Home » , , , , » Gubernur Jambi Fachrori Umar Apresiasi Pembekalan Kepemimpinan Oleh Pramuka Kepada Pelajar

Gubernur Jambi Fachrori Umar Apresiasi Pembekalan Kepemimpinan Oleh Pramuka Kepada Pelajar

Written By jambipos-online on Minggu, 16 Desember 2018 | 06:31

Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum
Jambipos Online, Muarojambi-Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengapresiasi pembekalan kepemimpinan yang dilaksanakan oleh Pramuka. Dia mengemukakan, Pramuka sebagai media menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang berwawasan, berwatak, dan beriman. 

Hal tersebut dikemukakannya dalam Pembukaan Festival Kemah Kepemimpinan Pelajar SMA Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2018, bertempat di GOR Basket SMA Titian Teras, Pijoan Kabupaten Muaro Jambi, Jum'at (14/12/2018) malam.

Fachrori mengatakan bahwa festival kepemimpinan tersebut merupakan bagian dari upaya membangun karakter positif

"Di sini kita diajarkan bagaimana kita belajar bersama teman sekelompoknya, menemukan jalan untuk memecahkan sebuah masalah, dan berani mengambil keputusan," ujar Fachrori.

Fachrori mengatakan, dunia pendidikan tidak hanya tempat belajar tetapi juga tempat mengembangkan potensi diri. 
"Sekolah tidak hanya sebagai tempat belajar semata, tetapi juga sebagai tempat pengembangan potensi diri, itu  mencerminkan peran sekolah sebagai salah satu pusat pembangunan siswa secara keseluruhan dan sekaligus sebagai pusat pengembangan pembangunan yang berorientasi nilai utama nilai-nilai kepemimpinan," kata Fachrori.

Fachrori menyatakan, dirinya menyambut baik dilaksanakannya kemah kepemimpinan pelajar SMA se Provinsi Jambi, dimana selama kurang lebih 4 hari, para siswa akan berkemah dan mendapatkan pembekalan kepemimpinan yang dikemas dalam berbagai aktivitas kegiatan yang kreatif dan interaktif.

Festival kemah menurut Fachrori, memberi kesempatan bagi para pelajar SMA untuk berbagi pengalaman, bertukar ilmu, dan belajar bersama tentang hal-hal baru tentang kepemimpinan. 

"Selain itu juga diharapkan, sebagai ajang silaturahmi dengan peserta yang berasal dari kabupaten dan kota lain, sekaligus mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya."

"Saya berpesan kepada adik-adik peserta, agar memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan calon pemimpin yang akan membangun Provinsi Jambi di masa depan, lahir dari kegiatan kemah kepemimpinan ini," harap Fachrori.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agus Herianto mengatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Setiap elemen pada satuan pendidikan diharapkan mampu untuk menggali dan mengembangkan potensi peserta didik, agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab," kata Agus.

"Maka kegiatan kesiswaan yang dilaksanakan di sekolah harus mampu menumbuhkembangkan karakter siswa yang religius  dan harmonis, nasionalis bela negara, berilmu pengetahuan, berprestasi, menghargai perbedaan, berbudaya, peka terhadap lingkungan hidup dan social," sambung Agus.

Agus menambahkan, pembinaan kesiswaan dijalankan dalam koridor dengan berorientasi pada pembinaan karakter bangsa, yang tidak hanya memiliki keunggulan dalam bidang keilmuan tetapi santun dalam bersikap dan tanggap dalam bertindak.

"Maka kegiatan festival kemah kepemimpinan pelajar SMA se Provinsi Jambi merupakan salah satu wahana dalam mewujudkan agenda prioritas pembangunan nasional, dalam bingkai cita-cita nawacita, khususnya dalam rangka memperkuat dan memperkokoh generasi yang berkarakter," ungkap Agus.

Agus menambahkan, latar belakang kegiatan untuk mencapai hasil guna dan daya guna pembangunan di bidang pendidikan. Maka, penyelenggaraan pendidikan ditempuh melalui jalur kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, ketiganya merupakan satu kesatuan yang harus berjalan secara seimbang dan harmonis.

"Kegiatan Festival Kemah Kepemimpinan Pelajar SMA se Provinsi Jambi 2018 dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 14 sampai 17 Desember 2018, diselenggarakan SMA Titian Teras Abdoerrahman Sayoety Pijoan," tutur Agus
"Berkenaan dengan hal tersebut, pelaksanaan Festival Kemah Kepemimpinan Pelajar SMA Tahun 2018, dengan mengambil tema Unggul Berkarakter dan Berkarya merupakan salah satu upaya nyata untuk membuka ruang dan kesempatan bagi siswa secara bersama-sama memberdayakan dan menumbuhkembangkan diri, sebagai akumulasi dari kreativitas pembinaan kesiswaan yang dilaksanakan di tingkat sekolah," pungkas Agus.

Turut hadir, unsur Forkompimda Provinsi Jambi, Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno, Ketua Kwarda Pramuka Provinsi Jambi Sudirman, Kabid Pembinaan SMA Disdik Provinsi Jambi, A Mukti. para Kepala Sekolah SMA di Provinsi Jambi,  para Guru pendamping dari masing-masing sekolah SMA se Provinsi Jambi, serta para undangan lainya. (JP-Hms-Sapra Wintani/Lee)


Share this article :

Posting Komentar