembangunan sebagai dampak dari keterbukaan China bagi investasi asing, namun secara phisik belum begitu signifikan. Pembangunan rumah susun hanya pada lokasi tertentu, rata- rata 6 atau 7 lantai.

Selang 6 tahun kemudian pada kunjungan ketiga , seluruh peserta studi banding rumah susun berdecak kagum. Reformasi di China telah merambah seluruh aspek kehidupan, kecuali system politik, perubahan  secara besar-besaran terjadi dimana-mana.

Dikatakan, secara garis besar kebijakan perumahan murah (low cost housing) oleh pemerintah China pada saat itu ditetapkan dalam dua kelompok besar sasaran. 

Kelompok pertama adalah kelompok prasejahtera, yakni keluarga yang berpenghasilan dibawah RMB 2000 per bulan sedangkan kelompok kedua adalah kelompok Menengah bawah dengan penghasilan diantara RMB 2000 – RMB 5000 per bulan.

Untuk kelompok prasejahtera pemerintah membangun rumah susun 6 lantai, tanpa lift, luas per-unit 34-60 m², bebas pajak dan retribusi, dijual RMB 1500 – RMB 2000  per m² atau dengan system sewa RMB 18 per m²/bulan, maintenance fee RMB 0,8 per m²/ bulan, untuk kelompok ini fasos fasum tidak dibebankan pada investasi unit rusun, tetapi murni dibangun oleh  pemerintah.  Return of  Investmentbagi Rumah susun sewa ditargetkan rata-rata 10 tahun, diluar investasi tanah.

Dari hasil studi banding Tigor Sinaga ke Cina, setidaknya ada dua pola yang dipakai China dalam menanggulangi perumahan rakyat pra sejahtera dan orang golongan menengah ke atas.

(Rusunawa) Shenzhen dan Dingxiuxiyuan Economic and Suitable Houses  merupakan dua pola yang dipakai pemerintah China dalam memenuhi kebutuhan perumahan perkotaan, sesuai zaman nya. (Rusunawa) Shenzhen merupakan pola lama, dimana pemerintah bermain sendiri, membangun dan  mengelola sendiri sesuai dengan kebijakan era 90 an.

Saat ini pola pengembangan seperti Dingxiuxiyuan  yang melibatkan swasta sebagai pengembang merupakan pilihan, terutama dalam optimalisasi lahan-lahan pemerintah dan proses penataan kota dengan pola manajemen pertanahan (Land banking/land acquisition) yang  optimal.                                                      
Menurut Tigor Sinaga, satu hal yang perlu dicatat dari kedua pola tersebut bahwa pemerintah China tidak pernah lupa menghitung pengembalian dari setiap investasi yang dikeluarkan sehingga kinerja dan kemampuan pemerintah memenuhi kebutuhan perumahan rakyat meningkat secara eksponensial dari tahun ke tahun.

Properti di Jambi

Ir Tigor Sinaga juga memberikan pendapat soal pesatnya pembangunan perumahan di Jambi. Menurutnya, perkembangan perumahan di Jambi sungguh pesat. Untuk Provinsi Jambi, kisaran kebutuhan rumah baru mencapai 27.383 unit rumah setiap tahunnya, sementara potensi bagi rumah bersubsidi berkisar antara 4.000 sampai 5.000 unit setiap tahunnya.

Namun pengembang kini cenderung hanya mengincar orang berduit. Sementara rumah untuk MBR tak kunjung ada. Sementara program Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di Jambi hanya wacana semata.

“Saya selaku pengusaha property sudah sejak lama bernazar membangun Rumah Sehat Terjangkau (RST) di Jambi. Sebagai bentuk kepedulian saya terhadap MBR, karena saya sangat yakin bahwa dari rumah yang sehat lah akan lahir kelak pemimpin yang sehat pula,” ujarnya.

Ada anekdot di kalangan politisi dan para stakeholder sektor perumahan bahwa indikasi lamanya sebuah rezim akan memimpin suatu Negara dapat dilihat dari seberapa besar perhatian rezim tersebut terhadap upaya yang telah dan akan dilakukan dalam “merumahkan rakyat”. Walau tidak mutlak, secara nalar anekdot ini mungkin ada benarnya.

Dengan memperhatikan salah satu kebutuhan pokok rakyat untuk dapat memperoleh tempat berlindung yang layak, sebagai wadah awal persemaian budaya yang akan membentuk watak sumber daya manusia  pendukung eksistensi suatu bangsa ke depan.

Terkait Pemilu 2019, bagi Tigor Sinaga adalah momentum perubahan bagi bangsa Indonesia. Sebagai negara yang menganut sistem demokrasi, pemilu menjadi peristiwa penting dan strategis sebagai kesempatan memilih calon anggota legislatif (caleg) dan perwakilan daerah yang akan menjadi wakil rakyat. 

Karena itu, Tigor Sinaga  menegaskan agar masyarakat  bisa menjadi pemilih yang cerdas. Dia juga mengingatkan kepada keluarga besar PPTSB Se Provinsi Jambi untuk mendukung dan berjuang bersama untuk menggolkan Ir Tigor GH Sinaga ke Senayan Pada Pileg Rabu 17 April 2019 mendatang. (JP-Asenk Lee)

Profile Singkat Ir Tigor GH Sinaga
-Nama              : Ir Tigor GH Sinaga
-Lahir               : Di Jambi (Berdarah Batak-Sunda/Jawa)
-Orang Tua       : Bp.U.Sinaga & Siti Lomrah
-Lulusan            :Sarjana Arsitektur ITB
-Istri         : Ir LF Eli, MM, putri dari Bp. M. Sitompul/br.Aritonang
-Menjadi anggota Paskibraka 1979
-Atlet Judo Jambi pertama Peraih Prestasi Nasional (Kejurnas Judo 1977 dan 1979).
-Lulusan SMA Xaverius Jambi

Pekerjaan Berwiraswsata

-Pernah mengikuti pendalaman materi (al: Housing Development by Housing Development Board & Central Providence Funds - Singapore, Housing For Low Income – Athena).
-Beberapa kali Studi banding tentang perumahan rakyat ke China, Malaysia, Singapore & Athena
-Fokus berjuang untuk perumahan rakyat dan transmigrasi, baik melalui Organisasi maupun bidang usaha.

Organisasi

-Sekjen PPTSB Jabar
-Sekjen REI Jabar
-Ketua Komtap Property dan Perumahan Rakyat Kadin Jabar
-Badan Pertimbangan Organisasi REI Jabar
-Wakil Sekjen DPP REI
-Jakarta dan  Ketua Pokja Transmigrasi dan KTM REI
-Sekjen NHDC (National Housing Development Community)
-Sementara Profesi dan Project meliputi Griya Utama Rancaekek – Bandung
-Direktur Utama Mlirang Kota Satelit, Gresik-Jatim
-Direktur Utama  Batam Center Park-Batam
-Direktur Danaro Inn, Condotel, Bandung The Setra Royal Residence – Tasikmalaya
-Direktur Utama     BiszPark Residence  dan Commerce – Jambi
-Direktur Utama Danaro Tower Apartemen & Condotel-Jambi
-Direktur Utama Jogja Superblock-Jogjakarta.
-Dewan Penasehat REI Provinsi Jambi.



Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar